Deretan Hidangan Sarapan Pagi Khas India yang Paling Populer

Deretan Hidangan Sarapan Pagi Khas India yang Paling Populer

Deretan Hidangan Sarapan Pagi Khas India yang Paling Populer – Masakan India adalah masakan dari berbagai kawasan di anak benua India. Ciri khas masakan India adalah penggunaan berbagai rempah-rempah khas India dan sayuran yang tumbuh di India, dan beraneka ragam hidangan vegetarian.

Masakan India juga mencerminkan keanekaragaman iklim, demografi, dan agama. Memang sangat berguna untuk memberikan energi dalam tubuh agar lebih konsentrasi dalam melakukan aktivitas. Berbagai menu sarapan pagi dapat kamu coba mulai dari masakan Malaysia, Timur Tengah, India, dan masih banyak lagi.

Untuk masakan India, negara yang terletak di benua Asia bagian selatan ini dikenal dengan menu sarapan yang lezat dikarenakan diolah dengan berbagai rempah-rempah. Terdiri dari hidangan yang memiliki kandungan nutrisi serta karbohidrat tinggi.

1. Palak paneer
5 Menu Sarapan Pagi Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Kenyang!

Palak paneer merupakan makanan paling unik dan terkenal di kalangan masyarakat India. Hidangan ini terdiri dari bahan utama bayam yang dicampur dengan tomat, bawang putih, garam masala, keju dan berbagai rempah-rempah. Dilihat dari bahan pembuatan palak paneer membuat hidangan ini sangat cocok disajikan bagi vegetarian yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Saat sarapan, palak paneer sering disajikan bersama roti pipih atau nasi di sampingnya. Dalam bahasa India, palak memiliki arti bayam sedangkan paneer merupakan jenis keju yang digunakan.

2. Appam
5 Menu Sarapan Pagi Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Kenyang!

Appam dapat dikatakan sebagai pancake versi India yang dibuat dari campuran tepung beras dan santan hingga membentuk sebuah adonan. Setelah itu, adonan dimasukan dalam cetakan atau langsung dituangkan ke atas panci yang telah panas. Secara tradisional, appam dinikmati dengan kuah kari pedas walaupun perpaduan rasanya agak aneh bagi sebagian orang.

Tidak hanya di India, appam juga sangat terkenal di berbagai negara seperti Sri Lanka dan Suriah. Makanan ini sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan di India pada pagi hari.

3. Chana masala
5 Menu Sarapan Pagi Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Kenyang!

Berwisata ke Gujarat jangan lupa untuk mencicipi chana masala yang menjadi hidangan khas dari daerah tersebut. Cocok bagi yang tidak suka sarapan berat. Makanan ini juga menjadi alternatif terbaik bagi vegetarian.

Bahan pembuatannya terdiri dari sayur-sayuran seperti kentang dan buncis yang dimasak dalam kuah kari yang memiliki rasa yang sangat tajam. Selain untuk menu sarapan, chana masala juga cocok dinikmati sebagai camilan yang sering ditemui di kantin-kantin kantoran dan sekolah.

4. Chole bhature
5 Menu Sarapan Pagi Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Kenyang!

Chole bhature pertama kali ditemukan di wilayah ibukota India, New Delhi, pada 1940-an. Hidangan ini merupakan gabungan dari dua jenis makanan, yaitu kari kacang pedas dan roti goreng yang terbuat dari jenis tepung maida.

Sebagai pelengkap, chole bhature juga dapat dimakan bersama acar, chutney mint dan lassi dingin. Biasanya, sebagian besar dari pedagang chole bhature di India menjual hidangan ini dengan menggunakan gerobak.

5. Onion uttapam
5 Menu Sarapan Pagi Khas India yang Paling Terkenal, Bikin Kenyang!

Lezat dan praktis, union uttapam menjadi hidangan sarapan pagi yang cocok dibuat untuk keluarga. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk membuat onion uttapam. Bahan-bahannya terdiri dari dosa batter (adonan kue khas India) kemudian pada bagian atasnya diberi berbagai macam sayuran sebagai toping seperti irisan bawang, wortel dan cabe hijau.

Hidangan ini memiliki karbonhidrat yang cukup tinggi sebagai sumber energi di pagi hari. Nah, itulah beberapa menu sarapan pagi khas India yang paling terkenal. Memiliki cita rasa yang berbeda, kelima hidangan di atas dapat dijadikan sebagai hidangan alternatif sarapan pagi yang menggugah selera.

Agama dan kebudayaan India berperan besar dalam perkembangan seni kuliner India. Walaupun demikian, interaksi antarbudaya dengan kawasan yang bertetangga seperti Timur Tengah, Asia Tengah, dan Laut Tengah menjadikan masakan India sebagai percampuran unik dari berbagai masakan Asia.

Dominasi perdagangan rempah antara India dan Eropa oleh pedagang Arab menyebabkan Vasco da Gama dan Christopher Columbus berusaha menemukan rute pelayaran baru ke India, dan mengawali zaman penjelajahan di Eropa. Orang Eropa pada masa kolonial India memperkenalkan teknik memasak Eropa (terutama dari Inggris dan Prancis) kepada orang India, dan menambah keanekaragaman masakan India.

Masakan India juga memengaruhi masakan negara-negara di lain di dunia, terutama masakan Asia Tenggara, khususnya dalam pemakaian rempah-rempah untuk membuat hidangan serupa kari dalam masakan Thailand, masakan Malaysia, dan masakan Indonesia.