Deretan Makanan Berkuah yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Deretan Makanan Berkuah yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Deretan Makanan Berkuah yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan – Musim hujan memang paling nikmat menyantap makanan berkuah hangat. Apalagi jika makanan tersebut adalah makanan khas Indonesia. Sebab kuahnya tak cuma hangat, melainkan juga harum rempah dan bumbu.

Memasuki musim penghujan sangat cocok jika menyantap hidangan berkuah. Umumnya, hidangan berkuah disajikan dengan cita rasa gurih, segar, serta sebagian terasa pedas. Menyeruput segarnya hidangan berkuah di kala hujan dan dingin bikin badan rileks.

Tak perlu repot keluar rumah untuk menyantap hidangan berkuah tersebut, cukup meraciknya di rumah dengan bumbu sederhana yang ada di dapur. Berikut lima rekomendasi makanan berkuah yang bisa kamu hidangkan saat musim hujan tiba.

1. Bakso
5 Makanan Berkuah Khas Indonesia yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Bakso merupakan salah satu menu berkuah yang mudah ditemukan. Perpaduan bihun, pangsit, tahu, seledri, serta daging bakso membuat menu ini terasa segar dan sangat gurih.

Jika tak ingin repot membuatnya, kamu bisa membeli bakso yang sudah jadi di kedai atau warung terdekat. Biar makin enak, tambahkan kuah kaldu yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. Menyantap bakso dengan beberapa topping saat hujan sangatlah lezat.

2. Seblak
5 Makanan Berkuah Khas Indonesia yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Seblak punya rasa gurih dan pedas yang nikmat. Makanan berkuah khas Bandung ini terasa sedikit unik karena ada campuran kencur di dalamnya. Rasa kencur yang mendominasi membuat hidangan ini lebih segar dan nikmat.

Proses pembuatan seblak cukup mudah dan bisa kamu bikin sendiri di rumah. Topping-nya pun beragam, bisa disesuaikan dengan selera kamu. Ada ceker ayam, sosis, dan lainnya.

3. Bakmi godhog
5 Makanan Berkuah Khas Indonesia yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Bakmi godhog merupakan salah satu menu makanan khas Yogjakarta. Godhog dalam bahasa Jawa berarti rebus. Diberi nama bakmi godhog karena pembuatan olahan mi yang satu ini dengan cara direbus.

Bakmi ini biasa disajikan dengan tambahan telur rebus, ayam, dan potongan sawi. Proses pembuatannya yang cukup mudah, sehingga kamu bisa bikin sendiri olahan mi nikmat satu ini. Tambahkan bubuk cabai supaya pedasnya membara!

4. Coto makassar
5 Makanan Berkuah Khas Indonesia yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Makanan khas Makassar ini cukup populer sebagai salah satu kuliner terlezat di Indonesia. Bahan utama pembuatannya adalah daging sapi yang dipadukan dengan bumbu rempah serta irisan daun bawang di atasnya.

Perpaduan rasa kuah yang gurih dan asam terasa nikmat ketika diberi potongan daging sapi dan bihun. Sensasi segar langsung terasa, terlebih ketika disantap saat musim hujan. Kuah hangatnya bikin tubuh rileks banget, deh!

5. Sayur asem
5 Makanan Berkuah Khas Indonesia yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Menu khas Nusantara satu ini mungkin sudah sering menjadi hidangan sehari-hari di rumah. Rasa asam jawa yang mendominasi membuat sayur asem semakin nikmat dan segar.

Sayur asem biasanya dipadukan dengan beberapa isian, seperti jagung manis, kangkung, manisa, kacang panjang, dan beberapa sayur lainnya. Kamu bisa membuat sendiri menu ini di rumah karena proses pembuatannya sangat mudah.

Tentunya masih banyak hidangan berkuah lainnya yang cocok disajikan pada saat musim hujan tiba. Dari kelima rekomendasi di atas, mana yang menarik untuk kamu coba?

Tinggal dan hidup di Indonesia bisa dibilang sebuah keberuntungan, lho. Kita bukan hanya tinggal di negara yang kaya akan wisata alam, tetapi juga kulinernya yang beragam.

Dari Sabang hingga Merauke, hampir kekayaan kulinernya benar-benar melimpah. Ada yang dimasak dengan cara digoreng, tumis, kukus, sampai berkuah. Hidangan berkuah sangat mudah kamu temukan di Indonesia. Kuah hangatnya dijamin bikin rileks