Berikut Ide Sajian Olahan Daging Kambing Saat Idul Adha

Berikut Ide Sajian Olahan Daging Kambing Saat Idul Adha

Berikut Ide Sajian Olahan Daging Kambing Saat Idul Adha – Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idulfitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Pusat perayaan Iduladha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Makkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik haji.

Iduladha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan apk poker online idn umat Muslim. Terkadang Iduladha disebut pula sebagai Idulkurban atau Lebaran Haji. Dalam perayaan ini identik diadakan acara penyembelihan hewan kurban, lalu daging kurban tersebut dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Sementara itu, dalam perayaan Idul Adha biasanya masyarakat juga mengolah daging kambing ataupun daging sapi menjadi aneka sajian lezat.

1. Tengkleng
7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

Di daerah Solo memang terkenal memiliki ragam kuliner enak, salah satunya tengkleng. Sekilas, tengkleng mirip dengan gulai kambing ya. Tapi sebenarnya berbeda lho terutama dari segi kuahnya. Jika kuah tengkleng sedikit lebih encer, berbeda pula dengan gulai yang cenderung kental.

Beralih ke bahan pembuatannya, tengkleng identik dibuat dari tulang kambing yang masih memiliki daging atau bisa juga menggunakan tulang iga. Perpaduan gurihnya kuah serta empuknya daging, tengkleng menjadi salah satu sajian yang cocok banget disajikan untuk hari raya Idul Adha.

2. Sate buntel
7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

Olahan daging kambing selanjutnya yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk sajian Idul Adha ialah sate buntel.

Sate buntel sendiri merupakan salah satu kuliner dari Solo yang memiliki cita rasa gurih dan pedas manis. Dibuat dari daging kambing yang dicincang atau digiling hingga halus lalu diberi bumbu sampai merata.

Selanjutnya ambil sedikit adonan, lilitkan pada tusuk sate sambil dikepal-kepal hingga agak gembung lalu dibungkus lemak kambing. Setelah itu dibakar di atas bara api sampai matang. Saat akan menyantapnya, jangan lupa diberi bumbu pelengkap sesuai selera ya biar rasanya makin lezat.

Gimana, enak dan mudah bukan?

3. Kagape
7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

Kagape merupakan salah satu olahan daging kambing khas Jepara. Biasa dihidangkan saat Idul Adha, sekilas kagape agak mirip kari, namun berbeda dari segi pembuatannya.

Kagape menggunakan air asam jawa dan santan kental sebagai ciri khasnya. Sehingga sajian dari Jepara ini memiliki cita rasa asam pedas dan gurih. Sedap banget, deh!

4. Sate kambing
7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

Sama-sama terbuat dari daging kambing, sate kambing dan sate buntel merupakan salah satu kuliner ikonik khas Nusantara paling populer.

Proses pembuatannya sangat mudah. Cukup potong-potong kecil daging kambing lalu tusuk ke dalam tusukan sate. Kemudian dimarinasi bersama bumbu selama beberapa saat, setelah itu dibakar di atas bara api hingga benar-benar matang.

Untuk menkmatinya kamu bisa menggunakan pelengkap sambal kacang atau kecap yang telah diberi irisan bumbu. Cita rasanya pedas, manis, dan gurih cocok banget disajikan saat hari raya Idul Adha.

5. Dendeng batokok
7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

Salah satu lauk yang biasa kamu temui di rumah makan padang ini memang identik terbuat dari daging sapi. Gak melulu daging sapi, kamu juga bisa kok menggunakan daging kambing.

Cara pembuatannya sama saja. Daging sapi atau kambing direbus terlebih dahulu bersama bumbu sampai empuk. Lalu diiris tipis melebar, kemudian dipukul-pukul hingga ukurannya lebih lebar dari sebelumnya.

Setelah itu digoreng sampai kering, lalu diberi bumbu balado. Makanan khas Minang ini cocok banget disajikan pada Idul Adha dengan cita rasanya yang pedas dan gurih. Dijamin deh, semuanya suka!

6. Gulai kambing
7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

Olahan daging kambing paling favorit ini cocok banget nih buat disajikan saat Idul Adha, namanya gulai kambing. Dimasak menggunakan bumbu rempah dan santan, gulai kambing memiliki tekstur daging yang lembut dan juga empuk.

Aroma harum dari rempah yang khas, sajian khas Nusantara ini sangat nikmat jika disantap dengan pelengkap seperti kecap manis pedas, bawang goreng, dan emping.

7. Tongseng kambing
7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

Dimasak dengan bumbu rempah serta diberi sayuran kol dan tomat, tongseng kambing menjadi salah satu sajian yang bisa banget kamu hidangkan saat Idul Adha, lho.

Apalagi buat kamu yang suka dengan sajian berkuah santan, hidangan khas Solo ini benar-benar worth it untuk dipraktikkan di rumah.

Untuk penyembelihan hewan kurban, Menag mengimbau agar dilakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban. Pelaksanaan kurban wajib memenuhi ketentuan:

  • Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat Islam, termasuk kriteria hewan yang disembelih.
  • Pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R).