Inilah Deretan Keju Paling Favorite yang Ada di Finlandia

Inilah Deretan Keju Paling Favorite yang Ada di Finlandia

Inilah Deretan Keju Paling Favorite yang Ada di Finlandia – Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.

Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal.

Finlandia merupakan salah satu negara Skandinavia yang memiliki apk poker online idn bentangan alam yang mengagumkan. Selain itu, negara ini juga mempunyai beragam kuliner yang sukses menggoyang lidah. Salah satu makanan khas yang cukup mencuri perhatian adalah keju. Keju khas Finlandia terkenal akan rasanya yang unik dan bikin ketagihan. Keju ini bisa ditambahkan ke dalam salad, sup, atau bisa langsung dimakan.

1. Aura
5 Keju Paling Populer di Finlandia dengan Rasa Unik dan Lezat! 

Aura merupakan keju semi lunak yang berasal dari susu sapi. Keju ini berasal dari kota Turku, namun sejak tahun 1935 produksinya telah dialihkan ke wilayah Äänekoski. Keju ini bertekstur creamy dengan rasa yang kuat, tajam, dan asin.

Aura mempunyai dua versi yaitu keju reguler yang berumur enam minggu dan aura gold yang berumur dua belas minggu. Keju ini umumnya digunakan sebagai isian untuk salmon isi gulung dan biasa digunakan dalam pembuatan sup keju.

2. Leipäjuusto
5 Keju Paling Populer di Finlandia dengan Rasa Unik dan Lezat! 

Leipäjuusto atau juga disebut juustoleipä merupakan keju yang mempunyai ciri khas yang suaranya menempel di gigi saat seseorang menggigitnya. Itulah sebabnya keju ini juga dikenal sebagai keju melengking Finlandia.

Keju dapat berasal dari susu sapi, kambing, atau rusa dan memiliki aroma manis dan segar yang menyenangkan. Keju ini memiliki rasa asin dan manis.

3. Lappi
5 Keju Paling Populer di Finlandia dengan Rasa Unik dan Lezat! 

Lappi merupakan keju semi lunak. Keju ini dinamai sesuai dengan tempat asalnya yaitu provinsi Lapland. Keju ini berasal dari susu sapi yang telah disaring sebagian. Keju yang tak memiliki kulit ini bertekstur halus, lembut, dan tegas dengan banyak lubang kecil tersebar di seluruh keju.

Keju ini mempunyai rasa yang manis dan mudah meleleh. Keju ini paling cocok jika dipasangkan dengan segelas anggur.

4. Turunmaa
5 Keju Paling Populer di Finlandia dengan Rasa Unik dan Lezat! 

Turunmaa merupakan keju semi keras yang diproduksi oleh Valio Ltd sejak 1931 di wilayah Turku. Keju yang  terbuat dari susu sapi ini tidak memiliki kulit. Keju ini bertekstur lembut dengan rasa yang agak sedikit tajam.

Dalam proses pembuatannya, keju ini memelukan waktu selama 7 minggu atau lebih. Keju ini juga memiliki kandungan lemak yang mencapai 50%. Umumnya keju ini dihidangkan untuk sarapan yang ditambahkan ke dalam roti atau buah.

5. Raejuusto
5 Keju Paling Populer di Finlandia dengan Rasa Unik dan Lezat! 

Raejuusto merupakan keju cottage versi Finlandia. Keju bertekstur agak lunak dan rendah lemak. Keju ini berasal dari susu sapi yang mempunyai kandungan protein yang tinggi. Umumnya keju ditaburkan di atas salad dan sup atau dikombinasikan dengan minyak zaitun, mentimun, dan lada hitam yang tentu sangat menggugah selera.

Finlandia mempunyai beragam keju dengan rasa unik yang khas. Selain itu, keju menjadi makanan sehari-hari yang kaya protein.

Makanan ini dikenal di seluruh dunia, tetapi diduga pertama kali dikenal di daerah sekitar Timur Tengah. Meskipun tidak dapat dipastikan kapan keju pertama kali ditemukan, menurut legenda keju pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari Arab.