Inilah Lima Cara untuk Kurangi Limbah Makanan Agar Hemat

Inilah Lima Cara untuk Kurangi Limbah Makanan Agar Hemat

Inilah Lima Cara untuk Kurangi Limbah Makanan Agar Hemat – Sampah makanan adalah makanan yang terbuang dan menjadi sampah. Definisi sampah dapat dilihat dari berbagai sisi sehingga berbagai lembaga dan organisasi dapat menggunakan definisi yang berbeda-beda mengenai sampah makanan ataupun makanan yang terbuang.

Limbah makanan adalah masalah besar yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Tahukah kamu, ketika kita memutuskan untuk mengurangi limbah makanan, maka kita dapat memberikan kontribusi penting untuk mengurangi perubahan iklim sekaligus menghemat uang kita sendiri, lho!

Oleh karena itu, berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk Club388 Indonesia membantu mengurangi limbah makanan di rumah.

1. Berbelanja dengan bijak
Jangan Dibuang, Ini 5 Cara untuk Kurangi Limbah Makanan

Sebelum berpikir untuk berbelanja, lihatlah terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang masih ada di dapur. Setelah mengetahuinya, buatlah rencana menu makanmu. Sederhananya, cari tahu apa yang akan kamu makan dan bahan apa yang kamu butuhkan untuk itu.

Cobalah untuk memanfaatkan apa yang sudah kamu miliki terlebih dahulu dan hanya berencana untuk membeli apa yang kamu butuhkan saja. Ini adalah cara yang bagus, bukan hanya untuk mengurangi limbah makanan tetapi juga menghemat uang.

2. Membuatnya menjadi kompos
Jangan Dibuang, Ini 5 Cara untuk Kurangi Limbah Makanan

Daripada membuang limbah makanan sisa ke tempat sampah, lebih baik menjadikannya sebagai kompos. Makanan yang membusuk dapat membantu menciptakan tanah yang kaya nutrisi.

Selain menghindari membuang-buang makanan, mengolah sisa makanan menjadi kompos juga akan menghemat uang. Dari pada membeli kompos, lebih baik mendapatkannya dengan gratis hanya dari sisa makanan seperti sisa sayuran, kopi, teh atau bahkan cangkang telur.

3. Fermentasi
Jangan Dibuang, Ini 5 Cara untuk Kurangi Limbah Makanan

Fermentasi sayuran atau buah sisa adalah cara yang bagus untuk mengurangi limbah makanan. Caranya pun sangat mudah dan semua orang bisa membuatnya. Kamu benar-benar dapat memfermentasi sayuran dan buah-buahan apa pun yang kamu suka hanya dengan menggunakan garam dan air.

Kamu juga dapat menggunakan cara ini untuk membuat kimchi yang merupakan hidangan khas Korea yang terbuat dari kubis yang difermentasi.

4. Simpan makanan dengan benar
Jangan Dibuang, Ini 5 Cara untuk Kurangi Limbah Makanan

Menyimpan makanan dengan baik dan benar sebelum dimasak atau setelahnya akan berpengaruh pada berapa lama makanan bisa bertahan. Jika makanan membusuk sebelum diolah, maka itu akan membuang-buang waktu, uang, dan tentunya menjadi pemborosan makanan.

Salah satu caranya adalah dengan menyimpan makanan pada wadah yang kedap udara. Kesegaran makanan akan lebih lama dan tentunya akan menghemat ruang karena wadah bisa ditumpuk di rak, lemari, atau bahkan kulkas. Namun, kamu harus bisa membedakan mana makanan yang memang bagus disimpan di tempat tertutup dan mana makanan yang harus disimpan di tempat terbuka.

5. Masukkan ke freezer
Jangan Dibuang, Ini 5 Cara untuk Kurangi Limbah Makanan

Jika kamu memiliki makanan berlebih, masukkan saja ke dalam freezer. Ada banyak makanan yang bisa dibekukan termasuk roti, biji-bijian dan buah. Ini adalah salah satu cara mudah untuk mengurangi limbah makanan. Hampir semuanya bisa berhasil dibekukan, kecuali sayuran dengan kandungan air tinggi, contohnya seperti kentang dan mentimun.

Kantongi makanan yang ingin dibekukan ke dalam wadah, beri tanggal dengan kertas yang diselotip, dan masukkan ke dalam freezer. Pastikan kamu sudah mengetahui berapa lama makanan dengan jenis yang berbeda bisa bertahan saat dibekukan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi limbah makanan. Memang terlihat sederhana, namun punya pengaruh yang luar biasa untuk bumi yang kita tempati. Yuk, mulai sekarang kita kurangi limbah makanan!