Berikut Lima Sajian Seafood Khas Skandinavia yang Lezat

Berikut Lima Sajian Seafood Khas Skandinavia yang Lezat

Berikut Lima Sajian Seafood Khas Skandinavia yang Lezat – Sebelum membahas lebih jauh kuliner khas Skandinavia kita bahas sekelumit dulu tentang Skandinavia, Skandinavia merupakan semenanjung yang berada di bagian utara Eropa dan mencakup Denmark, Swedia, dan Norwegia. Negara-negara Skandinavia seperti Islandia, Swedia, Denmark, Finlandia, dan Norwegia terkenal akan hasil lautnya yang melimpah.

Pegunungan Skandinavia merupakan salah satu pegunungan tertua di dunia. Selain pegunungan tertua, Skandinavia juga memiliki banyak wisata alam lain yang bisa dinikmati. Hasil laut ini membuatnya mempunyai beragam seafood dengan rasa yang lezat dan nikmat.

Tidak hanya wisata alam, kuliner khas Skandinavia juga unik dan memiliki rasa yang lezat. Berikut beberapa daftar makanan khas Skandinavia Makanan laut ini bisa berupa telur ikan, Dikutip dari Daftar IDN Poker77 ikan yang dikeringkan, hingga ikan yang bertekstur lembut. Olahan ikan ini juga bisa dikombinasikan dengan beragam menu yang tentu menambak kelezatannya. Berikut lima hidangan seafood khas Skandinavia, lezatnya bikin lidah jatuh hati.

1. Boknafisk
5 Hidangan Seafood Khas Skandinavia, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Hati

Boknafisk merupakan jenis ikan kering yang berasal dari Norwegia, terutama Lofoten dan Vesterålen. Makanan ini umumnya menampilkan ikan kod Atlantik yang dikupas dan selanjutnya digantung hingga kering di rak kayu atau dinding di udara musim dingin.

Ikan ini tidak menggunakan garam dalam proses pembuatannya. Namun, ikan dikeringkan untuk waktu yang singkat. Waktu tersebut dapat berkisar antara dua hingga empat minggu.

2. Kalix Löjrom
5 Hidangan Seafood Khas Skandinavia, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Hati

Kalix löjrom merupakan makanan khas Swedia yang berasal dari telur ikan kecil yang berenang di lepas pantai Kalix di Swedia Utara. Telur harus diambil dengan tangan dari ikan pada hari yang sama ketika ditangkap. Selanjutnya telur dibilas, dikeringkan, lalu diasinkan secara merata.

Hasil akhir dari telur ini akan berwarna jingga. Hal tersebut dikarenakan ikan vendace memiliki kebiasaan makan yang unik.

3. Tørrfisk Fra Lofoten
5 Hidangan Seafood Khas Skandinavia, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Hati

Tørrfisk fra Lofoten merupakan ikan kod Atlantik yang kering alami. Makanan ini tak hanya populer di Norwegia, namun juga terkenal di dunia. Ikan biasanya ditangkap di Lofoten dan Vesterålen yang berlangsung dari bulan Januari hingga April.

Makanan ini memiliki rasa dan aroma ikan yang sedap. Ikan juga identik dengan warna keemasan dengan ukuran antara 40 hingga 90 cm. Biasanya, pengeringan alami ikan dilakukan di loteng datar atau rak pengeringan. Kemudian ikan akan diawetkan dan dimatangkan ketika kadar airnya berkurang.

Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan juga mewah. Makanan ini juga bisa ditambahkan dengan nasi hangat atau berbagai sayuran.

4. Lumpfish Roe
5 Hidangan Seafood Khas Skandinavia, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Hati

Lumpfish roe tak hanya populer di negara Skandinavia seperti Denmark, Islandia, dan Swedia saja, namun hidangan lezat ini juga terkenal di Jerman, Prancis, dan Amerika Serikat. Makanan ini dipanen dari lumpfish yang sebagian besar didapatkan di perairan dingin Atlantik Utara. Telur alaminya biasanya bewarna abu-abu pucat atau merah muda, namun masih memiliki variasi yang lain.

Telur ikan ini memiliki aroma yang ringan dan mempunyai kombinasi rasa yang asin dan agak manis. Makanan ini biasanya dibuat tambahan dengan berbagai makanan seperti salad, sup, atau hidangan utama berbasis makanan laut.

5. Røget Hellefisk
5 Hidangan Seafood Khas Skandinavia, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Hati

Røget hellefisk merupakan makanan khas Denmark yang berasal dari ikan halibut asap. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa berasap yang dalam. Ikan diasinkan sebelum dikeringkan secara perlahan. Proses pengasinan umumnya dilakukan di atas kayu beech.

Hidangan ini biasanya disajikan dalam irisan. Makanan ini juga sering dikombinasikan dengan sandwich smørrebrød dan sayuran segar.