Beragam Jenis Olahan Aci yang Sedang Viral di Zaman Milenial

Beragam Jenis Olahan Aci yang Sedang Viral di Zaman Milenial

Beragam Jenis Olahan Aci yang Sedang Viral di Zaman Milenial – Tepung aci, tepung kanji, atau tepung tapioka adalah beberapa sebutan untuk tepung pati yang diambil dari ekstrak singkong. Tekstur tepung aci ini mirip dengan tepung sagu.

Bahkan, jika tidak memiliki salah satu di antaranya untuk bahan, Anda bisa menukarnya karena akan sama saja. Aci merupakan salah satu jenis penyebutan untuk tepung yang terbuat dari sari pati singkong. Tak hanya mudah ditemukan, harga aci tergolong murah bila dibandingkan dengan jenis tepung lain, misalnya saja terigu.

Tak heran jika banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari aci. Bahkan, beberapa di antaranya kini tengah viral dan mendominasi lini media sosial, lho. Kira-kira olahan aci apa saja yang dimaksud? Intip bersama-sama, yuk!

1. Cimol bojot
5 Jenis Olahan Aci yang Lagi Viral, Kamu Sudah Coba?

Olahan aci yang ditaburi dengan bubuk dan minyak cabai ini punya nama beken cimol bojot. Diberi nama seperti itu bukan tanpa alasan, lho. Makanan ini berasal dari Kampung Bojot di Garut.

Selain bumbu taburan, hal yang membedakan olahan aci satu ini dengan cimol pada umumnya adalah tampilannya sedikit lebih transparan. Tekstur kenyal berpadu dengan bumbu cabai yang pedas, sehingga benar-benar menggoyang lidah.

2. Cirambay
5 Jenis Olahan Aci yang Lagi Viral, Kamu Sudah Coba?

Cirambay merupakan kependekan dari aci ngarambay. Dalam bahasa Sunda “ngarambay” berarti berjuntai. Pada hakikatnya, cirambay memang berbentuk menjuntai layaknya mi. Bentuk yang lebar membuat cirambay lebih mirip dengan kwetiaw.

Makanan aci ini juga punya bumbu khas layaknya cimol bojot, yakni bawang putih, daun jeruk, serta bubuk cabai yang digoreng di dalam minyak panas. Bumbu ini lantas diaduk bersama cirambay, sehingga menghasilkan warna merah menggoda.

3. Aci telor
5 Jenis Olahan Aci yang Lagi Viral, Kamu Sudah Coba?

Aci telor satu ini berbeda dengan cilor yang ditusuk menggunakan tusuk sate, lho. Aci telor yang dimaksud merupakan perpaduan antara aci yang dimasak dengan telur.

Olahan ini mulai viral karena berasal dari salah satu pengguna TikTok yang mengunggah resepnya. Dirasa mudah untuk dipraktikkan dan rasanya yang enak, secara perlahan aci telor viral di berbagai media sosial. Kamu sendiri pernah coba membuat aci telor gak, nih?

4. Cibay
5 Jenis Olahan Aci yang Lagi Viral, Kamu Sudah Coba?

Cibay punya beragam singkatan, mulai dari aci ngambay, aci lebay, dan juga aci ngagebay. Cibay sendiri terbuat dari isian aci yang dicampur sosis, daun bawang, atau cabai, lalu dimasukkan ke dalam kulit lumpia dan di goreng.

Dengan begitu, saat dimakan ada tekstur molor layaknya keju mozarella ketika dipanaskan. Renyah kulit lumpia berpadu dengan kenyalnya aci membuatmu siap bergoyang lidah, deh. Terlebih jika dinikmati dalam keadaan hangat.

5. Cipeng
5 Jenis Olahan Aci yang Lagi Viral, Kamu Sudah Coba?

Cipeng merupakan salah satu olahan aci yang berasal dari Garut. Punya kepanjangan cireng gepeng, makanan yang satu ini kian digemari oleh masyarakat.

Terbuat dari adonan aci yang dipipihkan serta bumbu pedas gurih membuat cipeng kian digemari. Saking bikin ketagihannya, menikmati satu buah cipeng terasa kurang, lho. Kalau kamu sudah pernah mencoba cipeng atau belum, nih?

Namun, tepung tapioka berbeda dengan tepung singkong. Tepung singkong dibuat dari parutan singkong yang dikeringkan. Sementara tapioka dibuat dengan mengambil ekstrak dari singkong itu.

Pertama–tama, singkong yang telah dikupas kulitnya dicuci hingga bersih, diparut, kemudian dicampur dengan air, serta diperas hingga sari patinya larut bersama air. Setelah patinya mengendap, airnya dibuang, dan endapannya dijemur hingga kering, lantas menjadi tepung.

Meski tidak terlalu memiliki kandungan vitamin, namun dalam tepung tapioka masih terdapat kandungan karbohidrat, protein, dan lemak jenuh. Olahan dari aci pun juga menjadi makanan hits yang banyak disukai anak muda. Berikut adalah beberapa olahan aci yang hits dan kekinian banget.

Wah, makin variatif saja olahan aci belakangan ini. Jadi makin penasaran, kira-kira olahan apalagi yang akan ada dari aci ini. Mari kita tunggu bersama-sama dengan menikmati kelima olahan aci di atas, ya.