Berikut Lima Kue Khas Kolombia yang paling Terkenal Lembut

Berikut Lima Kue Khas Kolombia yang paling Terkenal Lembut

Berikut Lima Khas Kolombia yang paling Terkenal Lembut – Kue adalah kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Kue biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue sering kali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.Kolombia terkenal mempunyai beragam dessert yang lezat dan nikmat.

Kue adalah salah satu makanan penutup yang paling mencuri perhatian. Selain karena rasanya yang nikmat, visualnya pun terlihat menggoda. Kue tradisional Nusantara lazim ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia.

Kue juga bisa menjadi suguhan diberbagai perayaan penting seperti Natal, ulang tahun, hingga Paskah. Kue-kue ini juga makin nikmat saat dinikmati dengan segelas teh atau kopi hangat. Berikut 5 kue khas Kolombia yang paling populer, bertekstur lembut dan bikin nagih!

1. Torta de Pastores 
5 Kue Asal Kolombia, Enaknya Bikin Jatuh Cinta dalam Sekali Coba!

Torta de pastores merupakan kue yang terbuat dari kombinasi puding beras, kue bolu yang dihancurkan, mentega, keju, telur, kismis, dan port atau muscat. Kue ini juga membutuhkan bahan seperti pala dan kayu manis untuk memperkuat rasa.

Bahan-bahan tersebut dikombinasikan, lalu dipanggang sampai bagian atasnya mengembangkan warna cokelat keemasan. Kue ini bisa dihidangkan dalam keadaan hangat atau dingin.

2. Torta Envinada 
5 Kue Asal Kolombia, Enaknya Bikin Jatuh Cinta dalam Sekali Coba!

Torta envinada merupakan kue yang terbuat dari adonan mentega, telur, dan tepung. Adonan ini umumnya diperkaya dengan berbagai rempah-rempah, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Warna khas kue didapatkan dari penambahan pewarna karamel.

Setelah kue dipanggang, kue biasanya disiram dengan red wine manis dan dibiarkan terendam selama beberapa hari. Sebelum disajikan, beberapa orang menambahkan kue dengan krim kocok dan juga topping buah-buahan.

3. Torta Maria Luisa 
5 Kue Asal Kolombia, Enaknya Bikin Jatuh Cinta dalam Sekali Coba!

Torta maria luisa tak hanya terkenal di Kolombia, tapi juga populer di El Salvador. Kue ini terbuat dari tepung, gula, telur, mentega, baking powder, jus jeruk, kulit jeruk nipis, selai berry, dan gula bubuk.

Setelah lapisan kue bolu mengalami proses pemanggangan, kue didinginkan terlebih dahulu. Kemudian dirangkai dengan selai berry yang diapit di antaranya.

Gula halus biasanya ditaburkan ke kue untuk membuat kue makin menggugah selera. Meskipun kue ini termasuk kue tradisional, tapi tetap menjadi favorit penduduk lokal hingga saat ini.

4. Torta Negra Colombiana
5 Kue Asal Kolombia, Enaknya Bikin Jatuh Cinta dalam Sekali Coba!

Torta negra Colombiana merupakan kue yang identik dengan warnanya yang hitam pekat. Kue ini menjadi salah satu kue wajib yang dihidangkan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, pembaptisan, dan Natal.

Torta negra Colombiana berisi buah ara, kismis, dan plum. Kue juga dibubuhi dengan port dan rum. Untuk memperkuat rasa, maka kayu manis, cengkeh, dan pala ditambahkan sebagai bumbu.

Bahan pemanis kue biasanya menggunakan gula merah manis yang dibakar. Sementara itu, telur, mentega, tepung, dan baking powder menjadi bahan utama dalam pembuatannya.

5. Pastel Borracho 
5 Kue Asal Kolombia, Enaknya Bikin Jatuh Cinta dalam Sekali Coba!

Pastel borracho merupakan kue bolu yang terdiri dari sirup rum yang dibuat dengan rum hitam, air, dan gula. Sementara itu, crème anglaise dibuat dengan krim kocok, vanila, kuning telur, gula, dan susu evaporasi.

Kue ini umumnya dipotong menjadi dua, kemudian ditutup dengan sirup rum, crème anglaise, dan plum. Setengah lainnya dari kue bolu ditaruh di atas dan prosesnya diulang. Sebelum menghidangkannya, disarankan untuk membiarkan kue hingga dingin.