Berikut Beragam Hidangan Menarik & Lezat Khas Alsace Prancis

Berikut Beragam Hidangan Menarik & Lezat Khas Alsace Prancis

Berikut Beragam Hidangan Menarik & Lezat Khas Alsace Prancis – Hidangan wilayah Alsace Prancis choucroute garnie dari kubis fermentasi dengan daging asap, pinggang babi, sosis direbus dalam anggur putih dengan bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah.

Alsace merupakan sebuah wilayah yang berada di negara Prancis bagian timur. Kawasan ini memiliki letak yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Swiss di sebelah selatan serta Jerman di utara dan timur.

Alsace terkenal dengan hasil pertaniannya, yakni gandum dan anggur. Karena hasil pertanian yang bagus, tak heran jika bahan-bahan makanan di sana memiliki kualitas bagus dan menciptakan makanan lezat jika dimasak dengan baik.

1. Fleischnacka
5 Ragam Hidangan Khas Alsace-Prancis, Menarik untuk Dicoba!

Fleischnacka atau kudapan khas Alsace ini terbuat dari daging. Pertama-tama, daging dicincang atau digiling lalu ditambahkan telur dan bumbu-bumbu lalu dicampur hingga semuanya rata.

Campuran daging tersebut lalu diletakan dalam adonan tipis dan digulung dan dipotong-potong agak tebal untuk selanjutnya digoreng.

Fleischnacka sangat lezat dinikmati ketika masih hangat dengan ditambah saus dan salad, yummy!

2. Tarte l’oignon
5 Ragam Hidangan Khas Alsace-Prancis, Menarik untuk Dicoba!

Jika biasanya kue tar memiliki rasa manis dan lembut, kali ini dari Alsace ada yang berbeda, nih.

Tarte l’oignon adalah hidangan pai yang dibuat dengan bacon, custard telur, dan bumbu lain yang bentuknya mirip seperti kue tar.

3. Bradele
5 Ragam Hidangan Khas Alsace-Prancis, Menarik untuk Dicoba!

Bradele adalah biskuit berukuran kecil yang sudah ditemukan sejak abad ke-14. Bradele tersaji dalam beragam varian bentuk dan rasa seperti lemon, madu, dan almond.

Biskuit ini adalah makanan populer yang wajib dihidangkan ketika Natal tiba di wilayah Alsace, Prancis.

4. Coq au Riesling
5 Ragam Hidangan Khas Alsace-Prancis, Menarik untuk Dicoba!

Menyantap makanan hangat ketika musim dingin adalah wajib dilakukan agar badan terasa lebih hangat.

Coq au riesling atau hidangan musim dingin yang terbuat dari daging ayam ayam, jamur, bawang, lardon, dan anggur riesling kering dari Alsace, yang diakui sebagai salah satu anggur terbaik di dunia; adalah salah satu contohnya.

5. Tarte flambee
5 Ragam Hidangan Khas Alsace-Prancis, Menarik untuk Dicoba!

Tarte flambee adalah roti pipih  yang renyah dan di atasnya diberi keju tart dan olesan (fromage blanc) atau keju matang yang meleleh (Munster), créme fraîche, bacon renyah, dan bawang panggang yang diiris tipis. Di Jerman hidangan ini lebih dikenal dengan flammekuche.

Buat kamu yang tertarik mencicipi namun tak sempat berkunjung ke Alsace, kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri dengan mencari resepnya di internet, kok. Selamat mencoba! Prancis dikenal di seluruh dunia berkat tata boga dan gaya hidupnya. Sejak 2010, tata boga dan ritualnya dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda UNESCO. Perhatian khusus pada kenikmatan meja ini diberikan dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang Prancis sangat terikat dengan 3 waktu makan dalam sehari.

Secara tradisional, sarapan dilakukan setelah bangun tidur, makan siang sekitar jam 1 siang dan makan malam sekitar jam 8 malam. Jika Anda suka yang manis, Anda pasti dapat menemukankue yang enak tidak jauh dari tempat Anda dimana Anda dapat mencicipi éclair au chocolat atau kue tart lemon meringuée. Restoran juga memperhatikan menu makanan penutup mereka. Tidak jarang mereka menawarkan menu kopi gourmand di akhir makan, atau kopi yang disertai dengan beberapa cemilan lezat.