Deretan Makanan Khas Turkmenistan dengan Selera Menarik

Deretan Makanan Khas Turkmenistan dengan Selera Menarik

Deretan Makanan Khas Turkmenistan dengan Selera Menarik – Turkmenistan, juga dikenal sebagai Turkmenia. Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan. Turkmenistan merupakan salah satu negara Asia Tengah yang mempunyai pemandangan alam yang begitu memukau. Negara ini juga memiliki beragam kuliner khas yang mampu membuat wisatawan ketagihan sekali coba.

Banyak makanan yang disajikan, mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, dessert, Dilansir dari Live22 APK hingga kudapan. Semua makanan tersebut terkenal lezat dan nikmat. Berikut tujuh makanan khas Turkmenistan dengan cita rasa menggoda, wajib coba!

1. Shashlyk

Shashlik (artinya daging tusuk) aslinya dibuat dari daging domba. Sekarang, hidangan tersebut juga terbuat dari daging babi dan daging sapi tergantung pada preferensi lokal dan hukum agama.

Shashlyk merupakan makanan yang berupa potongan daging yang ditusuk. Daging ini biasanya berupa daging domba yang dipanggang di atas api terbuka yang terbuat dari haloxylon. 

Haloxylon adalah semak mirip pohon yang tumbuh di Gurun Karakum Turkmenistan yang luas dan memberikan rasa pada daging yang dimasak di atasnya.

2. Kovurma

Kavurma adalah jenis hidangan daging goreng atau tumis yang banyak ditemukan dalam masakan Turki. Nama ini juga mengacu pada versi kalengan atau diawetkan dari hidangan serupa, disiapkan dengan menggoreng kering daging untuk menurunkan lemak.

Kovurma merupakan daging yang dipotong kecil-kecil dan digoreng atau ditumis dengan lemak hewani. Makanan ini dianggap sebagai salah satu hidangan paling lezat dan bisa dimakan baik panas maupun dingin.

Untuk membuatnya memerlukan bahan-bahan seperti daging sapi, bawang bombay, bawang putih, paprika hijau dan merah, tomat merah, daun bawang, saus sambal, kentang, lada hitam, dan terakhir garam.

3. Shurpa

Chorba adalah salah satu dari berbagai jenis sup atau rebusan yang ditemukan dalam masakan nasional di Balkan, Afrika Utara, Eropa Timur, Asia Tengah, dan Timur Tengah.

Shurpa merupakan salah satu sup khas Turkmenistan yang sekilas mirip dengan sayur sop asal Indonesia. Tak hanya populer di negara ini, sup ini juga terkenal di negara Asia Tengah lainnya. Sup terbuat dari kaldu kambing dan lengkap dengan tambahan kentang dan tomat.

Kemudian terdapat tambahan sayuran dan bumbu, seperti bawang goreng, wortel, tepung terigu, daun salam, garam dan merica. Setelah selesai, selanjutnya sup ditambakan dengan sesendok krim asam dan ditaburi dengan daun seledri.

4. Manti

Manta, adalah jenis pangsit yang populer di sebagian besar hidangan Turk, serta dalam masakan Kaukasus Selatan, Asia Tengah, Afghanistan, Balkan, Yahudi Bukharan, Muslim Tiongkok.

Manti merupakan pangsit yang diisi dengan daging, bawang, garam dan lada hitam dan merah. Cara pembuatannya yaitu dimasak dalam kukusan bertingkat atau ditumis.

Cara penyajiannya yaitu ditambahkan dengan saus yogurt atau hanya dengan merica. Selain dikukus, makanan ini juga memiliki versi yang digoreng dan memiliki warna yang kecokelatan.

5. Chorek

Chorek merupakan roti pipih khas Turkmenistan dibuat di tamdyr, yaitu oven tanah liat, yang dianggap sebagai tempat paling suci di sebuah rumah.

Menurut tradisi, makanan ini tidak boleh dipotong atau dipatahkan sembarangan dengan satu tangan. Melainkan harus dipecah dengan kedua tangan. Membalik sepotong chorek menghadap ke bawah atau membuangnya juga dilarang.

6. Pilaf

Pilaf, pulao adalah hidangan dari beras atau bulgur yang ditumis bersama rempah-rempah di dalam minyak (mentega) hingga kekuningan dan ditanak dengan air kaldu.

Pilaf merupakan makanan yang terdiri dari nasi dan daging. Penduduk negara ini lebih suka menggunakan daging domba. Cara pembuatannya yaitu dengan membumbui campuran nasi yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah, lada, bawang, sayuran yang dipotong tipis, dan terkadang menambahkan buah segar atau kering.

Sedangkan untuk bagian daging, dipanggang dengan potongan bawang bombay dan wortel, kemudian direbus bersama nasi hingga berubah menjadi kuning cerah.

7. Gutap

Gutap dalam bahasa Indonesia berarti bulan sabit. Makanan ini merupakan sejenis roti pipih yang diisi dengan daging sapi atau domba dan bawang. Cara membuatnya yaitu dimasak dalam wajan di atas kompor, dan dimakan dengan satu tangan. Makanan ini memiliki beragam varian isi, mulai dari daging, kentang, bayam, atau labu.

Turkmenistan mempunyai banyak kuliner yang sukses menggugah selera. Makanan ini juga menjadi buruan wisatawan saat berkunjung. Tertarik mencoba?