Hidangan Populer yang Bisa Diolah Menggunakan Tepung Unik

Hidangan Populer yang Bisa Diolah Menggunakan Tepung Unik

Hidangan Populer yang Bisa Diolah Menggunakan Tepung Unik – Tepung adalah partikel  padat yang berbentuk butiran halus atau sangat halus tergantung proses penggilingannya. Biasanya digunakan untuk keperluan penelitian, rumah tangga, dan bahan baku industri. Tahukah kamu, bahwa di dalam dunia masak-memasak terdapat aneka ragam tepung yang menggantikan terigu agar masakan lebih maksimal.

Tepung bisa berasal dari bahan nabati misalnya tepung terigu dari gandum, tapioka dari singkong, maizena dari jagung atau hewani misalnya tepung tulang dan tepung ikan. Bahkan makanan pun akan terasa lebih sehat karena kandungan manfaat yang banyak.

Salah satu tepung tersebut dikenal dengan nama buckwheat flour. Buckwheat adalah tanaman biji yang kerap kali diolah sebagai tepung. Terdapat setidaknya lima hidangan populer yang bisa diolah menggunakan tepung unik tersebut, seperti yang ada di bawah ini.

1. Buckwheat crepe
5 Makanan Populer yang Bisa Dimasak dengan Buckwheat, Lebih Enak!

Crepe merupakan salah satu makanan berbentuk adonan tipis dan lebar yang dimasak menggunakan wajan anti lengket. Umumnya, hidangan ini cocok dijadikan menu sarapan, lengkap dengan potongan buah dan saus manis.

Salah satu cara terbaik dalam membuat crepe bisa diolah memakai bahan baku berupa tepung buckwheat. Cukup masukkan telur, susu atau air, dan garam. Kemudian masak adonan di atas lelehan mentega.

2. Buckwheat waffle
5 Makanan Populer yang Bisa Dimasak dengan Buckwheat, Lebih Enak!

Olahan populer dari buckwheat flour berikutnya menyasar pada makanan yang sedang naik daun, nih. Waffle yang sangat fleksibel untuk disantap dalam kondisi manis ataupun asin bisa jadi pilihanmu. Serta perlu dimasak dengan cetakan khusus.

Selain buckwheat, diperlukan tambahan komponen lain, seperti buttermilk, bubuk pengembang, soda kue, telur, dan bumbu penambah rasa. Bila suka, kamu dapat menggunakan kayu manis juga, lho. Sehingga aromanya tambah nikmat.

3. Buckwheat banana pancake
5 Makanan Populer yang Bisa Dimasak dengan Buckwheat, Lebih Enak!

Memulai hari dengan menyantap pancake dari pisang adalah salah satu upaya untuk memaksimalkan menu sarapan. Namun, gak harus diolah memakai tepung terigu, karena kamu pun bisa menggantinya dengan buckwheat.

Bahan-bahan akan dibagi menjadi dua bagian untuk dimasak bersama. Pertama, bahan kering yang terdiri dari buckwheat, bubuk pengembang, dan perasa. Lalu yang kedua adalah komponen basah, yaitu susu, telur, dan pisang lumat.

4. Buckwheat meatball
5 Makanan Populer yang Bisa Dimasak dengan Buckwheat, Lebih Enak!

Selain makanan manis, rupanya buckwheat pun bisa menjadi bahan terbaik dalam proses pembuatan bakso vegan tanpa daging. Hidangan ini pun bisa dijadikan teman ngemil atau sajian dalam pasta.

Kamu bisa menggunakan campuran antara tepung buckwheat, lada, garam, serta kentang. Kemudian satukan komponen itu dan bentuk menjadi bola-bola bakso. Masak dengan sedikit minyak, lalu sajikan.

5. Buckwheat porridge
5 Makanan Populer yang Bisa Dimasak dengan Buckwheat, Lebih Enak!

Bahan yang satu ini akan sangat menarik untuk disajikan sebagai bubur dengan komponen tambahan berupa hidangan manis maupun asin. Selain itu, proses pemasakannya pun sangat sederhana, lho.

Cukup siapkan buckwheat groats yang telah direndam selama beberapa saat, kemudian masak dengan susu dan aneka bumbu perasa. Maka kamu pun bisa menyisipkan berbagai pendamping agar terasa maksimal.

Buckwheat menjadi salah satu tepung pengganti yang dapat dijadikan menu santapan populer, bahkan untuk beberapa sajian bebas gluten sekalipun. Gimana, apakah kamu tertarik untuk membuat salah satu ide makanan di atas?