Berikut Deretan Kuliner Lezat Khas Daerah Kalimantan Barat

Berikut Deretan Kuliner Lezat Khas Daerah Kalimantan Barat

Berikut Deretan Kuliner Lezat Khas Daerah Kalimantan Barat – Makanan khas Kalimantan Barat ada beragam. Setiap makanan khas daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, termasuk di Kalimantan Barat (Kalbar). Kuliner Kalimantan Barat memiliki cita rasa yang didominasi oleh bumbu khas daerah Kalimantan dan racikan bumbu yang berbeda. Makanan khas daerah ini memberikan keberagaman dalam kuliner Nusantara

Beragam cita rasa makanan khas daerah yang diberikan seperti gurih, asin, manis, atau pun bumbu rempah yang kuat dalam suatu masakan yang masing-masing memiliki penggemar. Di Kalimantan Barat terkenal sejumalh kuliner enak. Makanan ini patut dicoba ketika kamu berada di Kalimantan Barat. Indonesia mempunyai beragam jenis makanan khas yang tersebar di sebagian besar wilayahnya. Dari 34 provinsi yang ada, Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah yang mempunyai makanan khas yang sangat lezat.

Mulai dari makanan asin sampai manis bisa ditemui dengan mudah di daerah ini. Tidak hanya soal rasa, bentuk dan proses pengolahan makanan khas dari Kalimantan Barat ini sangat unik dan menarik untuk diketahui. Hal ini akan membuat pengunjung penasaran sehingga tertarik untuk mencobanya. Ditambah lagi, provinsi ini merupakan daerah yang menyediakan surga kuliner bagi siapapun yang datang berkunjung.

1. Kerupuk Basah
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Kerupuk biasanya identik dengan cemilan kering yang digoreng menggunakan minyak panas hingga mengembang. Namun, kerupuk yang satu ini malah sebaliknya. Kerupuk basah atau ada juga yang memanggilnya dengan sebutan temet, mempunyai tekstur yang basah dan kenyal.

Makanan khas daerah kabupaten Kapuas Hulu ini terbuat dari daging ikan sungai. Biasanya dinikmati bersama dengan sambal kacang. Bagi yang kurang suka teksturnya yang basah dan cenderung amis, bisa juga disantap dengan cara digoreng, lho.

2. Bubur Pedas
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Makanan penuh rempah dan daun-daunan asal Kabupaten Sambas ini sudah terkenal dimana-mana. Bubur pedas atau biasa juga disebut bubur paddas merupakan makanan khas melayu yang juga terkenal sampai sarawak, Malaysia.

Makanan ini terbuat dari beras yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan daun atau sayur-sayuran khas, seperti daun kesum, wortel, kecambah, dan masih banyak lagi. Kacang tanah, ikan teri, dan bawang goreng biasanya ditambah di atas bubur sebagai topping.

3. Amplang
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Nah, kalau makanan yang satu ini agak mirip seperti kerupuk. Bentuknya saja yang berbeda dari kerupuk pada umumnya. Amplang mempunyai tekstur yang gurih dan bentuk yang agak bulat dan gemuk. Biasanya terbuat dari ikan tenggiri dan menjadi oleh-oleh khas daerah Ketapang. Amplang juga bisa ditemui di daerah lain dan bisa dengan mudah didapatkan di pusat oleh-oleh.

4. Pengkang
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Pengkang adalah kudapan yang mudah ditemui di Kota Pontianak dan sekitarnya. Makanan ini terbuat dari ketan dan diisi dengan ebi. Biasanya, pengkang berbentuk segitiga dan dibungkus dengan daun pisang yang kemudian akan dibakar di atas bara api. Rasa ketan yang gurih, ditambah aroma daun pisang yang khas membuat kita ketagihan memakannya. Sekilas mirip dengan lemper, ya?

5. Chai Kwe
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Chai kwe bisa dengan mudah di temukan di Pontianak. Mulai dari di pinggir jalan sampai restoran di dalam mall sekalipun. Bentuknya seperti pasta, tapi teksturnya lembut dan kenyal. Biasanya didalam chai kwe diisi dengan isian sayuran seperti bengkoang atau dedaunan. Cara makannya yaitu dicelupkan bersama dengan sambal cair.

6. Bingke
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Setelah yang asin-asin, ada juga kudapan manis. Kue bingke atau bisa juga disebut bingka merupakan panganan manis dan lembut yang terbuat dari santan, telur, gula, dan tepung terigu.

Walaupun dari bahannya terdengar sederhana, proses pembuatannya lumayan memakan waktu karena akan dipanggang sampai matang dengan sempurna. Selain teksturnya yang lembut, bingke juga dicetak dalam cetakan bunga yang khas sehingga terlihat cantik dan menarik.

7. Asam Pedas
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Selain banyak makanan ringan, ada juga makanan yang cukup berat, lho. Asam pedas umumnya merupakan masakan khas Melayu dan Minangkabau. Namun, makanan ini juga punya ciri khas tersendiri di daerah Kalimantan Barat. Biasanya dimakan sebagai lauk bersama dengan nasi.

8. Mie Sagu
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Walaupun mie sagu dikenal di beberapa daerah, yang disajikan di Kalimantan Barat tentu berbeda dari mie daerah lain. Sama seperti bubur pedas, makanan ini memakai kacang tanah, ikan teri, dan bawang goreng sebagai topping. Tekstur mie sagu yang kenyal membuatnya lezat dikonsumsi baik dengan cara digoreng maupun dengan kuah.

9. Sotong Pangkong
9 Makanan Ternikmat Khas Kalimantan Barat, Sudah Coba?

Sama seperti namanya, sotong pangkong merupakan makanan laut yang diproses dengan cara dipangkong atau dipukul yang kemudian bentuknya menjadi pipih. Sotong sendiri juga biasa kita kenal dengan nama cumi. Makanan ini sangat mudah dijumpai baik saat bulan ramadhan maupun hari biasa.

Kalimantan Barat dilalui oleh garis khatulistiwa yang menjadikan Indonesia beriklim tropis. Selain dikenal lewat tempat wisata dan sumber daya alamnya, provinsi ini juga menyimpan kekayaan kuliner unik yang sayang untuk dilewatkan.

Jika ada kesempatan mampir ke sana, cobain deh 9 kuliner khas Kalimantan Barat berikut ini. Komplit lho, mulai dari camilan sampai makanan berat untuk mengisi perut setelah lelah berwisata.

Nah, itulah beberapa makanan khas dari daerah Kalimantan Barat yang wajib dicoba. Sebagian besar adalah jajanan street food sehingga kamu dapat menemukannya dengan mudah. Kalau punya kesempatan untuk berkunjung ke daerah ini, jangan lupa untuk mencobanya.