Berikut Resep Membuat Babi Guling Bali yang Cetar & Maknyus

Berikut Resep Membuat Babi Guling Bali yang Cetar & Maknyus

Berikut Resep Membuat Babi Guling Bali yang Cetar & MaknyusBabi guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang perutnya diisikan dengan bumbu dan  sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecokelatan dan renyah.

Jika kamu liburan ke Pulau Dewata Bali, pastinya akan dengan mudah menemukan masakan babi guling yang dijual di mana-mana. Babi guling sendiri merupakan masakan khas Bali yang terbuat dari babi utuh.

Perut babi tersebut diisi dengan bumbu rempah dan sayuran seperti daun ketela pohon. Masakan babi guling biasanya juga disajikan dalam upacara dan hari raya tertentu, seperti Hari Raya Galungan.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan
Resep Membuat Babi Guling Bali, Nikmatnya Bikin Merem Melek

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat babi guling dibagi menjadi dua bahan, yakni bahan utama dan bahan bumbu halus. Berikut daftarnya:

Bahan utama:

  • 1/2 kg daging babi bagian paha (sayat memanjang)
  • minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm angciu
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt bumbu bubuk ngohiong
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
2. Buat bumbu halusnya terlebih dahulu
Resep Membuat Babi Guling Bali, Nikmatnya Bikin Merem Melek

Sebelum memulai proses membuat babi guling, siapkan bumbu halusnya terlebih dahulu. Pertama, siapkan blender, lalu masukkan semua bahan bumbu halus.

Haluskan hingga benar-benar halus dan tercampur rata dengan menggunakan blender. Kalau gak punya blender, kamu bisa menghaluskan bumbu halus dengan cara diulek.

3. Marinasi daging dan simpan di kulkas
Resep Membuat Babi Guling Bali, Nikmatnya Bikin Merem Melek

Setelah bumbu halus jadi, siapkan wadah, masukkan daging dan bumbu halus. Lumuri daging babi dengan bumbu halus hingga merata.

Pastikan semua bagian keratan dan permukaan daging tertutupi bumbu halus. Setelah itu, simpan di dalam kulkas selama kurang lebih satu jam.

4. Panggang menggunakan oven
Resep Membuat Babi Guling Bali, Nikmatnya Bikin Merem Melek

Langkah selanjutnya, panaskan oven hingga suhu 160 derajat Celsius. Masukkan daging babi yang sudah dimarinasi di rak bagian tengah.

Letakkan loyang di rak bagian bawah rak. Fungsi loyang ini, supaya minyak yang keluar dari daging selama proses pemanggangan bisa ditampung. Panggang sampai kulitnya garing sambil sesekali dilumuri bumbu halus.

5. Goreng hingga garing dan krispi
Resep Membuat Babi Guling Bali, Nikmatnya Bikin Merem Melek

Setelah daging babi dipanggang sejenak, keluarkan dari dalam oven. Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu goreng daging babi hingga matang. Pastikan kulitnya benar-benar garing, supaya hasilnya krispi. Kalau sudah, angkat dan tiriskan. Potong-potong babi guling sesuai selera. Gimana, sudah ngiler duluan? Daripada hanya membayangkan kenikmatannya, yuk langsung bikin babi guling bali dengan resep di atas!

Awalnya babi guling digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, tetapi saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali dan lainnya.Asal usul babi guling awalnya berawal dari sekumpulan orang orang kei, yang mendiami pulau Kei besar dan Kei kecil. Orang kei adalah yang terbaik dalam mengolah daging babi.

Di Indonesia babi panggang umum disebut babi guling, masakan babi panggang atau bakar jarang ditemukan secara umum karena Indonesia adalah negara mayoritas muslim, kecuali dalam provinsi mayoritas non-muslim, seperti Hindu Bali dan tanah Batak Kristen di Sumatra Utara, orang Minahasa di Sulawesi Utara, Toraja di Sulawesi Selatan, Papua, orang Dayak  di Kalimantan dan juga di antara orang Tionghoa Indonesia.