Beragam Hidangan Lezat Khas Thailand yang Berbahan Nasi

Beragam Hidangan Lezat Khas Thailand yang Berbahan Nasi

Beragam Hidangan Lezat Khas Thailand yang Berbahan Nasi – Masakan Thai atau masakan Thailand mencakup makanan dan minuman serta cara memasak khas Thailand. Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas.

Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga.

Thailand yang menjadi salah satu negara di Asia Tenggara terkenal dengan idn poker mobile kulinernya yang bercita rasa khas. Mulai dari tom yum, pad thai, dan thai tea juga jajanan lainnya cukup terkenal dan banyak digemari. Tapi, sebagai negara Asia tentu Thailand juga gak ketinggalan dengan menu berbahan nasi yang menjadi makanan pokok orang Asia.

1. Khao Tom
5 Hidangan Berbahan Nasi Asal Thailand, Ada Nasi Berwadah Nanas!

Khao tom adalah sejenis sup nasi dengan tekstur nasi yang direndam kuah kaldu. Cara memasak khao tom yaitu menggunakan kaldu yang diberi herba seperti serai, bawang merah, bawang putih, dan jahe.

Saat disajikan panas, khao tom akan dituangkan beberapa bumbu seperti kecap, saus ikan dan perasan jeruk nipis. Untuk bahan pelengkapnya, beberapa menambahkan bakso babi, ayam suwir, ikan, udang, telur, tahu, dan bawang goreng.

2. Khao Phat
5 Hidangan Berbahan Nasi Asal Thailand, Ada Nasi Berwadah Nanas!

Thailand juga punya versi nasi goreng sendiri yang diberi nama khao phat dan menggunakan bumbu dan cara masaknya sendiri lho. Menggunakan jasmine rice, nasi akan dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, bawang bombai, daun bawang, saus ikan, kecap dan merica.

Selain bumbu tadi, sayuran dan telur ditambahkan pada campuran nasi goreng tadi. Khao phat sering dinikmati bersama dengan perasan jeruk nipis dan saus pedas yang disebut nam pla prik.

3. Khao Mok Gai
5 Hidangan Berbahan Nasi Asal Thailand, Ada Nasi Berwadah Nanas!

Gak cuma nasi goreng versi Thailand, tapi ada juga nasi ayam beriani versi Thailand lho. Sama seperti resep tradisionalnya, ayam dan nasi pada khao mok gai ini dibumbui dengan bubuk kari, cardamom, kunyit, cumin, dan kayu manis.

Meski sama dengan biryani, khao mok gai disajikan sedikit berbeda dengan menggunakan tomat, ketimun, dan saus nam jim. Khao mok gai merupakan hidangan halal yang sering dinikmati oleh muslim Thai lho.

4. Khao op Sapparot
5 Hidangan Berbahan Nasi Asal Thailand, Ada Nasi Berwadah Nanas!

Khao op sapparot merupakan hidangan nasi yang cukup unik karena menggunakan nanas sebagai bahannya dan sebagai wadah. Bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe dimasak terlebih dahulu lalu nasi dan potongan nanas dimasukkan bersama.

Setelah matang, nasi lalu dimasukkan ke wadah nanas yang telah dikeluarkan isinya dan diberi potongan daun bawang. Ayam, kismis, kacang mente, dan potongan cabai juga sering ditambahkan sebagai pelengkap.

5. Khao Khluk Kapi
5 Hidangan Berbahan Nasi Asal Thailand, Ada Nasi Berwadah Nanas!

Khao khluk kapi merupakan hidangan colorful berbahan dasar nasi yang disajikan bersama ragam lauk pauk. Nasi yang digunakan adalah nasi yang digoreng bersama pasta udang lalu disusun bersama lauk pauk lainnya.

Biasanya lauk pauk yang disajikan seperti udang crispy, potongan ayam atau babi, parutan mangga mentah, omelet, ketimun, dan daun bawang. Khao khluk kapi banyak dijual di berbagai kedai jalanan di Thailand dan sering dibeli untuk takeaway.

Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India. Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam.

Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India. Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos.

Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai. Masakan yang mulanya berasal dari Cina, misalnya: jokkwetiau rad nakhao kha moo (moo pa-loh), bamii (bahasa Thai: บะหมี่, mi kuah), dan khao mun gai