Inilah Deretan Kuliner Bercita Rasa Unik Khas Bagansiapiapi

Inilah Deretan Kuliner Bercita Rasa Unik Khas Bagansiapiapi

Inilah Deretan Kuliner Bercita Rasa Unik Khas Bagansiapiapi – Bagansiapiapi, juga dikenal sebagai Bagan adalah ibu kota dari kabupaten Rokan Hilir, provinsi Riau. Pada jaman dahulu, Bagansiapiapi merupakan penghasil ikan terbesar ke dua di dunia setelah kota Bergen di Norwegia. Dan merupakan penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Sebagai perantau dari Bagansiapiapi, kadang kangen berat dengan makanan khas Bagan tersebut. Apabila ada teman di grup bbm yang share makanan khas Bagan. Beruntung rasa kangen tersebut dapat terobati karena sudah banyak orang Bagan yang menjual makanan di daerah Teluk Gong, Jakarta. Tetapi karena tidak tinggal di Teluk Gong, tentu tidak dapat menikmati makanan tersebut sesering mungkin.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki kuliner khas yang menjadi identitas dari wilayah tersebut, tak terkecuali bagi Bagansiapiapi yang merupakan pusat download apk open card idn pemerintahan kabupaten Rokan Hilir di provinsi Riau. Cita rasanya lezat, harganya murah, dan keberadaannya yang mudah ditemukan tentu akan memudahkanmu untuk mencicipi beragam hidangan yang ada.

1. Kemi
5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!

Dalam seporsi kemi terdiri dari mie yang terbuat dari sagu dan tepung terigu, bawang putih yang sebelumnya sudah dihaluskan, bakso ikan, daging, serta udang. Karena terbuat dari sagu, kemi memiliki tekstur yang kenyal. Cita rasanya gurih dan khas aroma rempah-rempah.

2. Cicongpan
5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!

Bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat cicongpan yaitu tepung beras dan sagu. Bahan-bahannya memang sama seperti saat membuat kwetiau.

Cicongpan disajikan dengan kacang tanah, ebi yang merupakan udang kering, bawang goreng, dan seledri. Bagi yang suka pedas, bisa menambahkan cabai ke dalamnya.

3. Kiamke
5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!

Bahan-bahan untuk membuat kiamke sama seperti saat membuat cicongpan dan kwetiau, yaitu tepung beras dan sagu. Tapi, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan lain sebagai alternatifnya.

Sisa bubur putih polos yang tidak dimakan kamu blender bersama sagu hingga teksturnya semakin halus. Kemudian tambahkan perasa lalu dikukus. Setelah matang, kiamke disajikan dengan ebi, kacang tanah, bawang goreng, seledri, dan cabai.

4. Miso
5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!

Miso merupakan kuliner khas Bagansiapiapi yang berupa mie sop. Seporsi miso terdiri dari mie, irisan daging ayam, tahu yang sudah digoreng, telur, seledri, cabai, dan bawang goreng.

Sementara itu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah miso yang gurih nan lezat adalah lada, jintan, pala, cengkeh, kembang pala, bunga lawang, kayu manis, lada hitam, dan ketumbar. Miso akan semakin lezat disantap saat masih hangat.

5. Heci
5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!

Heci merupakan hidangan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan sawi, kol, dan wortel. Kemudian adonan tersebut digoreng dengan tak lupa meletakkan udang di atasnya. Setelah matang dan warnanya berubah menjadi sedikit kecokelatan, kamu bisa menyantapnya dengan cabai.

Benar-benar nikmat & sedap makanan khas Bagan. Selain Heci, Kiamke, Oyi seperti yang disebut diatas. Ada Karipeng dan Kwetiau Bagan yang enak. Kalau ada kesempatan dicoba deh. Kamu akan ketagihan kalau sudah pernah mencobanya.