Lima Hidangan Pie Khas Rusia yang Paling Terkenal

Lima Hidangan Pie Khas Rusia yang Paling Terkenal

Lima Hidangan Pie Khas Rusia yang Paling Terkenal – Pastei atau Pai (bahasa Belanda: pastei; bahasa Inggris: pie) adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pastei dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie merupakan salah satu hidangan populer di negara-negara Eropa dan Amerika.

Pastei yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pasteinya. Banyak negara-negara tersebut yang mempunyai beragam pie yang siap memanjakan lidah. Tak terkecuali Rusia.

Negara ini sukses membuat banyak pie yang tak hanya populer di negaranya sendiri, namun diantaranya terkenal di negara lain. Dilansir dari Poker77 IDN Berikut lima pie khas Rusia yang paling populer, bikin lapar mata! Let’s check this out!

1. Sharlotka
5 Pie Khas Rusia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!

Charlotte adalah sejenis makanan penutup atau sepele yang bisa disajikan panas atau dingin. Ini juga disebut sebagai “kue kotak es”. Roti, kue bolu atau biskuit / kue digunakan untuk melapisi cetakan, yang kemudian diisi dengan bubur buah atau puding.

Bahan-bahan pembuatan pie mencakup telur, gula, tepung, soda kue, dan irisan apel. Namun beberapa orang suka menambahkan madu atau kayu manis ke dalam kue untuk meningkatkan rasanya.

2. Pirog
5 Pie Khas Rusia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!

Pirog adalah wadah adonan panggang dengan isian manis atau gurih. Hidangan ini umum di masakan Eropa Timur. Pirogi dicirikan sebagai “ada di mana-mana dalam kehidupan Rusia” dan “hidangan paling populer dan penting” serta “barang nasional yang sesungguhnya” dari masakan Rusia.

Beberapa isian pie yang paling populer adalah daging, ikan, jamur, keju, kubis, kentang, dan buah-buahan seperti plum, apel, atau berbagai buah beri.

3. Limonnik
5 Pie Khas Rusia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!

Limonnik merupakan pie Rusia yang menyegarkan. Hidangan ini sempurna untuk musim panas. Pie ini cukup aromatik dan memiliki rasa yang sedikit asam karena penggunaan lemon yang dihancurkan dengan kulitnya yang utuh.

Pie dibuat dengan kulit pastry shortcrust yang diisi dengan kombinasi lemon dan gula yang dihancurkan. Saat dingin, pai biasanya dipotong kotak dan ditaburi gula icing.

4. Kurnik
5 Pie Khas Rusia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!

Kurnik merupakan pie yang terbuat dari berbagai jenis adonan yang diisi dengan bahan-bahan manis atau gurih. Pie ini terdiri dari kulit pastry yang dibentuk menjadi kubah besar. Kemudian pie diisi dengan lapisan daging yang biasanya menggunakan ayam, telur, nasi, kasha, dan jamur.

Pie ini sering dikatakan sebagai lambang kesuburan dan stabilitas.

5. Coulibiac
5 Pie Khas Rusia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!

Coulibiac merupakam pie yang ditandai dengan bentuknya yang lonjong. Pie ini memiliki berbagai variasi isian, seperti salmon dan soba, kol dengan jamur dan bawang, atau daging giling dengan nasi dan telur. Pie biasanya dibuat dengan adonan ragi dan jumlah isian harus selalu melebihi jumlah kue. Coulibiac adalah sejenis pirog Rusia yang biasanya diisi dengan salmon atau sturgeon, nasi atau soba, telur rebus, jamur, bawang, dan adas. Pai dipanggang dalam kulit pastry, biasanya dari brioche atau puff pastry.

Pie ini ditemukan pada abad ke-17 di Rusia. Pie ini kemudian menjadi populer di Prancis pada abad ke-19, ketika koki Prancis membawanya pulang dari Rusia.

Hidangan pie asal Rusia ini bisa banget nih, dijadikan inspirasi membuat camilan atau hidangan utama di rumah.