Deretan Makanan Paling Enak & Terkenal yang Ada di Asia

Deretan Makanan Paling Enak & Terkenal yang Ada di Asia

Deretan Makanan Paling Enak & Terkenal yang Ada di Asia – Setiap makanan  terbuat bahan yang berbeda dan melalui proses pengolahan yang berbeda akan menghasilkan cita rasa yang unik. Dari negara mana yang menjadi makanan terenak di dunia?  Setiap negara di dunia memiliki kuliner yang beragam dan ciri khasnya masing-masing.

Ada yang bercitarasa pedas, gurih, manis, hingga rasa lain yang belum pernah terbayangkan. Ada pula yang memiliki aroma rempah yang tajam. Semua itu tidak lepas dari kebudayaan masyarakatnya.  Asia menjadi rumah bagi berbagai kuliner lezat dan unik. Mulai dari yang bercita rasa manis, pedas, gurih, hingga gabungan dari banyak rasa dapat kamu temukan di Asia.

Beberapa makanan Asia yang sudah mendunia adalah sushi, tom yum, dan pad thai. Namun, selain tiga hidangan tersebut, masih banyak hidangan khas Asia lain yang sudah mendunia, tapi masih belum familier di telinga. Baru-baru ini, CNN Travel membuat update pada artikelnya yang berjudul “The World’s 50 Best Foods.” Beberapa hidangan dalam daftar tersebut ternyata berasal dari Asia, lho.

1. Massaman curry, Thailand
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Hidangan yang berasal dari negeri Gajah Putih ini menempati urutan teratas pada daftar makanan terbaik, lho. Massaman curry sendiri merupakan hidangan yang lahir di bawah pengaruh bangsa Persia.

Cita rasanya pedas, manis, dan gurih. Selain itu, rasanya sangat kaya akan rempah-rempah karena mengandung berbagai jenis rempah, seperti kapulaga, kayu manis, adas manis, dan pala.

2. Sushi, Jepang
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Hidangan khas Jepang satu ini tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Selain nikmat, sushi sangat terkenal dengan bentuk dan tampilan yang khas dan menarik.

Makanan ini  umumnya terbuat dari nasi yang dicampur cuka beras. Kemudian, sushi dibentuk seukuran satu suapan, lalu diberi topping berupa potongan ikan mentah segar, telur, udang, serta berbagai macam topping lainnya.

3. Peking duck, Tiongkok
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Peking duck atau disebut bebek peking menempati urutan kelima dalam daftar makanan terbaik di Asia setelah sushi. Meskipun berasal dari Tiongkok, hidangan oriental satu ini sudah sangat mendunia, sehingga saat ini mudah ditemukan di banyak negara, salah satunya di Indonesia. Kamu sudah pernah mencicipinya belum, nih?

4. Rendang, Indonesia
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Berada di urutan ke-11 dalam daftar hidangan terbaik, makanan satu ini merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Rendang dibuat dari olahan daging sapi yang dimasak bersama santan dan berbagai rempah hingga lembut.

Untuk menghasilkan daging yang empuk, rendang perlu dimasak dengan suhu api rendah dan dalam waktu yang lama. Cita rasa dari hidangan yang satu ini dominan asin dan pedas. Bumbunya pun meresap dengan sempurna, lho.

5. Pho, Vietnam
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Datang dari Vietnam, pho masuk ke dalam daftar hidangan terbaik di urutan ke-28. Pada umumnya, pho dibuat dari bahan utama berupa kaldu sapi dan mi yang terbuat dari beras. Kemudian, pho diberi topping berupa taoge, daun basil, dan daun ketumbar.

Pho memiliki bau khas yang aromatik, serta cita rasa gurih menyegarkan dan tidak menyengat di lidah. Hidangan satu ini biasanya disantap sebagai menu sarapan.

6Goi cuon, Vietnam
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Masih dari Vietnam, goi cuon atau yang yang disebut lumpia Vietnam ini sangat cocok untuk menjadi santapan makan siang atau pun sebagai hidangan pembuka. Camilan ini menempati urutan ke-30 di daftar makanan terbaik.

Goi cuan umumnya terdiri dari udang, rice noodles, herbs, dan berbagai sayuran yang digulung menjadi satu menggunakan rice paper. Makanan ini sangat mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan sesuai selera.

7. Ankimo, Jepang
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Apakah kamu familier dengan makanan satu ini? Jika jawabannya tidak, maka kamu gak sendirian. Hidangan khas Jepang ini memang tidak sepopuler sushi. Meski begitu, ankimo tetap terasa nikmat. Ankimo bahkan masuk urutan ke-32 dalam daftar hidangan terbaik.

Hidangan Jepang yang satu ini dibuat dengan hati ikan monkfish atau ikan biksu. Ankimo sering dijuluki foeie gras of the sea karena memiliki rasa dan tekstur seperti foeie gras.

8. Chili crab, Singapura
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Ngomongin tentang hidangan terbaik, tak lengkap rasanya kalau tidak membahas makanan yang satu ini. Sesuai namanya, chili crab atau kepiting cabai merupakan makanan khas Singapura yang terbuat dari kepiting dengan cita rasa manis dan pedas.

Jenis kepiting yang digunakan umumnya kepiting lumpur. Kepiting tersebut dimasak dengan saus berbahan dasar cabai dan tomat. Kepiting cabai diakui sebagai hidangan terbaik di dunia pada urutan ke-35.

9. Stinky tofu, Tiongkok
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Jangan terkejut ketika mendengar namanya, camilan satu ini memang memiliki bau tidak sedap karena dibuat dari tahu yang difermentasikan. Meskipun baunya kurang sedap, stinky tofu ternyata lezat, kok.

Stinky tofu dihidangkan bersama kecap asin atau sambal untuk menutupi bau dan menambah rasa. Untuk kamu yang ingin mencoba hidangan ini, siapkan dirimu karena rasa hidangan ini akan menyengat di saat pertama kali kamu mencobanya.

10. Som tam, Thailand
10 Makanan Paling Enak di Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Hidangan terakhir ini merupakan makanan berupa salad yang bahan utamanya adalah irisan pepaya mentah. Som tam terasa asam dari limau, pedas dari cabai, manis dari gula, asin, serta gurih dari kecap ikan.

Selain itu, som tam bertekstur renyah dengan sensasi menyegarkan karena menggunakan pepaya mentah.Makanan tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan suatu daerah, bahkan seringkali kita mengingat satu negara akibat makanan khasnya yang terkenal.

Di setiap negara tentunya terdapat makanan andalan yang menjadi kebanggaan hingga disebut sebagai makanan terenak di dunia.