Beragam Olahan Sosis Terkenal dari Berbagai Negara di Dunia

Beragam Olahan Sosis Terkenal dari Berbagai Negara di Dunia

Beragam Olahan Sosis Terkenal dari Berbagai Negara di Dunia – Sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, ternak dan rempah, serta bahan-bahan lain. Sosis umumnya dibungkus dalam suatu pembungkus yang secara tradisional menggunakan usus hewan, tetapi sekarang sering kali menggunakan bahan sintetis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya dengan pengasapan.

Pembuatan sosis merupakan suatu teknik produksi dan pengawetan makanan yang telah dilakukan sejak sangat lama. Di banyak negara, sosis merupakan topping populer untuk pizza. Sosis terdiri dari bermacam-macam tipe, ada sosis mentah dan juga sosis matang.

Sosis merupakan olahan yang terbuat dari daging cincang dengan aneka apk poker online idn rempah di dalamnya. Biasanya menu ini akan dicampurkan dan dicetak dengan bentuk yang memanjang. Terlepas dari olahan sosis secara umum, ada beberapa jenis sosis khas dari berbagai negara di dunia.

1. Chorizo, Spanyol
5 Olahan Sosis dari Berbagai Negara di Dunia, Lezatnya Maksimal!

Menu sosis yang pertama hadir dari Negeri Matador, yaitu chorizo. Olahan sosis ini memiliki warna merah yang berasal dari paprika kering. Pembungkus untuk jenis sosis ini juga terbuat dari selubung usus yang masih segar sehingga rasanya maksimal.

2. Bratwurst, Jerman
5 Olahan Sosis dari Berbagai Negara di Dunia, Lezatnya Maksimal!

Olahan sosis yang satu ini terbuat dari campuran daging sapi muda dan babi. Banyak yang menggunakan sosis ini sebagai menu untuk barbekyu-an. Namun, sosis ini juga dapat diolah dengan cara direbus atau dipanggang.

3. Sundae, Korea
5 Olahan Sosis dari Berbagai Negara di Dunia, Lezatnya Maksimal!

Korea tak kalah dalam urusan kulinernya, salah satunya melalui menu sosis yang satu ini. Sundae adalah pilihan sosis yang dapat dinikmati dengan menggunakan usus sapi atau babi. Setelah itu, dicampurkan dengan aneka bahan di dalamnya. Menu ini juga bisa disajikan dengan cara dipotong-potong dan ditusuk pada sebilah kayu.

4. Merguez, Afrika Utara
5 Olahan Sosis dari Berbagai Negara di Dunia, Lezatnya Maksimal!

Sosis khas Afrika Utara ini memiliki cita rasa yang lebih kaya akan rempah bila dibandingkan dengan jenis sosis lainnya. Menu ini terbuat dari olahan daging kambing yang diberi campuran rempah. Tentunya menu ini dapat dinikmati secara mudah dengan aneka sajian olahan.

5. Pepperoni, Amerika
5 Olahan Sosis dari Berbagai Negara di Dunia, Lezatnya Maksimal!

Siapa yang tak mengenal olahan pepperoni yang satu ini? Biasa digunakan sebagai bahan topping pada olahan, menu ini juga termasuk ke dalam jenis sosis terkenal. Biasanya terbuat dari olahan daging sapi atau babi yang diasapi dengan cita rasa yang agak pedas.

Sosis berasal dari kata latin Salsus yang berati diasinkan (teknik pengawetan dengan cara diberi garam/diasinkan). Sebelum kulkas ditemukan, orang-orang Yunani dan Irak kuno mengawetkan daging dengan cara dicincang, dibungkus, lalu diawetkan dengan garam. Daging tersebut dapat bertahan lama hingga musim dingin selesai. Jadi masyarakat disana juga masih bisa menikmati daging pada musim-musim yang ekstrim.

Rasa dan bentuk sosis yang beredar pada masa kini ternyata tidak jauh berbeda dengan sosis yang pertama kali muncul. Hanya ada sedikit modifikasi pada rasa dan bentuknya ketika sudah menyebar luas ke berbagai negara besar seperti di Inggris yang menyebutnya sausage dan di Belanda yang menyebutnya saucijs.

Di masa colonial Belanda memperkenalkan makanan ini ke Indonesia. Masyarakat Indonesia mengubah nama makanan dari saucijs menjadi sosis agar mudah diucapkan oleh orang-orang Indonesia.