Beragam Olahan Nasi India Dengan Cita Rasa yang Maknyusss

Beragam Olahan Nasi India Dengan Cita Rasa yang Maknyusss

Beragam Olahan Nasi India Dengan Cita Rasa yang Maknyusss – Nasi biryani  atau biriani, beriani, atau briyani adalah hidangan berupa nasi  (biasanya dari beras basmati) yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan  sayuran, atau daging (ayam, kambing,  ikan, udang atau sapi).

Makanan ini berasal dari Asia Selatan (India dan Pakistan). Di Indonesia dan Malaysia, hidangan ini disebut dengan tambahan kata nasi  (nasi biryani, nasi briyani, nasi briani, atau nasi beriani) Nasi tidak hanya menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, tapi juga masyarakat India.

Ada banyak olahan nasi yang bisa kamu nikmati di negara ini.  Beberapa bahkan populer di banyak negara. Seperti masakan India lainnya, olahan nasi ini memiliki rasa dan aroma rempah yang kuat. Beberapa diantaranya dapat kamu lihat dalam daftar di bawah ini.

1. Biryani
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Biryani adalah hidangan nasi kerajaan India yang dibuat dengan daging seperti rusa, puyuh atau kambing. Namun sekarang biryani juga tersedia dalam versi yang berbeda, termasuk ayam dan domba. Mughlai biryani, Bombay biryani dan Hyderabadi biryani adalah jenis biryani yang paling populer.

2. Coconut rice
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Coconut rice dikenal juga dengan nama thengai sadam. Hidangan nasi yang populer di India Selatan ini dikenal dengan cita rasa tropisnya. Coconut rice terdiri dari nasi matang yang ditumis dengan kelapa parut segar, kacang mete, dan bumbu. Coconut rice dapat dimakan polos atau dinikmati dengan kari.

3. Pulao
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Pulao dibuat dengan memasak beras dalam kaldu berbumbu, lalu digoreng dalam ghee bersama bumbu, biji jintan, kacang mete, dan kismis. Nasi ini secara tradisional disajikan dengan salad dan yogurt. Pulao memiliki banyak variasi, seperti Kashmiri pulaomatar pulao, palak pulao, dan channa pulao.

4. Curd rice
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Curd rice atau nasi yogurt merupakan salah satu hidangan favorit banyak orang India Selatan. Hidangan ini terbuat dari nasi dan yogurt yang dibumbui dengan cabai hijau, jahe, daun kari, biji sawi. Kadang ditambah juga dengan kacang, sayur, atau buah. Curd rice dipercaya baik untuk sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Jeera rice
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Jeera rice atau nasi jinten adalah hidangan sedarhana yang populer India Utara. Dibuat dari nasi basmati yang dicampur dengan biji jintan goreng. Hidangan ini juga bisa diperkaya dengan bawang bombay, cabai, jahe, bawang putih, mint, dan ketumbar. Jeera rice biasanya disajikan dengan dal, kari ayam, atau lauk vegetarian.

6. Pulihora
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Pulihora adalah hidangan tradisional khas Andhra Pradesh yang sering disiapkan untuk festival keagamaan. Hidangan nasi ini memiliki citarasa asam, pedas dan gurih. Dibuat dari nasi, lentil, kunyit, asam jawa, cabe hijau dan berbagai bumbu lainnya. Pulihora dapat dimakan polos atau dengan mentimun raita atau chutney kelapa.

7. Khichdi
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Tak hanya di India, khichdi juga dinikmati oleh masyarakat Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, dan Pakistan. Pada dasarnya khichdi merupakan campuran nasi dan kacang-kacangan. Berbagai bumbu ditambahkan ke dalam hidangan ini untuk meningkatkan rasa, seperti penambahan kayu manis, merica, cengkeh, daun salam, dan lainnya.

8. Pudina rice
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Pudina rice merupakan nasi mint dengan aroma dan cita rasa yang unik. Terbuat dari beras, ghee, mint, cabai hijau dan bumbu dasar lainnnya. Perpaduan bumbu dan aroma mintnya yang menyegarkan menciptakan hidangan yang menggugah selera. Kandungan mint ini mampu meredakan batuk pilek, melawan infeksi, dan meningkatkan kekebalan.

9. Bhindi rice
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Bhindi rice atau nasi okra ini dikenal juga dengan nama Vendakkai Saddam. Hidangan yang populer di Chettinad ini memiliki cita rasa pedas dengan rempah yang kuat. Tingkat kepedasannya dapat diatur sesuai selera. Bhindi rice ini biasa dinikmati bersama raita, sejenis saus yang terbuat dari yogurt dan sayur-sayuran.

10. Elumichai sadham
10 Ragam Olahan Nasi India, Gurihnya Maknyus!

Elumichai sadham atau nasi lemon kadang juga disebut chitranna. Nasi yang populer di India Selatan ini memiliki rasa lemon yang menyegarkan, berpadu dengan rempah-rempah yang kuat seperti daun kari, cabai dan kunyit.  Elumichai sadham bisa dimakan sendiri atau dinikmati dengan raitachutney dan papad.

Biryani dibuat dari beras yang sudah direbus di panci terpisah. Setelah beras setengah matang, beras dicampur dengan kaldu berbumbu, ditutup rapat di dalam panci, dan dimasak hingga matang sampai kaldu menyerap kedalam nasi. Biryani berbeda dengan Pullao (pilaf) (nasi bumbu) dalam cara memasak. Kalau memasak Pullao, beras digoreng bersama rempah-rempah di dalam minyak samin, dan langsung dimasak hingga matang.

Kesembilan olahan nasi di atas sangat menggiurkan, bukan? Bagi kamu yang tertarik mencoba, beberapa di antara olahan nasi ini bisa kamu nikmati di restoran India terdekat. Jadi, tak harus menunggu liburan ke negaranya Shah Rukh Khan dulu.