Berikut Deretan Hidangan Bakso Khas India & Timur Tengah

Berikut Deretan Hidangan Bakso Khas India & Timur Tengah

Berikut Deretan Hidangan Bakso Khas India & Timur Tengah – Bakso atau  baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.  Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang  telur lalu ditaburi bawang goreng dan seledri.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau capcai.

Kofta atau disebut pula sebagai kofte merupakan salah satu jenis bakso yang terkenal di kawasan Daftar IDN Poker77 India dan beberapa tempat di Timur Tengah. Bahan baku pembuatan kudapan ini banyak menggunakan daging domba. Bila kamu tertarik untuk mencicipi kofte, berikut ini terdapat lima kreasi menyantap hidangan bakso asal India dan Timur Tengah tersebut yang bisa jadi referensi.

1. Kofte kebabs
5 Cara Menyantap Sajian Kofta, Varian Bakso Favorit dari India

Kreasi kofte berikut ini merupakan olahan mirip satai yang bisa kamu jadikan hidangan khusus temu keluarga. Bentuk kebab tersebut agak memanjang dan bisa disantap bersama aneka sayur supaya lebih segar.

Bahan baku pembuatan kofte kebab tersebut bisa berupa daging domba atau sapi, kemudian tambahkan bumbu dan rempah seperti daun ketumbar, bawang bombai, jintan, paprika, sampai minyak zaitun.

2. Nargisi kofta
5 Cara Menyantap Sajian Kofta, Varian Bakso Favorit dari India

Bila ingin membuat olahan bakso ini menjadi lebih nikmat dan mengenyangkan, kamu bisa membuat kreasi nargisi kofta di rumah. Menariknya, nargisi kofta tersebut diisi menggunakan telur rebus.

Sedangkan kuah pedas dari makanan ini dapat diproses menggunakan garam masala, tomat, bawang-bawangan, jahe, ketumbar, jintan, hingga bubuk cabai untuk menyempurnakan rasa.

3. Kofte patty
5 Cara Menyantap Sajian Kofta, Varian Bakso Favorit dari India

Patty menjadi bagian penting dalam mengolah salah satu hidangan populer di dunia, seperti burger. Fungsi patty tidak cuma memberi tampilan menarik, melainkan sensasi rasa yang pas ketika digigit.

Salah satu kreasi patty yang bisa diolah menggunakan sedikit modifikasi adalah kofte. Daging yang digunakan dapat berupa domba. Kemudian dibentuk agak lebih pipih, menyerupai patty aslinya.

4. Malai kofte
5 Cara Menyantap Sajian Kofta, Varian Bakso Favorit dari India

Malai kofte menjadi sajian bakso ala Timur Tengah berikutnya yang populer dalam masakan India. Hal tersebut lantaran komponen pembentuk kofta yang diolah menggunakan bahan utama berupa kentang.

Sementara saus kuah yang mendampingi kofte sayur ini berasal dari percampuran antara garam masala, bubuk cabai, jahe, saus tomat, jintan hingga bawang-bawangan yang digunakan sebagai penambah rasa dan aroma.

5. Kofte pitas
5 Cara Menyantap Sajian Kofta, Varian Bakso Favorit dari India

Roti pita adalah bentuk makanan yang tidak memiliki pengembang seperti ragi sehingga bentuknya jadi lebih tipis dan berongga. Rongga tersebut kemudian dapat diisi menggunakan berbagai bahan baku.

Komponen yang dapat dikreasikan bersama dengan roti pita ini ialah kofta. Namun jangan lupa untuk menyisipkan sayuran agar makanan menjadi lebih nikmat dan segar.

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari Tiongkok tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo.

Ternyata ada beragam cara untuk menikmati kofte dengan gaya berbeda seperti lima hidangan di atas yang dapat disesuaikan dengan selera kamu agar kofte tersebut bisa dinikmati secara maksimal.