Inilah Lima Produk Keju Khas India yang Paling Terkenal

Inilah Lima Produk Keju Khas India yang Paling Terkenal

Inilah Lima Produk Keju Khas India yang Paling Terkenal – Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. India merupakan salah satu negara di benua Asia yang memiliki banyak jenis produk keju lokal.

Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Sedangkan sejarah pembuatan keju di India tidak terlepas dari pengaruh kolonial dari bangsa-bangsa Eropa yang pernah menetap di India.

Selain itu, yang menjadikan produk keju-keju India menjadi favorit adalah cita rasanya yang khas serta dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Dirangkum dari Daftar IDN Poker77 Banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan dengan rasa dan tampilan yang menggugah selera, inilah lima produk keju khas India yang paling terkenal.

1. Kalari
5 Jenis Keju khas India yang Paling Populer, Tekstur dan Rasanya Unik!

Kalari merupakan keju tradisional yang berasal dari wilayah Kashmir dimana pembuatan keju ini terbuat dari jenis susu sapi atau kambing. Memiliki tekstur yang padat dan elastis membuat kalari sering juga dijuluki mozarella dari Kashmir.

Masyarakat India sering mengolah jenis keju ini sebagai jajanan pinggir jalan dengan cara digoreng hingga tekstur luarnya berubah menjadi renyah namun memiliki bagian dalam yang tetap lembut dan lengket.

Kalari juga sering dipadukan dengan berbagai bahan-bahan, bumbu, serta rempah khas India lainnya untuk menciptakan hidangan yang lezat.

2. Kalimpong
5 Jenis Keju khas India yang Paling Populer, Tekstur dan Rasanya Unik!

Kalimpong memiliki sejarah yang unik dalam proses penciptaannya dikarenakan keju ini dibuat oleh seorang pastor yang bernama Frater Abraham. Nama dari keju ini diambil dari sebuah kota yang terletak di wilayah Benggala bagian barat.

Dari segi tekstur dan rasa, kalimpong mentah memiliki tekstur lembut dan rasa asam yang mendominasi sehingga cocok dicampurkan pada salad dan sandwich.

Sedangkan kalimpong yang telah matang biasanya sering dinikmati dengan biskuit atau dikonsumsi langsung sambil ditemani segelas minuman anggur.

3. Bandel
5 Jenis Keju khas India yang Paling Populer, Tekstur dan Rasanya Unik!

Satu lagi jenis keju yang berasal dari wilayah Benggala Barat yang patut untuk dicoba yaitu bandel. Keju ini diciptakan oleh sekelompok koloni asal Portugis yang pernah tinggal di daerah tersebut.

Bandel dikenal dengan aromanya yang sangat menyengat, tekstur rapuh serta rasa asin dan smoky. Pembuatan keju ini terbilang rumit dikarenakan harus melalui beberapa proses di antaranya dibuat menjadi dadih, dicetak, dikeringkan,  lalu yang terakhir adalah pengasapan.

4. Khoa
5 Jenis Keju khas India yang Paling Populer, Tekstur dan Rasanya Unik!

Bahan dari pembuatan keju khoa dapat menggunakan jenis susu sapi dan kerbau. Dalam proses pengolahannya, susu harus dipanaskan terlebih dahulu kemudian dimasukan ke dalam panci besi agar teksturnya menjadi padat.

Produksi khoa biasanya dibuat pada musim dingin lalu diawetkan hingga musim panas.

Jenis keju ini memiliki tampilan putih agak kekuningan di mana masyarakat India sering mengolahnya menjadi makanan ringan seperti pedha, barfi, dan gujia.

5. Qudam
5 Jenis Keju khas India yang Paling Populer, Tekstur dan Rasanya Unik!

Kashmir memang dikenal memiliki berbagai macam jenis keju tradisional dan salah satu yang paling populer adalah qudam. Sebagian besar keju ini diproduksi oleh masyarakat lokal yang hidup di daerah Gujjar.

Qudam dibuat dengan menggunakan susu kambing dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk proses pematangannya. Sedangkan untuk tekstur, keju ini memiliki tekstur yang sangat rapuh dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.