Berikut Lima Kue Khas Serbia Paling Populer dan Nikmat

Berikut Lima Kue Khas Serbia Paling Populer dan Nikmat

Berikut Lima Kue Khas Serbia Paling Populer dan Nikmat – Kue adalah kudapan atau  makanan ringan yang bukan makanan utama. Kue biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Serbia mempunyai beragam kue lezat aneka rasa yang sangat memanjakan lidah.

Kue sering kali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu. Kue tersebut dapat dijadikan camilan, sarapan pagi ringan, atau suguhan saat acara atau pun perayaan penting lainnya.

Kue-kue tersebut juga bisa menjadi teman minum teh terbaik saat santai sore hari. Berikut lima kue khas Serbia paling populer yang nikmat dan bikin lidah jatuh cinta!

1. Gibanica 
5 Kue Khas Serbia yang Paling Populer, Nikmatnya Bukan Main

Gibanica merupakan pai tradisional yang mengombinasikan adonan phyllo atau terkadang diganti dengan adonan ragi dengan campuran krim keju dan telur. Terdapat versi populer dari kue ini, yakni gužvara.

Kue ini berupa lembaran adonan phyllo yang direndam dalam krim keju dan telur ayam. Lembaran kemudian dinbuat berlapis, lalu dipanggang dengan bentuk casserole. Kue ini mengenyangkan dan dapat dihidangkan sebagai camilan atau sarapan yang nikmat.

2. Krofne
5 Kue Khas Serbia yang Paling Populer, Nikmatnya Bukan Main

Krofne punya bentuk seperti donat, namun tidak ada lubang di tengahnya. Kue ini secara tradisional disiapkan dengan adonan beragi yang digoreng hingga keemasan, sehingga renyah di luar. Sedangkan di dalamnya tetap lembut, ringan, dan lapang.

Kue ini bisa dibuat polos, namun seiring perkembangan zaman, kue ini memiliki banyak variasi, mulai dari diberi selai dan puding vanila atau cokelat. Untuk bagian topping, biasanya ditaburi gula atau cokelat yang memberikan tampilan menggoda.

3. Herovke
5 Kue Khas Serbia yang Paling Populer, Nikmatnya Bukan Main

Herovke merupakan kue dengan rasa manis yang nikmat. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain tepung, gula, kuning telur, garam, krim asam, dan rakija atau biasa disebut schnapps lokal.

Semua bahan dicampur hingga membentuk adonan. Namun, pembuatan adonan jangan terlalu keras atau terlalu lembek. Adonan lalu digulung tipis dan dipotong memanjang seperti strip.

Potongan-potongan tersebut digulung menjadi bola-bola kecil. Kemudian, dimasukkan ke alat khusus berupa sendok panjang dengan bagian atas bulat dan ditusuk. Bola-bola kecil digoreng dalam minyak panas sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah.

4. Burek sa sirom
5 Kue Khas Serbia yang Paling Populer, Nikmatnya Bukan Main

Burek sa sirom adalah pai bulat berbentuk gulungan yang diisi keju. Tak hanya populer di Serbia, namun juga di beberapa negara, seperti Bosnia, Herzegovina dan Kroasia. Bahan-bahan yang digunakan adalah 500 gram kulit pai, 300 gram keju, satu dan butir telur.

Sedangkan untuk campuran pelumas kulit pai memerlukan minyak danair asam. Makanan ini bisa dijadikan menu sarapan yang ringan atau kudapan yang cukup mengenyangkan.

5. Pazarske mantije
5 Kue Khas Serbia yang Paling Populer, Nikmatnya Bukan Main

Pazarske mantije bentuknya menyerupai bulatan kecil yang disusun dalam loyang dan dipanggang secara bersamaan. Adonan diregangkan terlebih dahulu, lalu diolesi mentega, kemudian diisi daging giling, garam, merica, bawang bombay, dan minyak.

Setelah diisi, adonan dibentuk menjadi bola-bola kecil yang selanjutnya disusun dalam panci. Setelahnya, adonan akan dipanggang hingga matang.

Kue-kue khas Serbia di atas sangat populer dengan rasanya yang nikmat dan memanjakan lidah. Kue tersebut juga bisa menjadi teman minum teh terbaik. Yuk, buruan cobain!