Lima Kue Cokelat Asal Eropa Tenggara yang Menggugah Selera

Lima Kue Cokelat Asal Eropa Tenggara yang Menggugah Selera

Lima Kue Cokelat Asal Eropa Tenggara yang Menggugah Selera – Kue coklat atau chocolate gâteau adalah kue yang dibumbui dengan cokelat leleh, bubuk cokelat, atau keduanya. Kue cokelat seringkali menjadi menu kue yang menjadi favorit banyak orang. Kue ini sering muncul di berbagai perayaan atau menjadi kue ulang tahun.

Kue coklat dibuat dengan coklat. Itu juga dapat mencakup bahan-bahan lain.[1] Ini termasuk fudge, vanilla creme, dan pemanis lainnya. Sejarah kue coklat kembali ke abad ke-17, Tak sedikit orang yang juga menjadikannya dessert manis yang menggugah selera.

Orang-orang di negara Eropa Tenggara ternyata juga gemar mengonsumsi kue cokelat. Hal ini dapat dilihat dari kue cokelat yang muncul dalam beragam versi dan juga rasa yang enak. Berikut lima kue cokelat asal Eropa Tenggara yang wajib masuk daftar kulineranmu.

1. Reform Torta
5 Kue Cokelat Khas Eropa Tenggara yang Paling Populer, Lezat Memikat

Reform torta adalah kue yang berasal dari Serbia. Kue ini merupakan kue yang terdiri dari beberapa lapis yakni kue bolu kenari dan isian cokelat krim. Sementara itu, sponnya dibuat dengan putih telur, gula, dan kenari. Untuk isiannya terbuat dari campuran cokelat, kuning telur, gula, dan mentega.

Bagian atas dan samping kue umumnya dibekukan dengan sisa isian. Reform torta biasanya menjadikan taburan kenari cincang sebagai hiasan yang diletakkan di atas kue.

Kue cokelat nikmat ini menjadi makanan pokok di berbagai acara dan perayaan meriah di Serbia. Reform torta seringkali dijadikan makanan penutup yang manis atau menjadi teman minum teh terbaik.

2. Torta Garash
5 Kue Cokelat Khas Eropa Tenggara yang Paling Populer, Lezat Memikat

Torta garash merupakan salah satu kue cokelat yang paling terkenal di Bulgaria. Kue ini biasanya menjadi hidangan penutup yang lezat.

Torta garash  terdiri dari lima spons kenari halus yang dilapisi dengan cokelat hitam. Kemudian seluruh kue diberi lapisan gula cokelat atau ganache krim. Untuk membuat kue makin cantik, kue lalu dihiasi dengan kenari, kelapa kering, irisan almond, atau ornamen cokelat.

Kosta Garash adalah penemu kue ini. Ia adalah seorang pembuat manisan Austro-Hongaria yang bekerja di sebuah hotel mewah di kota Ruse. Hotel ini menjadi tempat pertama kali menyajikan kue ini. Sejak saat itu, kue cokelat ini terkenal dan menjadi menu di banyak toko kue dan restoran di seluruh negeri.

3. Joffre Cake
5 Kue Cokelat Khas Eropa Tenggara yang Paling Populer, Lezat Memikat

Joffre cake merupakan kue cokelat dan buttermilk yang terdiri dari beberapa lapisan. Kue ini berasal dari Bucharest-Rumania. Ukuran dan bentuk kue ini diperkirakan meniru casquettes Prancis.

Kue yang telah ada sejak tahun 1920 ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup yang manis. Kue ini bertekstur lembut yang kaya akan cokelat yang melimpah.

Biasanya banyak pembuat kue yang menghias kue agar tampilannya makin menggoda. Hiasan ini dapat berupa cokelat dengan berbagai bentuk, krim cokelat, hingga buah ceri.

4. Amandine
5 Kue Cokelat Khas Eropa Tenggara yang Paling Populer, Lezat Memikat

Amandine merupakan kue cokelat yang berasal dari Rumania. Kue ini mempunyai isian krim cokelat atau almond serta empat komponen, yang terdiri dari kue bolu, sirup, isian, dan glasir.

Kue bolu ini dibuat dengan telur, gula, air, tepung, minyak, dan kakao. Sementara itu, isiannya terbuat dari telur, gula, mentega, vanila, dan kakao. Untuk sirupnya dibuat dengan air, gula, dan rum. Sedangkan glasir terbuat dari cokelat dan krim kocok.

Kue ini sudah memperoleh kepopulerannya sejak tahun 1960-an yang umumnya dihiasi dengan sedikit krim dan sepotong cokelat tipis berbentuk berlian di atasnya.

5. Vasina Torta
5 Kue Cokelat Khas Eropa Tenggara yang Paling Populer, Lezat Memikat

Vasina torta merupakan kue cokelat yang berasal dari Serbia. Kue nikmat ini terdiri dari dasar spons kenari, isian krim yang dibuat dengan kenari, cokelat, dan jeruk. Kue ini juga umumnya mempunyai dua topping tambahan, seperti aum, yang merupakan campuran putih telur, gula, air, dan sedikit gula, serta cokelat.

Vasina torta telah ada sejak tahun 1908. Perlu dicatat bahwa jeruk merupakan harta yang berharga di Serbia pada tahun 1908. Hal ini menjadi salah satu alasan utama mengapa kue ini begitu berharga dan salah satu bahan pembuatan kue adalah jeruk.