Lima Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba Kenikmatanya

Lima Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba Kenikmatanya

Lima Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba Kenikmatanya – Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Kota Surabaya memang gak menawarkan wisata alam yang sejuk dan hijau, sebagai gantinya ibu kota Jawa Timur ini menyajikan ragam hidangan yang layak kamu cicipi.

kuliner secara umum adalah kegiatan yang berhubungan dengan memasak atau aktivitas memasak. Kuliner juga dapat dimaknai sebagai hasil olahan yang berupa masakan berupa lauk-pauk, panganan maupun minuman. Banyak makanan yang diolah menggunakan petis sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa tajam.

Buat kamu yang memang tinggal atau sedang berkunjung, Dilansir dari Poker77 IDN lima rekomendasi kuliner dari banyaknya makanan di kota Surabaya ini layak kamu cicipi.

1. Lontong mi
5 Kuliner Khas Surabaya yang Harus Kamu Cicipi Kelezatannya

Lontong dengan paduan mi, di mana istimewanya? Kamu harus cobain dulu lontong mi asli Surabaya. Potongan lontong lembut dipadu dengan mi kuning, potongan tahu goreng, dan ebi goreng gurih.

Kuahnya terasa manis dan disiram secukupnya menjadi paduan yaang pas untuk menyeimbangkan rasa asin gurih dari ebi goreng. Kuah kaldunya pun terbuat dari udang sehingga menghasilkan rasa yang ‘umami’.

2. Kikil surabaya
5 Kuliner Khas Surabaya yang Harus Kamu Cicipi Kelezatannya

Kikil khas Surabaya umumnya disajikan dengan lontong, sama seperti lontong mi. Berbahan utama kikil sapi, jika pengolahannya tepat akan menghasilkan kikil lembut, kenyal, dan empuk. Untuk kamu penggemar sajian berkuah, semangkuk kikil sapi surabaya bisa jadi pilihan.

Kuah dari kikil surabaya memiliki berbagai rempah yang menghasilkan aroma wangi dan rasa yang segar. Rempah jintan yang ada di dalamnya membuat wangi aromatik dari hidangan ini. Tambahan daun jeruk ke dalamnya, menambah cita rasa segar yang lezat.

3. Sate klopo
5 Kuliner Khas Surabaya yang Harus Kamu Cicipi Kelezatannya

Yogyakarta boleh punya sate klatak, Surabaya gak mau kalah dengan kuliner khasnya, sate klopo. Klopo sendiri berasal dari bahasa Jawa kelapa, yang menjadi bumbu dari sate yang satu ini. Sate ini terbuat dari daging sapi berikut dengan cita rasa gurih yang dihasilkan dari lemaknya. Kebayang gak wanginya saat lemak beradu dengan arang panas?

Selain itu kelapa juga menjadi bumbu dari sate klopo ini yang menambah kuat rasa gurih dari lemak sapi. Lembutnya daging sapi, lemak, dan kelapa yang dipanggang di atas api, layak kamu masukkan daftar makanan wajib santap.

4. Rujak cingur
5 Kuliner Khas Surabaya yang Harus Kamu Cicipi Kelezatannya

Bisa dibilang rujak cingur adalah saladnya kota Surabaya. Bagaimana tidak, berisi sayuran rebus, protein dari tahu dan tempe, serta potongan buah segar, dan cingur yang empuk disiram dengan dressing sauce lezat. Gak jauh beda dengan caesar salad bukan?

Ada tiga tipe dari rujak cingur, yaitu matang, mentah, dan campur. Matang yang dimaksud adalah berisi dari bahan yang telah direbus dan digoreng, mentah diberikan beberapa potongan sayur atau buah segar seperti nanas atau timun. Sedangkan campur adalah perpaduan dari keduanya.

5. Lontong balap
5 Kuliner Khas Surabaya yang Harus Kamu Cicipi Kelezatannya

Mirip dengan lontong mi, lotong balap memiliki topping berupa tauge rebus dan kerang yang gurih. Di dalamnya juga terdapat potongan tahu dan lentho, gorengan khas yang terbuat dari singkong dan kacang tolo.

Dalam penyajiannya, biasa ditemani dengan sambal petis dan es degan. Tidak lupa satai kerang dengan bumbu manis gurih sebagai tambahan untuk menyemarakkan lontong balapmu.

Mulai dari lontong mi, lontong balap, dan rujak cingur merupakan sajian khas Surabaya yang mengandung petis berbahan udang. Untuk kamu yang alergi seafood dan turunannya, gak disarankan untuk mengonsumsinya. Tenang, masih ada sate klopo gurih dan kikil kuah segar menantimu.