Inilah Mie Kuah Khas Malaysia yang Kaya Rasa & Beraroma Kuat

Inilah Mie Kuah Khas Malaysia yang Kaya Rasa & Beraroma Kuat

Inilah Mie Kuah Khas Malaysia yang Kaya Rasa & Beraroma Kuat – Mie rebus /Mi rebus (pengucapan Indonesia) atau mee rebus (pengucapan Malaysia dan Singapura) adalah sebuah hidangan mi kuah dari Asia Tenggara, yang dikenal di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Hidangan tersebut juga biasa disebut mie kuah. Kalau kamu salah satu pencinta mi kuah dengan cita rasa segar, maka Malaysia adalah negara yang wajib untuk dikunjungi. Kamu bisa dengan mudah menemukan restoran atau kedai yang menyajikan assam laksa di pinggir jalan.

Tak hanya dikenal dengan tempat-tempat menarik, Malaysia juga memiliki segudang kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rekomendasi lima mi kuah khas Malaysia yang kaya rempah dan beraroma kuat. Dijamin ketagihan, deh!

1. Assam laksa
5 Mie Kuah Khas Malaysia dengan Topping Segar yang Lezat

Assam laksa adalah mi kuah bercita rasa asam yang terbuat dari ikan. Kuliner satu ini  cukup populer di Malaysia, lho. Umumnya, assam laksa terdiri dari bihun, suwiran daging ikan, serta irisan sayuran, seperti timun, bawang bombay, dan selada.

Assam laksa juga identik dengan rasa asam khas yang berasal dari buah asam. Hidangan ini berasal dari daerah pesisir Malaysia, di mana saat itu para nelayan lokal memasak hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia.

2. Pan mee
5 Mie Kuah Khas Malaysia dengan Topping Segar yang Lezat

Meski sulit untuk melacak asal-usulnya, pan mee diyakini merupakan perpaduan klasik antara tradisi kuliner China dan Malaysia. Mi kuah ini terdiri dari mi tarik yang disajikan dalam kaldu dengan sayuran, daging babi cincang, dan jamur.

Saat berkunjung ke Malaysia, kamu bisa dengan mudah menemukan pan mee di restoran atau warung pinggir jalan. Biasanya, kuliner ini disajikan dengan sambal sebagai pelengkap. Seiring perkembangan zaman, kaldu dan bahan yang digunakan makin beragam.

3. Laksam
5 Mie Kuah Khas Malaysia dengan Topping Segar yang Lezat

Secara tradisional, sup khas Malaysia ini terdiri dari mi beras gulung yang disajikan dalam kaldu ikan lembut. Mi biasanya dibuat dari adonan tepung beras, lalu dituang di atas permukaan datar. Kemudian, adonan dikukus, serta digulung dan diiris kecil-kecil.

Kaldu yang disajikan di samping mi terbuat dari santan dan pasta ikan. Biasanya, mi dibumbui jahe, bawang merah, dan bawang putih. Laksam dilengkapi berbagai sayuran, seperti irisan timun atau kacang hijau dan sambal pedas sebagai pelengkap.

4. Penang laksa
5 Mie Kuah Khas Malaysia dengan Topping Segar yang Lezat

Penang laksa adalah street food khas Malaysia yang memadukan cita rasa pedas, manis, asin, dan gurih. Mi kuah ini berasal dari Penang, di barat laut Malaysia. Penang laksa dibuat dari makarel rebus atau sarden, asam, serai, dan cabai.

Bahan tambahan lain yang digunakan yakni kuncup bunga jahe, irisan nanas, bawang bombay, daun mint, dan terasi. Namun, terlepas dari semua bahan yang digunakan, laksa penang yang terasa kaya rempah disukai para wisatawan saat melancong ke Malaysia.

5. Mee sup
5 Mie Kuah Khas Malaysia dengan Topping Segar yang Lezat

Mee sup atau sup mi adalah hidangan tradisional khas Malaysia dengan kaldu pedas. Ada banyak jenis mee sup, mulai dari menggabungkan tahu, udang, dan berbagai daging dengan sayuran, seperti bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah.

Secara tradisional, taoge juga bisa digunakan sebagai topping. Namun, setiap juru masak memiliki resepnya sendiri, sehingga kamu akan menemukan sesuatu yang baru di mee sup yang disantap saat liburan ke Malaysia.

Kalau kamu menyukai mi kuah dengan topping menyegarkan dan beraneka ragam, pastikan untuk mencoba jenis-jenis mi di atas saat melancong ke Malaysia. Meskipun menawarkan cita rasa lezat, namun harga tetap ramah di kantong wisatawan, lho.

Hidangan ini terbuat dari mi kuning telur, yang juga digunakan dalam Mie Hokkien, dengan kari – seperti saus yang pedas. Kuahnya terbuat dari kaldu udang atau tauchu, bawang merah, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, gula jawa, garam, air, dan pati jagung sebagai bahan pengental.

Hidangan ini dihiasi dengan telur rebus, udang kering, kentang rebus, jeruk kalamansi Jeruk nipis, daun bawang, Seledri China, cabai hijau, tahu goreng, bawang merah goreng, dan tauge. Beberapa restoran menyajikannya dengan daging sapi, meskipun jarang ditemukan di pusat jajanan, atau biasanya jua di tambahkan kecap ke mie saat disajikan. Bagi kebanyakan orang, hidangan ini juga cocok dimakan dengan sate.