Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Berbuka Puasa

Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Berbuka Puasa

Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Berbuka Puasa – Udang rebon (Acetes) merupakan jenis udang yang berukuran kecil dan hidup di perairan Asia Tenggara. Sama-sama ukurannya kecil, udang rebon dan ebi memiliki perbedaan mulai dari ukuran sampai fungsinya pada masakan.

Udang yang sama-sama memiliki ukuran kecil ini bisa dimasak menjadi bumbu penyedap dan campuran berbagai makanan termasuk peyek.
Rebon merupakan jenis udang dengan ukuran yang berkali-kali lipat lebih kecil dari makanan laut sejenis dan kerap dijual dalam kondisi telah diasinkan atau dikeringkan.

Indonesia sendiri cukup sering menjadikan rebon sebagai alternatif lauk yang nikmat, terutama jika disandingkan bersama nasi. Nah, berikut ini terdapat lima Club388 olahan rebon khas Nusantara untuk ide berbuka puasa.

1. Sambal rebon
5 Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Lauk Berbuka Puasa

Sebagai salah satu negara yang tidak dapat dipisahkan dari makanan pedas, sambal memang menjadi senjata andalan masyarakat Indonesia dalam menikmati makanan utama seperti nasi.

Aneka bahan baku mampu diolah menjadi perasa sambal, salah satunya adalah rebon. Udang berukuran mini tersebut bisa dicampur dengan sambal yang sedang ditumis, masak sampai matang dan sajikan bersama nasi.

2. Tumis rebon cabai bawang
5 Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Lauk Berbuka Puasa

Salah satu olahan rebon klasik yang mudah dimasak dan menjadi favorit sebagian banyak masyarakat adalah tumis rebon dengan irisan bumbu yang menggugah selera.

Bahan-bahan yang digunakan dalam sajian ini terdiri dari cabai merah yang diiris serong, bawang putih dan merah, serta adapula yang memasukan potongan daun bawang atau daun jeruk untuk memperkaya rasa tumisan.

3. Rebon pete
5 Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Lauk Berbuka Puasa

Bagi penggemar makanan berbahan dasar petai, olahan rebon pete ini mungkin bisa dijadikan alternatif lauk sederhana dan nikmat untuk ditemani dengan nasi serta sambal.

Pemasakan yang mudah dengan sedikit tumisan bumbu dari irisan cabai merah dan bawang-bawangan, mampu menghasilkan rasa serta aroma yang nikmat pada masakan.

4. Bakwan rebon
5 Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Lauk Berbuka Puasa

Bakwan tidak hanya cocok dijadikan camilan saja, makanan berbahan dasar adonan tepung dengan potongan sayur tersebut pun serasi jika didampingi bersama nasi sebagai lauk ekonomis.

Salah satu kreasi bakwan yang akrab dengan lidah masyarakat Indonesia adalah bakwan rebon, gorengan ini bisa dicampur dengan ragam sayur atau rebon saja untuk menghasilkan rasa yang lebih gurih.

5. Tumis rebon pare
5 Kreasi Masakan Nusantara dari Rebon untuk Ide Lauk Berbuka Puasa

Memiliki rasa dominan asin membuat rebon sangat ramah jika disandingkan dengan aneka bahan baku yang mempunyai rasa tawar bahkan kecut sekalipun, seperti pare misalnya.

Rasa unik dan khas dari pahitnya pare cocok bila ditumis bersama udang kecil tersebut agar rasa makin seimbang. Jangan lupa untuk memotong-motong sayur berwarna hijau ini dengan baik dan bersihkan secara benar agar makin sedap.

Nah, itu dia kelima olahan dari rebon yang cukup digemari di tanah air, terutama bila disajikan bersama nasi hangat jelang berbuka puasa.