Beragam Jenis Kaviar Mewah yang Berasal Dari Negara Rusia

Beragam Jenis Kaviar Mewah yang Berasal Dari Negara Rusia

Beragam Jenis Kaviar Mewah yang Berasal Dari Negara Rusia – Kaviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu, umumnya ikan sturgeon, yang sudah diproses dan digarami. Makanan ini secara komersial dipasarkan sebagai makanan mewah, dan umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan lain.

Kaviar adalah salah satu makanan termahal di dunia. Kaviar umumnya dihasilkan dari jenis-jenis ikan tertentu. Rusia adalah salah satu negara yang menghasilkan beragam jenis kaviar yang terkenal di dunia.

Kaviar asal negara ini dapat dikonsumsi polos atau dikombinasikan dengan beragam menu seperti roti, pancake, kentang, dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja jenis kaviar asal negara ini?

1. Sevruga Caviar
5 Ragam Kaviar Asal Rusia yang Bikin Hidangan Makin Mewah dan Lezat

Telur asin dari spesies ikan sturgeon sevruga menjadi salah satu varian kaviar yang paling umum dan populer di dunia. Ikan ini berasal dari Laut Hitam dan Kaspia. Ikan ini berkembang biak lebih cepat daripada varian sturgeon lainnya. Hal tersebut menyebankan produksi kaviar berlimpah dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Kaviar mempunyai ukuran yang kecil dengan rasa asin dan mentega. Warna umumnya berkisar dari abu-abu muda hingga hitam. Kaviar paling nikmat saat disajikan polos, atau bisa juga dinikmati secara eksklusif dengan mutiara atau sendok kayu. Kaviar juga nikmat saat dinikmati bersamaan dengan pancake blini, kentang, atau roti.

2. Beluga Caviar
5 Ragam Kaviar Asal Rusia yang Bikin Hidangan Makin Mewah dan Lezat

Beluga caviar merupakan kaviar yang berasal dari telur ikan sturgeon beluga. Jenis ikan ini menjadi salah satu varian kaviar paling berharga di dunia. Hal tersebut disebabkan karena dibutuhkan waktu hingga 25 tahun bagi hewan untuk matang dan mulai menghasilkan telur. Oleh karena itu, kaviar ini sangat langka, mahal, dan mewah.

Manik-manik kaviar ini memiliki ukuran yang besar, montok, dan kokoh. Warnanya pun dapat berkisar dari abu-abu terang hingga abu-abu gelap. Kaviar mempunyai rasa yang lembut dan hampir seperti mentega.

3. Sterlet Caviar
5 Ragam Kaviar Asal Rusia yang Bikin Hidangan Makin Mewah dan Lezat

Sterlet caviar merupakan varian kaviar yang dipanen dari sturgeon sterlet yang berasal dari sungai yang mengalir ke Laut Kaspia, Laut Hitam, Laut Baltik, Laut Barents, dan Laut Azov. Jenis ini adalah salah satu sturgeon terkecil. Jenis ini juga memiliki tingkat kematangan lebih cepat daripada varian sturgeon lainnya.

Dalam daftar IUCN, starlet sturgeon masuk ke dalam daftar ikan yang rentan. Saat ini, sebagian besar ikan jenis ini dibudidayakan di peternakan. Telurnya mempunyai ukuran telur kecil dan halus. Warnanya pun berkisar dari abu-abu terang hingga abu-abu gelap. Kaviar mempunyai rasa yang ringan, agak manis, dan mentega. Makanan ini semakin sempurna ketika dikombinasikan dengan roti panggang mentega, blini, kentang, atau telur.

4. Osetra Caviar
5 Ragam Kaviar Asal Rusia yang Bikin Hidangan Makin Mewah dan Lezat

Osetra caviar merupakan varian kaviar berharga yang dipanen dari osetra sturgeon Rusia. Osetra berasal dari Laut Kaspia, Laut Hitam, dan Laut Azov, termasuk wilayah aliran sungainya. Karena merupakan jenis ikan yang terancam punah, maka jarang ditemukan atau ditangkap secara liar. Sebagian besar kaviar dipanen dari varian yang dibudidayakan.

Ikan mempunyai jenis telur dengan ukuran yang sedang. Telur juga mempunyai variasi dalam warna, rasa, dan tekstur. Kaviar umumnya mempunyai warna yang berkisar dari hijau zaitun hingga coklat tua, terkadang dapat juga memiliki rona emas yang menarik. Kaviar mempunyai tekstur yang keras. Sementara itu, rasanya umumnya asin, mentega, dan khas kacang.

5. Siberian Sturgeon Caviar
5 Ragam Kaviar Asal Rusia yang Bikin Hidangan Makin Mewah dan Lezat

Siberian sturgeon caviar merupakan jenis kaviar yang sebagian besar dihargai yang disebabkan karena kaviarnya yang gelap dan mengkilap. Sturgeon Siberia ini terutama berasosiasi dengan sungai, danau, dan laut Siberia. Populasinya sudah masuk ke dalam daftar jenis ikan yang terancam punah di Daftar Merah IUCN. Kaviar jenis ini sebagian besar dipanen dari sturgeon yang dibesarkan di peternakan.

Kaviar ini mempunyai warna yang berkisar dari coklat tua hingga hitam. Kaviar umumnya mempunyai manik-manik berkilau berukuran sedang. Makanan ini mempunyai rasa yang pedas, mentega, dan agak manis. Makanan ini paling nikmat saat dihidangkan dengan keadaan yang dingin dan dipasangkan dengan makanan sederhana seperti kombinasi klasik pancake blini dan crème fraiche.

Kaviaer dianggap sebagai makanan mewah dan disajikan dengan cara garnis atau ditabur. Pada tahun 2012, kaviar dijual dengan harga $2.500 per pon, atau $3.000 sampai $5.000 per kilogram. Industri kaviar kadang mengakibatkan terganggunya kelangsungan hidup spesies ikan penghasil telur, sehingga perdagangan kaviar sering kali dilarang.

Kaviar sangat rapuh dan harus tetap dingin sebelum dikonsumsi. Kaviar terpasteurisasi memiliki tekstur yang agak berbeda. Kaviar jenis ini tidak rapuh dan boleh tidak didinginkan sebelum dibuka. Kaviar padat terdiri dari telur-telur rusak atau rapuh dan bisa berupa gabungan dari beberapa telur ikan yang berbeda. Kaviar jenis ini diperlakukan khusus, diasinkan, dan dipadatkan.