Lima Jenis Roti Pipih Khas Italia Yang Bisa untuk Sarapan

Lima Jenis Roti Pipih Khas Italia Yang Bisa untuk Sarapan

Lima Jenis Roti Pipih Khas Italia Yang Bisa untuk Sarapan – Roti pipih adalah sebuah roti  yang dibuat dengan tepung, air dan garam, dan kemudian dibentuk menjadi adonan datar. Beberapa roti pipih dibuat tanpa ragi meskipun beberapa menggunakan ragi, seperti roti pita. Roti pipih ternyata tak hanya terkenal di negara-negara Asia, khususnya India dan Turki.

Terdapat beberapa bahan opsional lainnya yang dimasukkan dalam roti pipih, seperti  bubuk kari, jalapeño, bubuk cabai, atau lada hitam. Minyak zaitun atau biji wijen juga ditambahkan. Roti pipih berukuran tebal dari satu milimeter sampai beberapa sentimeter. Makanan ini juga cukup populer di Eropa. Salah satunya di Italia. Negara ini mempunyai banyak jenis roti pipih yang dapat dinikmati.

Sebagian dari mereka pun juga dapat mempunyai beragam topping yang membuatnya makin menggoda. Apa saja roti pipih di negara ini? Berikut daftarnya.

1. Farinata di ceci
5 Roti Pipih Khas Italia, Cocok Jadi Sarapan yang Praktis dan Enak!

Farinata di ceci merupakan roti pipih sederhana yang mengalami proses pemanggangan di dalam oven. Roti terbuat dari tepung buncis. Roti ini menurut cerita telah ada sejak zaman Romawi, namun menurut legenda, roti ini dikatakan telah ditemukan pada bulan Agustus 1284. Pada saat Republik Genoa mengalahkan Pisa dalam pertempuran Meloria di Laut Liguria.

Roti ini mempunyai beragam topping yang membuatnya makin lezat. Topping ini dapat berupa terong, bawang, kentang, dan masih banyak lagi.

2. Focaccia5 Roti Pipih Khas Italia, Cocok Jadi Sarapan yang Praktis dan Enak!

Focaccia merupakan roti pipih yang bertekstur kenyal dan berminyak. Roti serbaguna ini terbuat dari garam laut kasar, minyak zaitun, rempah-rempah, tomat, atau zaitun. Sejarawan cenderung percaya bahwa roti ini ditemukan baik oleh Etruria atau di Yunani kuno.

Dijaman modern ini, roti ini biasanya dihiasi dengan beragam hiasan, seperti bunga yang bisa dimakan, buah-buahan seperti anggur dan apel. Terkadang pula menggunakan bawang, terung, hingga tomat.

3. Tigella
5 Roti Pipih Khas Italia, Cocok Jadi Sarapan yang Praktis dan Enak!

Tigella merupakan roti tradisional yang memiliki bentuk yang menyerupai cakram. Jika dimakan, roti akan renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Roti ini dipanggang dalam cetakan tanah liat khusus. Cetakan ini biasanya mempunyai simbol dekoratif di kedua sisinya, yang timbul pada adonan ketika mengalami proses pemanggangan.

Roti umumnya diolesi dengan olesan yang dibuat dengan lardo, rosemary, bawang putih, dan keju parmigiano-reggiano.

4. Piadina Romagnola
5 Roti Pipih Khas Italia, Cocok Jadi Sarapan yang Praktis dan Enak!

Piadina romagnola merupakan makanan yang dulunya menjadi makanan orang miskin, yang sering terbuat dari tepung jagung. Namun hari ini roti pipih ini umumnya dinikmati sebagai sandwich.

Isian yang paling sering digunakan adalah prosciutto, keju lembut krim seperti squacquerone, tomat, dan segenggam arugula liar pedas. Makanan ini mudah ditemukan di berbagai kios jalanan. Sandwich paling enak saat disantap sesaat setelah proses pembuatannya selesai, karena keadaannya masih lentur dan hangat.

5. Sfincione
5 Roti Pipih Khas Italia, Cocok Jadi Sarapan yang Praktis dan Enak!

Sfincione merupakan roti pipih yang mengalami proses pemanggangan di dalam oven. Roti ini dibuat dengan saus tomat rasa oregano yang terbuat dari tambahan bawang, teri, remah roti, dan keju lokal seperti caciocavallo, provolone, tuma, atau ricotta.

Roti ini menjadi salah satu street food yang cukup populer. Nama roti ini berasal dari bahasa Arab, yaitu asfanaj dan bahasa Yunani, sfoungári. Keduanya mempunyai arti spons, yang mirip dengan tampilan dan tekstur roti pipih ini.

Roti pipih khas Italia di atas terkenal akan kelezatannya. Berlibur ke Italia sambil menikmati roti khas tersebut tentu bikin liburan makin seru.