Deretan Makanan Lezat Berbahan Telur Dengan Ciri Khas Turki

Deretan Makanan Lezat Berbahan Telur Dengan Ciri Khas Turki

Deretan Makanan Lezat Berbahan Telur Dengan Ciri Khas Turki – Masakan Turki adalah warisan dari masakan Utsmaniyah, yang dapat dideskripsikan sebagai gabungan dan penyempurnaan masakan Asia Tengah, masakan Timur Tengah dan masakan Balkan.

Masakan Turki juga sebaliknya memengaruhi masakan Asia Tengah, Timur Tengah dan Balkan dan masakan negara-negara tetangga Turki, termasuk masakan Eropa Barat. Telur merupakan salah satu bahan yang dapat dikreasikan menjadi beragam hidangan. Tak heran jika bahan satu ini sering digunakan di berbagai negara untuk diolah sebagai masakan tradisional.

Salah satunya adalah Turki. Beragam olahan telur bisa kamu temukan di Turki. Banyak yang dikombinasikan dengan bahan lainnya. Tentu saja urusan rasa gak perlu ditanyakan, sudah pasti lezat.

1. Midye tava
5 Makanan Lezat Khas Turki Berbahan Dasar Telur, Bikin Ngiler! 

Midye tava adalah salah satu makanan jalanan khas Turki yang disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan. Hidangan ini terdiri dari kerang goreng yang dilapisi tepung dan telur.

Disajikan dengan tusuk sate, midye tava bisa juga sebagai isian roti, lho. Untuk menambah kenikmatan, makanan ini biasanya disandingkan dengan saus yang terbuat dari yoghurt dan bawang putih.

2. Kabak mücveri
5 Makanan Lezat Khas Turki Berbahan Dasar Telur, Bikin Ngiler! 

Zukini goreng khas Turki ini disebut sebagai kabak mücveri. Makanan ini merupakan lauk sederhana dan lezat yang dibuat dari zukini parut, telur, daun bawang, adas segar, dan tepung.

Kabak mücveri digoreng sampai berwarna keemasan. Biasanya, makanan ini disajikan bersama yoghurt tawar atau saus berbasis yoghurt juga.

3. Menemen
5 Makanan Lezat Khas Turki Berbahan Dasar Telur, Bikin Ngiler! 

Menemen adalah sebutan telur orak-arik khas Turki yang dikombinasikan dengan tomat, paprika, dan bawang bombay. Jika menemen dijadikan sebagai hidangan utama, biasanya bahan yang jadi pendamping adalah keju, bayam, potongan sosis, dan bawang bombay.

Umumnya, menemen dijual di tempat sarapan atau makan siang di Turki. Sebagian besar tempat makan Turki menyajikan menemen dalam panci bersama dengan wadah besar berisi roti sebagai pelengkap.

4. Su böreği
5 Makanan Lezat Khas Turki Berbahan Dasar Telur, Bikin Ngiler! 

“Su” dalam Bahasa Turki artinya “air” sedangkan “böreği” berarti “borek” yang merupakan keluarga dari jenis pastri panggang. Adonan dibuat dengan telur dan tepung yang terdiri dari beberapa lapis.

Setiap lapisan direbus sebentar, lalu diolesi mentega dan diletakkan satu sama lain dalam loyang. Secara tradisional, su böreği diisi dengan peterseli dan beyaz peynir (keju khas Turki yang mirip dengan keju feta).

Su böreği dikatakan sebagai varietas borek Turki yang memiliki reputasi sebagai salah satu borek yang paling sulit untuk dibuat. Kamu tertarik untuk mencobanya?

5. Yumurtalı pide
5 Makanan Lezat Khas Turki Berbahan Dasar Telur, Bikin Ngiler! 

Yumurtalı pide adalah salah satu sarapan terbaik Turki yang tersedia di berbagai toko roti dan warung pinggir jalan. Hidangan ini dibuat dari adonan yang lembut, kenyal dan berbentuk oval, seperti kebanyakan roti tradisional Turki.

Menu sarapan ini umumnya dibuat dengan memecahkan telur di tengah roti, lalu dimasak beberapa menit sebelum proses pemanggangan berakhir. Pinggirannya renyah dengan telur lembut di tengahnya.

Orang Utsmaniyah mencampur berbagai masakan tradisional mereka dengan unsur-unsur masakan Timur Tengah. Selain itu, mereka juga mencampur unsur-unsur masakan tradisional bangsa Turkik dengan masakan orang Asia Tengah, misalnya pemakaian yogurt dalam berbagai masakan.

Selain makanan khas Turki yang dapat ditemui di seluruh negeri, masakan Turki mengenal berbagai masakan daerah. Masakan kawasan Laut Hitam (Turki utara) banyak memakai jagung dan anchovi. Turki tenggara (Urfa, Gaziantep, dan Adana) terkenal dengan hidangan seperti kebab, meze, dan hidangan penutup seperti baklavakadayıf, dan künefe.