Dessert yang Bisa Dicicipi Kala Berkunjung ke Afrika Selatan

Dessert yang Bisa Dicicipi Kala Berkunjung ke Afrika Selatan

Dessert yang Bisa Dicicipi Kala Berkunjung ke Afrika Selatan – kuliner sama dengan hasil olahan dari masakan yang berupa lauk pauk, panganan serta minuman. Kuliner juga tidak terlepas dari aktivitas masak-memasak yang berkaitan dengan konsumsi makanan. Kuliner negara-negara di Benua Afrika lebih banyak dikenal dari negara seperti Mesir dan Maroko.

kuliner diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas masak-memasak. karena masakan merupakan hasil olahan dari kegiatan masak-memasak maka masakan juga dapat dianggap sebagai kuliner. Contohnya qatayef dan kunafah asal Mesir yang menjadi dessert andalan di beberapa negara Afrika lainnya.

Namun, kuliner khas Afrika gak cuma itu saja. Sebab, Afrika Selatan juga punya ragam kuliner yang tak kalah unik. Mulai dari hidangan utama hingga dessert semuanya ada di negara ini. Apa saja dessert yang bisa dicicipi kala berkunjung ke Afrika Selatan? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Malva Pudding
5 Dessert Favorit Asal Afrika Selatan yang Menggugah Selera, Nikmat!

Nama malva merupakan kata dalam bahasa Afrika yang berarti marshmallow, sesuai dengan namanya tekstur puding ini padat dan berisi. Berbeda dari puding lainnya, malva merupakan jenis puding Inggris yang berbentuk bak sponge cake.

Menggunakan selai aprikot, dessert tradisional ini selalu disajikan selagi masih hangat. Untuk pelengkapnya, malva dinikmati bersama es krim, saus creamy atau custard.

2. Hertzoggies
5 Dessert Favorit Asal Afrika Selatan yang Menggugah Selera, Nikmat!

Afrika Selatan memang suka dengan selai aprikot, karena cookies gabungan biskuit dan pastry ini juga menggunakan selai aprikot sebagai isian. Selai aprikot ini biasanya dicampur bersama gula, putih telur kocok, dan barulah ditambahkan kelapa kering.

Tekstur kelapa kering yang gurih dan selai aprikot yang lembut menyatu dalam kue nikmat ini. Oleh karena itu, hertzoggies sering dinikmati bersama dengan secangkir teh di Afrika Selatan.

3. Melkkos
5 Dessert Favorit Asal Afrika Selatan yang Menggugah Selera, Nikmat!

Untuk kamu pecinta dessert hangat dan lembut, melkkos wajib untuk kamu cicipi. Bisa disajikan sebagai dessert atau hidangan biasa, melkkos terbuat dari susu, tepung, garam dan mentega yang dimasak bersama.

Untuk menambah kesegaran, naartjie atau sejenis jeruk asal Afrika Selatan juga biasanya ditambahkan ke dalam dessert. Nikmat dihidangkan saat musim dingin, melkkos disajikan bersama dengan taburan kayu manis.

4. Koeksister
5 Dessert Favorit Asal Afrika Selatan yang Menggugah Selera, Nikmat!

Mirip dengan roti kepang asal Indonesia, koeksister terbuat dari adonan tepung yang dibentuk mengepang lalu digoreng. Berbeda dari milik Indonesia, koeksister memiliki bentuk yang lebih mungil.

Untuk menikmati koeksister, roti ini dicelup dengan sirup gula lalu ditaburi kayu manis. Koeksister banyak ditemukan dipenjuru Afrika Selatan, bahkan di supermarket.

5. Melktert
5 Dessert Favorit Asal Afrika Selatan yang Menggugah Selera, Nikmat!

Sesuai namanya yang memiliki arti milk tart, susu merupakan bahan utama dalam hidangan satu ini. Melktert menggunakan pastry sebagai bagian luarnya, lalu ditambah susu, tepung, gula dan telur merupakan campuran untuk isiannya.

Tart ini bisa disajikan selagi hangat atau dingin dan disajikan dengan taburan kayu manis. Saking populernya, melktert punya hari perayaan yang disebut National Milk Tart Day di Afrika Selatan.

Punya ragam dessert yang mengunggah selera, kamu juga bisa mencoba membuat kelima hidangan penutup di atas di rumah. Tak hanya unik, rasa yang ditawarkan oleh masing-masing dessert pun punya daya tarik tersendiri. Ada yang sudah pernah kamu coba?