Berbagai Varian Gimbap yang Paling Populer di Korea Selatan

Berbagai Varian Gimbap yang Paling Populer di Korea Selatan

Berbagai Varian Gimbap yang Paling Populer di Korea Selatan – Masakan Korea adalah makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan cara memasak orang Korea. Mulai dari kuliner istana yang aneh sampai makanan khas daerah serta perpaduan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan serta cara penyiapannya yang sangat berbeda.

Di Korea ada pepatah yang berbunyi, first kimchi, second gimbap. Dari situ bisa kamu lihat bahwa gimbap adalah hidangan yang cukup populer di Korea. Namun, selama ini banyak orang tahu bahwa gimbap sekadar nasi dengan aneka sayur yang digulung dengan rumput laut kering.

Biasanya juga gimbap dipilih sebagai hidangan penunda lapar saat para pekerja atau mahasiswa sibuk, tapi perut sudah keroncongan. Ternyata gak sekadar nasi gulung, lho. Ada banyak jenis gimbap di Korea dan masing-masing punya ciri khas tersendiri.

1. Mayak gimbap
6 Jenis Gimbap Korea yang Paling Disukai, Kudapan Pengganjal Lapar!

Mayak gimbap adalah salah satu varian nasi gulung Korea yang sering muncul di KDrama. Ukurannya yang kecil membuat mayak gimbap dipilih untuk bekal piknik, lho.

Isinya juga beragam, mulai dari nasi, wortel, bayam, dan acar lobak. Hal yang istimewa dari variasi gimbap ini adalah tak pernah diiris alias langsung disantap secara memanjang.

Biasanya gulungan mayak gimbap dinikmati dengan saus mustard, kecap, dan taburan biji wijen yang banyak.

2. Samgak gimbap
6 Jenis Gimbap Korea yang Paling Disukai, Kudapan Pengganjal Lapar!

Mirip onigiri-nya Jepang, ada samgak gimbap yang bentuknya segitiga di Korea Selatan. Tak sulit untuk menemukan gimbap satu ini, karena banyak dijajakan di minimarket pinggir jalan.

Kamu juga membelinya sebagai panganan penunda lapar saat nanti jalan-jalan ke Negeri Ginseng. Samgak gimbap memang terinspirasi oleh onigiri. Bedanya ada di bagian isi yang lebih disesuaikan dengan selera lokal. Sebut saja seperti campuran tuna, kimchibulgogi, dan gochujang.

3. Chungmu gimbap
6 Jenis Gimbap Korea yang Paling Disukai, Kudapan Pengganjal Lapar!

Diberi nama sesuai tempat asalnya, chungmu gimbap berasal dari daerah Chungmu atau yang sekarang bernama Kota Tongyeong. Secara tampilan, gimbap ini memang lebih sederhana, tapi soal rasa juga gak kalah nikmat, lho.

Varian satu ini terdiri dari nasi yang digulung dengan rumput laut panggang dan ukurannya yang mini. Ukurannya pun kira-kira untuk satu kali gigit.

Kemudian chungmu gimbap akan disajikan bersama kimchi lobak atau cumi saus pedas. Konon, penemunya adalah para istri nelayan yang ingin membuatkan bekal makan siang bergizi nan awet untuk melaut. Maka, dibuatlah chungmu gimbap ini.

4. Nalchial gimbap
6 Jenis Gimbap Korea yang Paling Disukai, Kudapan Pengganjal Lapar!

Ternyata, ada juga gimbap yang mirip banget sama sushi, namanya nalchial gimbap. Memang tak sepopuler gimbap lain karena dinilai high end, tapi kamu juga wajib coba dan bandingkan rasanya dengan sushi. Nama nalchial gimbap diambil dari telur ikan terbang.

Telur ikan terbang biasa dikonsumsi orang Korea, tapi tak banyak yang mengolahnya menjadi gimbap. Tak dimasukkan jadi isi, telur ikan dijadikan topping sehingga warna gimbap menjadi lebih menarik.

5. Kimchi gimbap
6 Jenis Gimbap Korea yang Paling Disukai, Kudapan Pengganjal Lapar!

Kimchi dan gimbap adalah dua makanan penting di Korea Selatan. Tak heran kalau kemudian ada yang memadukan keduanya. Meski terdengar aneh, justru perpaduan antara kimchi, nasi, dengan aneka sayur cukup nikmat dan segar.

Varian kimchi gimbap pun beragam. Ada yang kimchi-nya dimasukkan dalam ke dalam isian gimbap. Lalu, ada juga yang menggunakan sawi yang sudah dibumbu kimchi, kemudian diberi nasi dan aneka sayur, digulung, kemudian diiris.

Semua tergantung kreativitas masing-masing saja. Namun, perpaduan antara kimchi dengan bahan-bahan umum gimbap tetap tak mengecewakan!

6. Chamchi Gimbap
6 Jenis Gimbap Korea yang Paling Disukai, Kudapan Pengganjal Lapar!

Secara tampilan, chamchi gimbap tak jauh berbeda dengan nasi gulung lainnya. Namun, hal yang jadi ciri khas adalah penggunaan tuna kalengan sebagai salah satu bahan wajibnya. Sementara itu tambahan isi lainnya adalah sayuran segar, telur, atau kue ikan.

Hal yag membuat chamchi gimbap makin nikmat adalah perpaduan daging tuna dengan mayones, mustard, dan rempah-rempah lainnya. Ditambah komponen umum gimbap, digulung bersama nasi dan dibungkus rumput laut panggang, chamchi gimbap pun siap mengganjal lapar!

Banyak sekali makanan Korea yang sudah mendunia. Masakan korea yang dijabarkan berbeda dengan kuliner istana, yang sampai saat ini juga dinikmati sebagian besar masyarakat Korea.

Masakan Korea sebagian besar berbahan beras, mi, tahu, sayuran dan daging. Makanan tradisional Korea dikenal dengan makanan sampingan yaitu  banchan yang dimakan dengan nasi putih dan sup atau kaldu. Setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.