Hidangan Olahan Ayam Buffalo Sebagai Ide Santapan Keluarga

Hidangan Olahan Ayam Buffalo Sebagai Ide Santapan Keluarga

Hidangan Olahan Ayam Buffalo Sebagai Ide Santapan Keluarga – Sayap ayam adalah sebuah potongan dari sayap ayam yang diolah menjadi makanan. Bagi sebagian besar orang Amerika, Buffalo wings atau menu sayap ayam adalah makanan ringan terpopuler.

Rasanya biasanya pedas, yang bisa bikin penikmatnya berkeringat ketagihan.  Warnanya yang kuning keemasan di goreng hingga terlihat berair (juicy) dari dagingnya. Di dalam istilah masakan barat, nama buffalo tidak selalu merujuk pada hewan seperti kerbau, lho.

Justru nama ini acap kali disematkan dalam olahan ayam. Buffalo chicken  adalah masakan berbahan baku daging ayam yang sering kali dimasak dengan cara digoreng garing. Kemudian komponen itu akan disantap bersama saus pedas dari mentega dan cabai cayenne.

1. Buffalo chicken wings
5 Hidangan Ayam Buffalo sebagai Ide Santapan Pedas Populer

Membahas soal buffalo chicken belum lengkap kalau tidak menyertakan sayap ayam sebagai salah satu bintang utama.

Makanan inilah yang membawa buffalo chicken sampai pada beragam kreasi lainnya. Bahkan proses pembuatan buffalo chicken wings terasa sangat mudah sebab tidak memerlukan waktu yang lama.

Sebelumnya, siapkan sayap yang telah dibersihkan. Lalu panggang atau goreng sampai matang. Di panci terpisah, masak saus cabai bersama mentega, bubuk cabai, cuka, gula cokelat, dan tambahan garam.

Setelah rasanya pas, maka campurkan sayap ayam, lalu aduk sampai semua menempel dengan rata. Sajikan dengan blue cheese.

2. Buffalo chicken dip
5 Hidangan Ayam Buffalo sebagai Ide Santapan Pedas Populer

Pada kreasi makanan kali ini, buffalo chicken dapat dijadikan inspirasi dalam pembuatan saus cocol yang creamy dan gurih. Bahkan, komponen itu dapat disantap bersama aneka hidangan mulai dari roti, biskuit, atau daging-dagingan.

Bahan yang diperlukan dalam membuat buffalo chicken dip terkesan sederhana. Gunakan saus sambal pedas bersama cream cheese, blue cheese, saus salad ranch, dan irisan daging ayam yang telah dimasak. Panggang semua bahan, lalu sajikan.

3. Buffalo chicken pizza
5 Hidangan Ayam Buffalo sebagai Ide Santapan Pedas Populer

Gak kalah beken dengan hidangan-hidangan sebelumnya, masakan asal Italia berupa pizza pun tetap nikmat apabila dikolaborasikan bersama ayam buffalo menggugah selera ini, lho.

Komponen yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan masakan lain. Pertama-tama siapkan dough pizza. Lalu oleskan dengan saus sambal pedas, bawang-bawangan, suwiran ayam matang, mozarella, dan blue cheese.

4. Buffalo chicken grilled cheese
5 Hidangan Ayam Buffalo sebagai Ide Santapan Pedas Populer

Bila selama ini grilled cheese hanya diketahui mengandung rasa gurih akibat penggunaan setumpuk keju, maka menambahkan buffalo chicken akan mengundang sensasi pedas yang membuatmu ketagihan.

Sebelumnya, buat campuran keju menggunakan blue cheese, cream cheese, bumbu perasa, dan bubuk cabai. Sementara ayam bisa disuwir dan aduk dengan saus sambal pedas, serta saus salad ranch.

Oleskan masing-masing adonan ke dalam roti yang telah disiapkan. Kemudian masak di atas lelehan mentega sampai kedua sisi matang kecokelatan.

5. Buffalo chicken pasta
5 Hidangan Ayam Buffalo sebagai Ide Santapan Pedas Populer

Kenikmatan buffalo chicken berikutnya bisa didapat melalui proses pemasakan pasta. Kamu bebas menggunakan jenis apapun mulai dari spageti, penne, makaroni, maupun linguine.

Dalam membuat sajian ini, racik saus dengan menambahkan saus sambal pedas, blue cheese, ayam matang, dan cream cheese. Setelah itu, aduk bersama pasta yang telah direbus memakai kaldu.

Buffalo chicken ini dapat dijadikan inspirasi dalam mengolah makanan pedas berbahan dasar ayam nikmat. Buffalo chicken sendiri pun memiliki banyak kreasi menarik, seperti lima santapan di atas untuk menjadi inspirasi olahan tambahan.

Pada tahun 2014, menandai ulang tahun ke-50 menu ini yang memang sangat klasik. Tiga aturan menu sayap ayam secara Amerika Serikat yang selama ini dipatuhi, di antaranya tidak menggunakan tepung roti, selalu digoreng, dan sausnya harus menggunakan mentega dengan rasa pedas.

Menu sayap ayam di Korea disebut saus gojujang. Bumbunya selalu menggunakan pasta cabai khas Korea, kecap, bawang putih, jahe, dan minyak wijen, bersama dengan cuka beras pedas dan madu manis. Sebelum dimasak, sayap ayam dicelupkan ke dalam bubur tepung, tepung jagung, dan air, kemudian segera digoreng dalam minyak panas sebanyak dua kali. Pertama, untuk mematangkan sayap ayam dan kedua kali untuk membuatnya garing.