Berikut Sajian Jamur yang Cocok Untuk Hari Istimewa Kamu Lho

Berikut Sajian Jamur yang Cocok Untuk Hari Istimewa Kamu Lho

Berikut Sajian Jamur yang Cocok Untuk Hari Istimewa Kamu Lho – Jamur  atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler  dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada juga dengan cara  generatif. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya. Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen. Bagi kamu yang vegetarian, pasti sudah tidak asing lagi mengonsumsi jamur untuk santapan sehari-hari.

Jamur memiliki tekstur mirip daging serta rasa yang tidak kalah gurih sehingga sangat pas untuk Livechat Live22 jadi substitusi daging jika ingin menerapkan pola makan lebih sehat.  Kamu bisa memasak sajian dari jamur sebagai santapan hari raya jika ingin mencoba sesuatu yang baru selain sajian dari daging dan ayam.

1. Sup jamur
Tekstur Mirip Daging, 5 Sajian dari Jamur Ini Cocok untuk Hari Raya  

Sajian berbahan dasar jamur pertama yang bisa kamu buat untuk disantap saat hari raya adalah sup jamur. Selain jamur, kamu butuh kaldu sayuran, all-purpose cream, mentega, bawang putih, dan bawang bombay. Sup jamur cocok disantap selagi hangat bersama dengan roti sebagai pelengkap agar lebih mengenyangkan.

Rasa gurih yang kaya akan jadi poin utama dalam sajian ini, sehingga bisa memuaskan selera makan yang biasanya naik ketika hari raya tiba.

2. Sauteed mushrooms
Tekstur Mirip Daging, 5 Sajian dari Jamur Ini Cocok untuk Hari Raya  

Jamur yang dimasak dengan cara di-saute akan jadi hidangan praktis yang membuat ketagihan. Jamur diberi rempah seperti bawang putih, garam, dan lada hitam lalu dimasak di atas frying pan dengan minyak zaitun atau mentega.

Rasa gurih sauteed mushroom semakin nikmat saat dimakan bersama dengan roti, ayam panggang, atau steak.

3. Mushrooms mac and cheese
Tekstur Mirip Daging, 5 Sajian dari Jamur Ini Cocok untuk Hari Raya  

Mac and cheese dengan tambahan jamur di dalamnya adalah ide santapan hari raya yang unik. Rasa mac and cheese yang sudah gurih dan creamy jadi semakin flavorful dengan jamur sebagai komplemennya.

Jamur juga menambah variasi tekstur ke dalam mac and cheese. Hidangan ini juga cocok untuk anak-anak yang sebagian besar menyukai masakan dengan bahan dasar keju di dalamnya.

4. Kari jamur
Tekstur Mirip Daging, 5 Sajian dari Jamur Ini Cocok untuk Hari Raya  

Kari yang biasanya diisi dengan daging, kentang, dan wortel, bisa kamu kreasikan menggunakan jamur juga, lho. Sajian ini butuh banyak rempah sehingga cocok sekali dihidangkan saat hari raya, di mana masakannya notabene kaya akan cita rasa rempah.

Kari jamur dapat kamu santap dengan nasi atau roti, sesuai selera jenis karbohidrat yang kamu suka.

5. Sate jamur
Tekstur Mirip Daging, 5 Sajian dari Jamur Ini Cocok untuk Hari Raya  

Seperti sate pada umumnya, sate jamur akan memberi rasa gurih yang menggugah selera. Hidangan ini menyenangkan karena kamu akan merasa seperti sedang makan sate ayam atau sate daging saat menyantapnya.

Tidak menggunakan saus kacang, sate jamur bisa kamu kreasikan dengan rempah-rempah dan saus sesuai selera. Saus sambal, garam, dan minyak zaitun adalah contoh olesan yang bisa kamu gunakan saat memasak sate jamur.

Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substrat  yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.