Berbagai Olahan Mi Lezat & Terpopuler dari Berbagai Negara

Berbagai Olahan Mi Lezat & Terpopuler dari Berbagai Negara

Berbagai Olahan Mi Lezat & Terpopuler dari Berbagai Negara – Mie merupakan salah satu makanan sejuta umat. Dari berbagai kalangan dapat dengan mudah menikmati sajian mie. Bahkan dimanapun kalian berada, kalian bisa dengan mudah menemukan sajian mie dengan cita rasa khas dari tempat masing-masing.

Sebut saja di negara kita, pedagang yang menjual olahan mie bisa sangat mudah kalian temukan, dari mie ayam hingga mie goreng semua bisa kalian dapatkan dengan mudah di Indonesia, bahkan kalian bisa membuatnya sendiri. Setiap negara di dunia punya ciri khasnya sendiri, termasuk urusan makanan.

Meskipun bahan dasarnya sama, rasa akhirnya pasti berbeda dan memiliki keunikannya sendiri. Seperti yang akan dibahas kali ini yaitu 6 masakan berbahan dasar mi dari berbagai negara yang gak cuma populer, tapi juga punya rasa lezat.

1. Mee Krob
6 Olahan Mi Lezat dari Berbagai Negara, Ada Ramen sampai Laksa

Mee krob adalah olahan mi paling terkenal asal Thailand yang wajib kamu coba. Jika biasanya mi direbus lebih dahulu supaya bisa lembek, mee krob justru dibuat dari bihun kering dan dimasak dengan air jeruk nipis, pasta tomat, saus ikan khas Thailand, dan bumbu lainnya.

Mee krob akan dilengkapi dengan tahu goreng, udang goreng, daging babi, atau malah semuanya! Kemudian gak lupa ditaburi taoge, cabai, dan daun bawang.

Banyak yang menyukai masakan ini karena menghasilkan perpaduan yang sempurna, baik dari segi tekstur dan rasa. Apalagi setelah ditambah telur dadar goreng, rasanya makin yummy!

2. Shoyu Ramen
6 Olahan Mi Lezat dari Berbagai Negara, Ada Ramen sampai Laksa

Seperti yang kamu tahu, ada banyak jenis ramen dari Jepang. Tapi kalau kamu tanya yang terenak, pasti banyak yang menjawab shoyu ramen! Setidaknya ada tiga elemen penting yang wajib ada di shoyu ramen yaitu mi, kaldu, dan aneka toping di atasnya.

Yang membuat shoyu ramen istimewa adalah warna kuahnya yang gelap karena dibuat dari kaldu seafood, dicampur dengan kaldu kombu dan kecap. Pun mi gandum dimasak secara terpisah, jadi teksturnya tetap kenyal.

Nantinya, ramen akan disajikan dengan irisan daging babi rebus, kue ikan, bawang, sampai telur rebus yang dipotong jadi empat. Gak cuma enak, tapi pasti bikin kenyang dan puas makan!

3. Beef Chow Fun
6 Olahan Mi Lezat dari Berbagai Negara, Ada Ramen sampai Laksa

Beef chow fun ini merupakan olahan mi yang dimasak dengan teknik khusus. Yaitu wok hei atau teknik menggoreng bahan dengan api besar supaya menciptakan rasa umami yang khas dan pow wok atau mengaduk bahan dengan cepat supaya mi gak rusak dan lengket.

Awalnya koki akan menggoreng irisan daging sapi yang sebelumnya sudah diasinkan. Kemudian setelah setengah matang akan dimasak bersama mi bihun lebar-datar dan tauge. Beberapa koki menambahkan bahan lain seperti saus, telur, dan sawi supaya lebih mengenyangkan.

Meskpun berasal dari China, gak sulit kok menemukan beef chow fun ini di negara lain, termasuk di Indonesia. Sebab gak sedikit chinese restorant yang juga menyediakannya menu tersebut. Jadi penasaran, nih!

4. Beef Pho
6 Olahan Mi Lezat dari Berbagai Negara, Ada Ramen sampai Laksa

Makanan olahan mi terenak dari berbagai negara kemudian adalah beef pho dari Vietnam. Hidangan ini masuk dalam kategori noodle soup dan kamu wajib coba saat nanti berkesempatan ke Vietnam. Emang apa sih yang bikin enak? Tentu saja, kuahnya!

Kuah dibuat dari kaldu sapi bagian tulang betis, ekor, dan leher. Alhasil rasanya lebih juicy dan gurih. Belum lagi ditambah dengan aneka bumbu kering seperti kayu manis, cengkih, kapulaga, dan bahan lainnya yang pasti bikin makin segar.

Beef pho disajikan selagi panas, ditaburi dengan daun ketumbar, irisan bawang bombai, dan daun bawang cincang. Biasanya di restoran lokal, kamu akan menemui tauge, irisan jeruk nipis, dan irisan cabai sebagai pelengkapnya.

5. Laksa
6 Olahan Mi Lezat dari Berbagai Negara, Ada Ramen sampai Laksa

Menjadi salah satu hidangan dari mi yang paling terkenal di Asia Tenggara, laksa wajib dicoba! Punya kuah kental, kaya rasa, dan pedas, laksa sangat mudah ditemukan di Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Walau namanya sama-sama laksa, setiap daerah dan negara punya ciri khas masing-masing. Namun setidaknya ada dua versi laksa yang terkenal, yaitu yang berbahan dasar asam dan laksa kari yang creamy. Ada juga laksa asal Thailand, namanya laksa siam. Jenis laksa satu ini menggunakan santan dan bubuk pedas yang lebih banyak sehingga super pedas dengan warna merah menyala.

Soal isian laksa juga berbeda-beda. Ada yang pakai daging sapi, ayam, atau aneka seafood. Ada juga yang menggunakan nanas, timun, dan daun mint sebagai toping untuk mengurangi rasa enek akibat kentalnya kuah.

6. Dan Dan Noodle
6 Olahan Mi Lezat dari Berbagai Negara, Ada Ramen sampai Laksa

Dan dan adalah salah satu jenis chinese food klasik yang wajib ada saat acara-acara penting. Yang membuat dan dan terkenal adalah saus pedasnya yang dibuat dari minyak cabai, merica Sichuan, aneka sayuran, dan terkadang masih ditambah dengan pasta kacang, gak heran kalau rasanya bikin merem melek keenakan. Cara penyajiannya sederhana. Mi disiram dengan saus pedas tadi, kemudian ditambah daging cincang.

Daging cincang yang dipakai biasanya dari sapi atau babi, sekaligus jadi toping buat mi. Nah begitu akan disantap, ketiga komponen tadi dicampur sampai rata pakai sumpit! Menurut masyarakat sekitar, hidangan ini berasal dari provinsi Sichuan dan sudah jadi makanan umum.

Nama dan dan sendiri diambil dari cara pedagang menjajakan mi pada warga menggunakan tiang bambu yang dipikul di bahu. Mie merupakan kuliner legendaris yang menjadi hidangan khas di beberapa negara. Disajikan dengan teknik dan pelengkap yang beragam, mie terbukti memiliki cita rasa yang bisa diterima oleh masyarakat luas di seluruh dunia.

Mengisi waktu di masa PPKM ini tidak ada salahnya mengasah skill memasak Anda dengan berbagai hidangan mie dari seluruh dunia. Dari Mie Ayam khas Indonesia hingga Şehriye Çorbası Orzo dari Turki