Beragam Street Food Paling Terkenal yang Ada di Prancis

Beragam Street Food Paling Terkenal yang Ada di Prancis

Beragam Street Food Paling Terkenal yang Ada di Prancis – Jajanan jalanan atau makanan jalanan adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual oleh penjaja jalanan, pedagang asongan, warung, atau kedai di tempat umum, misalnya di tepi jalan umum, pasar, pasar malam, atau pekan raya. Jajanan jalanan biasanya dijajakan di kios makanan, gerobak makanan, atau truk makanan dan dimaksudkan sebagai makanan segera dikonsumsi.

Jalan-jalan ke Kota Paris
Jangan lupa beli celana
Di sini banyak jajanan manis
Bikin lupa niat dietnya

Pantun di atas sepertinya cocok untuk menggambarkan street food khas Prancis. Banyak terdiri dari makanan manis, gak heran kalau bikin kalap dan lupa diet. Meski memang banyak manis, jajanan kaki lima Prancis juga ada yang savory, kok.

Kalau dapat kesempatan jalan-jalan ke negara mode dunia ini, kamu gak perlu bingung lagi mau beli jajan apa. Yuk, kenalan dulu dengan Beragam street food yang wajib kamu cobain saat kamu berlibur ke Prancis berikut ini.

1. French crepes
7 Street Food Khas Prancis Paling Populer, Banyak Makanan Manis

Sudah ada sejak abad ke-13, crêpe adalah makanan jalanan Prancis ikonik yang mudah ditemukan di seluruh kota. Jajanan ini bentuknya seperti panekuk tipis yang dimasak dengan wajan besar.

Biasanya, crêpe dinikmati dengan selai buah atau cokelat dan diberi topping berry atau pisang. Penjaja crêpe gak hanya ada di pinggir jalan, namun banyak di taman kota dan pasar.

Jika kamu menikmati crêpe di restoran, tentu akan disajikan dengan pisau dan garpu. Namun, untuk di pinggir jalan, tentu lebih seru kalau langsung digigit.

2. Galettes
7 Street Food Khas Prancis Paling Populer, Banyak Makanan Manis

Berasal dari Brittanygalette adalah jajanan yang kerap jadi pengganjal lapar bagi pekerja dan mahasiswa yang tak sempat sarapan di rumah. Cocok juga jadi kudapan kamu sambil jalan untuk menemani keliling Paris.

Sering kali banyak yang mengira kalau adonan crêpe dan galette sama. Padahal, crêpe dibuat dari tepung terigu, sedangkan galette dibuat dari tepung soba yang lebih gurih. Bagi kamu yang manis, isi dengan stroberi atau pisang. Namun, ada juga yang isi keju.

3. Gaufres
7 Street Food Khas Prancis Paling Populer, Banyak Makanan Manis

Berasal dari Belgia, gaufre adalah kudapan yang biasanya dinikmati di musim dingin dan musim panas. Meskipun dari Belgia, makanan ini termasuk jajanan paling tua di Paris, yakni sudah ada sejak abad ke-12.

Banyak yang menyamakan dengan wafle, namun adonan gaufre dibuat lebih kental.Selain itu, biasanya akan diberi sesendok krim kocok supaya rasanya lebih kaya dan ringan.

Setelahnya, kamu bisa memilih topping manis atau gurih. Meskipun banyak dijual di rak supermarket, rasanya lebih enak beli langsung di pedagang kaki lima sekitaran Paris.

4. Gua bao
7 Street Food Khas Prancis Paling Populer, Banyak Makanan Manis

Kalau bosan dengan yang manis, coba cari street food Prancis yang namanya gua bao atau burger bao. Sebelum jadi salah satu jajanan di negara romantis ini, makanan ini asalnya dari Taiwan, namun terkenal di New York, Amerika Serikat.

Gua bao sendiri adalah roti yang dikukus dengan lembut, lalu diisi perut babi yang dimasak sampai empuk dan gurih. Kemudian, jajanan ini ditambahkan acar, kacang bubuk, dan ketumbar.

Ngiler duluan, kan? Tenang, gak sulit kok mencari gua bao ini di sepanjang jalanan Paris karena banyak tempat yang telah menyajikannya. Dijamin langsung kenyang, deh!

5. Boule ice cream
7 Street Food Khas Prancis Paling Populer, Banyak Makanan Manis

Ice cream atau es krim mungkin adalah kudapan yang ada di mana pun. Tekstur lembut, dingin, dan rasa yang bervarisi membuat banyak orang jadi fans makanan satu ini. Eits, namun ternyata es krim di Prancis disajikan dengan cara yang berbeda, lho.

Gak cuma pakai cone atau mangkuk kertas, ada yang namanya boule ice cream. Es krim satu ini semacam sandwich diisi es krim rasa kesukanmu di bagian tengah. Terakhir, tambahkan topping buah atau gula supaya rasanya semakin lezat.

6. Croque monsieur
7 Street Food Khas Prancis Paling Populer, Banyak Makanan Manis

Croque monsieur sudah ada di Prancis sejak 1910. Awalnya, roti ini muncul dalam daftar menu di salah satu bistro di Paris. Banyak pekerja lokal yang membutuhkan makan siang cepat saji, maka dibuatlah croque monsieur yang berarti gigitan untuk laki-laki.

Jajanan ini dibuat dari roti renyah, irisan ham yang diasap, dan lelehan keju. Kemudian, roti disajikan hangat-hangat pada pembelinya. Ciri khas croque monsieur yang asli adalah penggunaan keju khas Swiss yang lezat dan mudah meleleh.

7. Socca
7 Street Food Khas Prancis Paling Populer, Banyak Makanan Manis

Socca adalah makanan khas Nice, Prancis. Kamu bisa menemukan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ini. Socca sendiri adalah flatbread tradisional dibuat dari tepung buncis, minyak zaitun, dan diberi bumbu garam dan merica. Setelah siap, adonan dipindahkan ke wajan besar, lalu dipanggang dengan suhu tinggi. Adonan yang awalnya lembut perlahan mengeras dan tepinya akan sedikit terbakar.

Setelahnya, socca dipotong, diberi garam, merica, dan minyak zaitun. Nantinya, socca akan disajikan dengan keju atau segelas rosé. Beberapa makanan jalanan bersifat lokal, beberapa jenis makanan lebih populer dan melampaui batas wilayah tradisional mereka.

Beberapa jajanan jalanan diklasifikasikan sebagai camilan dan makanan cepat saji, dan rata-rata lebih murah daripada harga makanan di rumah makan. Menurut penelitian yang digelar pada 2007 study dari Food and Agriculture Organization, 2,5 miliar orang mengkonsumsi jajanan jalanan setiap hari.