Deretan Tips Membuat Hidangan Chicken Nanban Agar Berhasil

Deretan Tips Membuat Hidangan Chicken Nanban Agar Berhasil

Deretan Tips Membuat Hidangan Chicken Nanban Agar Berhasil – Chicken nanban adalah contoh “yoshoku” atau sebutan makanan barat yang diadaptasi oleh orang Jepang. Chicken nanban adalah salah satu makanan barat yang diadaptasi menjadi sesuai selera lidah orang Jepang.

Chicken nanban terkenal berasal dari Prefektur Miyazaki, daerah selatan di Jepang. Di Indonesia, olahan ayam goreng bersaus ini begitu populer. Kebanyakan, restoran Jepang di Indonesia menjual sajian ini dalam bentuk menu ricebowl.

Bagi kalian yang ingin mencobanya, kamu tentunya bisa membuatnya di rumah. Sebelum membuat, alangkah baiknya untuk menyimak deretan tips berikut agar hidangan buatanmu berhasil, meski saat pertama kali membuat.

1. Tambahkan telur dan tepung ke dalam marinasi ayam
5 Tips Bikin Chicken Nanban, Olahan Ayam Goreng asal Jepang

Marinasi ayam dengan bawang putih, air jahe, kecap asin, kaldu ayam, dan telur, lalu aduk rata. Setelah itu, tambahkan gula dan tepung serbaguna, aduk, lalu tutup dengan cling wrap.

Penambahan telur dan tepung selain untuk menambah rasa, juga akan membuat tekstur ayam lebih empuk.

2. Marinasi ayam minimal selama 1 jam 
5 Tips Bikin Chicken Nanban, Olahan Ayam Goreng asal Jepang

Setelah ayam ditutupi cling wrap, biarkan selama satu jam agar bumbunya lebih meresap dan tekstur ayam akan lebih lembut. Kamu bisa diamkan ayam selama 1-2 jam di suhu ruang, atau masukkan kulkas jika ingin mendiamkannya lebih lama.

Kamu bisa mendiamkan ayam yang dimarinasi di kulkas hingga semalaman. Hal tersebut akan membuat daging lebih menyerap bumbu-bumbu dan membuat teksturnya lebih lembut.

3. Keluarkan ayam 1 jam sebelum dimasak 
5 Tips Bikin Chicken Nanban, Olahan Ayam Goreng asal Jepang

Sebelum proses masak, pastikan ayam sudah dalam suhu ruang. Pastikan kamu sudah mengeluarkan ayam dari kulkas 1 jam sebelum dimasak. Hal tersebut agar proses pematangan ayam saat dimasak matang hingga ke bagian dalam.

Jika digoreng saat suhunya masih dingin, ayam akan lebih lama matang dan daging bagian dalam ayam akan masih mentah.

4. Jangan gunakan telur sebagai pelapis adonan basah
5 Tips Bikin Chicken Nanban, Olahan Ayam Goreng asal Jepang

Biasanya, telur dijadikan opsi untuk melapisi tepung sebagai adonan basah. Perlu kamu ketahui, usahakan jangan gunakan telur sebagai pelapis adonan basah, karena hal itu akan membuat teksturnya lembek setelah dingin.

Jika kamu ingin menambah tekstur tepung menjadi lebih crunchy, kamu bisa menambahkan baking powder pada adonan tepung serbaguna dan air. Pastikan konsentrasi tepung basah cukup cair, agar teksturnya renyah dan tidak menggumpal saat digoreng.

5. Mirin dapat diganti dengan jus apel 
5 Tips Bikin Chicken Nanban, Olahan Ayam Goreng asal Jepang

Untuk membuat saus nanban, biasanya lebih autentik menggunakan mirin. Namun, mirin bisa diganti dengan jus apel, sehingga rasanya masih mendekati autentik sekaligus membuat hidangan ini halal.

Untuk cara pembuatannya, panaskan wajan, masukkan kecap asin, gula palem, cuka, mirin, wakame, masak hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan katsuobushi dan jahe, masak sebentar, saring dan pindahkan ke mangkuk.

Jika kamu menerapkan poin-poin di atas, sudah dipastikan hidanganmu anti gagal meski saat pertama kali coba. Selamat mencoba, ya!