Ini Menu Andalan Warga Skotlandia untuk Sarapan Dipagi Hari

Ini Menu Andalan Warga Skotlandia untuk Sarapan Dipagi Hari

Ini Menu Andalan Warga Skotlandia untuk Sarapan Dipagi Hari – Skotlandia adalah negara konstituen dari negara resmi Britania Raya. Mencakup sepertiga bagian utara Pulau Britania, Skotlandia berbatasan dengan Inggris di sebelah selatan, Skotlandia adalah negara yang memiliki menu sarapan lengkap dan praktis. Aneka roti, bubur hingga hidangan ikan.

Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Menu sarapan Skotlandia banyak disukai pelancong yang di negara tersebut. Banyak dari mereka yang tak bisa move on dari rasa khas yang ada pada menu sarapan Skotlandia.

Berikut beberapa menu andalan warga lokal Skotlandia untuk sarapan dipagi hari, penasaran mau coba?

1. Drop scone
5 Menu Sarapan Enak Khas Skotlandia, Praktis dan Bikin Kenyang!

Drop scone adalah menu sarapan favorit dan terpopuler di Skotlandia. Mirip dengan pancake, drop scone memiliki tekstur yang lebih padat. Rasnya akan semakin lezat bila dimakan dengan selai, susu atau keju. Kamu juga bisa menambahkan madu pada menu sarapan ini. Sangat praktis dibuat di pagi hari, drop scone juga enak disantap sore hari saat tea time. 

2. Cullen skink
5 Menu Sarapan Enak Khas Skotlandia, Praktis dan Bikin Kenyang!

Tak hanya roti-rotian, Skotlandia memiliki menu sarapan berbahan ikan yang dinamai cullen skink. Hidangan ini dibuat dari ikan air tawar yang sudah difillet atau biasa disebut finnan haddie.

Tak hanya ikan yang menjadi isiannya, didalam cullen skink terdapat kentang yang membuat hidangan ini cukup pas untuk mengisi perut di pagi hari. Hidangan Skotlandia ini memiliki dua versi, yaitu kering dipanggang atau memakai kuah. Kuah dalam cullen skink sangat creamy karena terbuat dari campuran susu.

3. Potato scone
5 Menu Sarapan Enak Khas Skotlandia, Praktis dan Bikin Kenyang!

Potato scone merupakan pancake berbahan kentang dari Skotlandia. Memiliki rasa gurih, potato scone terbuat dari tumbukan kentang, tepung, mentega dan garam. Di Skotlandia, potato scone menjadi menu sarapan pagi mereka.

Praktis dan mengenyangkan, potato scone biasa disantap bersama teh hangat. Selain itu, potato scones juga bisa dimakan bersama makanan lain seperti daging, telur, dan sosis.

4. Butteries
5 Menu Sarapan Enak Khas Skotlandia, Praktis dan Bikin Kenyang!

Butteries merupakan roti pastry Skotlandia yang sering menjadi menu sarapan. Memiliki nama lain abberdeen rolls atau rowies. Butteries memiliki lapisan yang banyak dan tekstur renyah khas croissant. Kue ini mampu bertahan cukup lama setelah matang, lho.

Makanya, makanan ini sering dijadikan bekal nelayan Skotlandia yang pergi melaut. Bisa dimakan langsung atau diolesi selai dan butter, roti Skotlandia ini cukup bikin perut kenyang di pagi hari.

5. Scottish porridge
5 Menu Sarapan Enak Khas Skotlandia, Praktis dan Bikin Kenyang!

Bila Indonesia ada bubur ayam sebagai menu sarapan. Di Skotlandia, bubur oats jadi menu sarapan yang praktis dan cukup menjadi favorit. Tak hanya warga lokal yang menyukainya, wisatawan yang berkunjung kesana pun suka dengan hidangan khas Skotlandia ini. Scottish porridge atau bubur Skotlandia dihidangkan bersama susu, buah buahan, kacang-kacangan atau brown sugar. Sehat dan mengenyangkan.

Cukup ramah di lidah karena mudah diterima semua orang, menu sarapan khas Skotlandia ini bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Supaya gak bosen dengan menu yang itu-itu aja.