Inilah Lima Keju Khas Inggris yang Sangat Terkenal

Inilah Lima Keju Khas Inggris yang Sangat Terkenal

Inilah Lima Keju Khas Inggris yang Sangat Terkenal – Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Keju adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh warga dunia karena mampu dikombinasikan dengan berbagai menu. Selain itu, keju juga merupakan makanan sehat yang tinggi nutrisi.

Salah satu negara yang penduduknya sehari-harinya mengonsumsi keju adalah Inggris. Lebih dari 50 variasi keju bisa ditemukan di negara ini yang tentu bisa membuktikan bahwa warganya sebagian menjadikan keju sebagai menu utama dalam hidangan mereka. Dilansir dari Poker77 IDN Berikut lima keju khas Inggris yang paling populer dan pastinya tinggi nutrisi! Penasaran?

1. Cheddar
5 Keju Khas Inggris yang Paling Populer, Tinggi Nutrisi!

Keju Cheddar adalah keju yang relatif keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading, dan kadang-kadang memiliki rasa yang kuat. Keju ini berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris.

Cheddar merupakan keju yang berasal dari susu sapi yang dipasteurisasi. Keju ini menjadi salah satu keju paling terkenal di dunia. Keju yang pertama kali diproduksi di desa Cheddar di Somerset county ini sudah ditemukan sejak abad ke-12.

Keju ini mempunyai tekstur yang keras dan memiliki warna yang berkisar dari putih hingga kuning pucat.

2. Stilton
5 Keju Khas Inggris yang Paling Populer, Tinggi Nutrisi!

Stilton adalah keju dari negara Inggris yang dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi dan memiliki tekstur yang bercorak biru karena penambahan jamur pada proses pembuatannya.

Stilton merupakan keju yang dijuluki The King of English cheeses. Keju ini memiliki tiga variasi, yaitu White, Blue and Mature, atau Vintage Stilton. Keju yang secara eksklusif diproduksi di daerah Derbyshire, Nottinghamshire, dan Leicestershire ini terbuat dari susu sapi pasteurisasi full cream yang membentuk keraknya sendiri.

Keju ini mempunyai rasa yang asam, segar, dan creamy dengan tekstur yang rapuh, serta kulitnya yang lembap dan halus.

3. Oxford Blue
5 Keju Khas Inggris yang Paling Populer, Tinggi Nutrisi!

Oxford Blue adalah warna resmi dari Universitas Oxford. Pedoman branding resmi Oxford menetapkan definisi Oxford Blue sebagai Pantone 282, setara dengan kode hex # 002147.

Oxford blue merupakan keju biru Inggris yang diproduksi di Buckinghamshire. Keju ini terbuat dari susu sapi.

Keju Oxford blue mempunyai tekstur semi lembut hingga lembut. Rasanya unik dengan kombinasi pedas, asin, dan tajam. Aroma yang dihasilkan keju juga cenderung kuat.

Pada tahun 1994, keju ini pertama kali diproduksi di Oxford Cheese Company oleh Baron Robert Pouget dan Steve Peace.

4. Cheshire
5 Keju Khas Inggris yang Paling Populer, Tinggi Nutrisi!

Cheshire adalah keju dari Inggris yang bertekstur keras dan diproduksi dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi. Keju ini dikenal juga dengan nama Chester.

Cheshire merupakan keju susu sapi khas Inggris yang diproduksi di Cheshire, Flintshire, Staffordshire, Shropshire, dan Denbighshire. Keju ini cukup legendaris karena sudah diproduksi begitu lama, bahkan disebutkan dalam buku yang berjudul Domesday abad ke-11.

Keju ini mempunyai tekstur rapuh dan padat karena ternak yang digembalakan di rawa-rawa garam sehingga garam menyebabkan keju matang secara perlahan yang kemudian mengembangkan tekstur yang rapuh dalam prosesnya.

5. Yorkshire Wensleydale
5 Keju Khas Inggris yang Paling Populer, Tinggi Nutrisi!

Wensleydale adalah keju tradisional dari daerah Yorkshire di negara Inggris yang dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi lebih dahulu.

Yorkshire Wensleydale merupakan keju yang memiliki bentuk silinder atau blok. Keju ini terbuat dari susu sapi mentah.

Keju Yorkshire Wensleydale dapat dijual sebagai keju muda saat berumur 2 minggu atau juga matang yang berumur hingga 12 bulan.

Keju ini mempunyai tekstur yang keras, namun mudah rapuh. Warnanya juga putih hingga kuning pucat. Untuk soal rasa, keju ini memiliki rasa yang sedikit asam namun tetap lembut.

Keju menjadi menu wajib bagi sebagian penduduk Inggris. Keju juga dapat divariasikan dengan berbagai menu lainnya yang tentu semakin membuat rasanya nikmat.