Berikut Kreasi Makanan dari Ceker Ayam yang Bisa Kamu Coba

Berikut Kreasi Makanan dari Ceker Ayam yang Bisa Kamu Coba

Berikut Kreasi Makanan dari Ceker Ayam yang Bisa Kamu Coba – Ceker ayam adalah bagian kaki ayam yang lazim dikonsumsi. Hidangan ceker ayam dapat ditemukan dalam kuliner Asia, Eropa Timur, Afrika, Karibia dan Amerika Latin. Dalam seni kuliner dunia, hidangan dari ceker ayam dapat ditemukan dalam seni Masakan Tionghoa, Indonesia, Korea, Thailand, Laos,  Malaysia, Filipina, Vietnam, Jamaika, Trinidad dan Tobago, Rusia, Rumania, Afrika Selatan, Peru, Meksiko.

Pada ceker ayam tidak terdapat otot atau daging, jaringan yang dapat dimakan antara lain kulit dan tendon (urat). Ceker ayam merupakan salah satu bagian dari ayam yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ceker ayam ini mempunyai banyak penggemar di seluruh Indonesia.

Makanya tidak heran kamu dapat menemukan berbagai macam makanan olahan yang menggunakan ceker ayam ini sebagai bahan utamanya. Nah, berikut ini ada kreasi makanan dari ceker ayam yang bisa kamu coba, yakni tumis ceker ayam saus tiram. Kamu bisa mencoba resep berikut ini untuk dijadikan referensi menu lauk di rumah.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan
Resep Tumis Ceker Saus Tiram yang Cocok untuk Lauk Pendamping Nasi

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg ceker ayam
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sdm perasan air jeruk nipis
  • 2 sdm saus tiram
  • Secukupnya garam
  • 3 sdm minyak sayur
  • Secukupnya air panas
2. Bersihkan ceker ayam
Resep Tumis Ceker Saus Tiram yang Cocok untuk Lauk Pendamping Nasi

Pertama-tama ambil ceker ayam lalu bersihkan dan cuci dengan menggunakan air hingga benar-benar bersih. Lalu marinasi ceker ayam dengan menggunakan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Kalau sudah, nyalakan api kompor lalu rebus ceker ayam yang sudah dimarinasi tadi hingga ceker menjadi empuk dan matang. Kemudian angkat dan tiriskan. Untuk air rebusannya jangan dibuang karena nanti masih akan digunakan.

3. Iris-iris dan tumis bawang hingga harum
Resep Tumis Ceker Saus Tiram yang Cocok untuk Lauk Pendamping Nasi

Kemudian ambil bawang bombay dan iris-iris sesuai dengan selera. Lalu panaskan sebanyak 3 sendok makan minyak sayur di wajan. Setelah minyaknya panas langsung masukkan irisan bawang bombay, aduk-aduk dan tumis hingga bawang bombay mulai layu dan wangi.

Setelah bawang bombay dirasa sudah mulai layu dan mengeluarkan aroma harum, lanjut masukkan ceker ayam yang sudah direbus tadi. Kemudian aduk-aduk sebentar agar tercampur rata.

4. Tumis ceker ayam hingga matang dan bumbu meresap
Resep Tumis Ceker Saus Tiram yang Cocok untuk Lauk Pendamping Nasi

Kalau sudah rata, langsung tuangkan sedikit air hasil rebusan ceker ayam tadi dan aduk-aduk sebentar. Kemudian masukkan saus tiram dan garam secukupnya ke dalam tumisan ceker.

Koreksi rasanya terlebih dahulu. Setelah dirasa sudah pas, lalu aduk-aduk dan masak hingga mulai tercium aroma wangi dan kuahnya mulai menyusut serta bumbu mulai menyerap ke dalam ceker ayam.

5. Angkat dan sajikan tumisan ceker ayam
Resep Tumis Ceker Saus Tiram yang Cocok untuk Lauk Pendamping Nasi

Lalu angkat dan pindahkan ceker ayam ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Dan tumis ceker ayam saus tiram pun siap untuk disajikan.

Bagaimana resepnya, mudah bukan? Resep tumis ceker ayam saus tiram di atas cocok banget kalau dimakan bersama dengan nasi putih hangat. Dijamin nafsu makanmu akan langsung naik. Selamat mencoba.

Bagi sebagian golongan, ceker ayam dianggap sebagai bagian dari tubuh ayam yang menjijikkan dan kurang disukai. Akan tetapi, bagi yang menyukainya, ceker ayam dihargai dan disukai karena teksturnya yang unik dan lembut, serta rasanya yang gurih. Ceker ayam mengandung protein dan banyak gelatin.

Di Indonesia, ceker ayam lazim dijadikan sebagai makanan balita. Biasanya ceker ayam dimasak sebagai soto atau sup. Dalam hidangan Tionghoa, ceker biasa disajikan sebagai salah satu jenis dim sum. Ceker ayam dapat pula dipisahkan dari tulangnya dan digoreng hingga kering dan renyah menjadi keripik ceker ayam.