Beragam Hidangan Kari lezat Khas Dari Berbagai Negara

Beragam Hidangan Kari lezat Khas Dari Berbagai Negara

Beragam Hidangan Kari lezat Khas Dari Berbagai Negara – Kari atau yang dikenal di Indonesia sebagai kare adalah nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkih. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan.

Bubuk kari (curry powder) atau masala adalah campuran dari berbagai jenis idn poker mobile bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India. Selama ini kita tahu, India terkenal sekali dengan kulinernya yang menggunakan kari. Bumbu yang terbuat dari rempah-rempah tersebut tidak hanya lezat, tapi terasa sekali di lidah sehingga memudahkan penikmatnya menebak citarasa hidangan yang memiliki rasa kari.

1. Roti canai
6 Kuliner Berbagai Negara yang Mengandalkan Rasa Kari, Enak Banget!

Meski masih terdapat pengaruh dari India, roti canai merupakan kuliner asal Aceh yang cukup populer di berbagai daerah Indonesia. Kue pipih ini terbuat dari tepung serta bahan lainnya, dan memiliki pelengkap berupa kari kambing.

Cara menikmati roti canai biasanya dipotong menggunakan tangan, lalu dicolekkan ke kari.

2. Kaeng phanaeng neua
6 Kuliner Berbagai Negara yang Mengandalkan Rasa Kari, Enak Banget!

Selain kaeng matsaman, kuliner Thailand menggunakan kari masih ada lagi yaitu kaeng phanaeng neua. Kuliner ini berbahan utama daging sapi dan babi yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu kari merah khas Thailand.

Dilengkapi dengan kacang polong, kaeng phanaeng neua biasa disajikan sebagai hidangan utama yang disantap dengan menggunakan nasi putih.

3. Curry laksa
6 Kuliner Berbagai Negara yang Mengandalkan Rasa Kari, Enak Banget!

Curry laksa cukup populer di Malaysia dan Singapura. Perpaduan makanan Melayu dan Tionghoa, ini adalah mi tebal dengan pelengkap berupa suwiran daging ayam, udang, dan telur rebus.

Terasa sekali rasa karinya, curry laksa makin sedap dinikmati dengan tambahan rasa pedas dalam keadaan masih hangat. Dijamin, bikin hati kamu jadi bahagia!

4. Kare udon
6 Kuliner Berbagai Negara yang Mengandalkan Rasa Kari, Enak Banget!

Kare raisu memang mengenyangkan. Tapi, semangkuk kare udon bisa bikin kamu jadi kenyang plus blenger! Kuliner asal Jepang ini menjadi hidangan yang pas banget disantap saat lapar.

Di dalam semangkuk kare udon, dilengkai juga dengan irisan daging sesuai selera. Bisa daging babi, ayam, atau sapi. Aroma kare udon makin sedap karena bawang bombai yang ditumis.

5. Coronation chicken
6 Kuliner Berbagai Negara yang Mengandalkan Rasa Kari, Enak Banget!

Meski hidangan Britania Raya identik dengan daging, bacon, sosis, dan beragam olahan daging lainnya. Coronation chicken menjadi hidangan pilihan juga apalagi saat musim dingin tiba karena kari yang terkandung pada coronation chicken cukup menghangatkan.

Coronation chicken sendiri tak lain adalah daging ayam suwir dimasak bersama bumbu kari, mayones, dan bumbu lainnya.

6. Currywurst
6 Kuliner Berbagai Negara yang Mengandalkan Rasa Kari, Enak Banget!

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan currywurst? Makanan khas Jerman, ini menjadi kuliner andalan negara yang dilalui eksotisnya Sungai Rheine tersebut.

Currywurst adalah sosis panggang dan kentang goreng yang diguyur dengan saus tomat dan taburan bubuk kari. Saking sedapnya, kuliner ini punya museum currywurst yang terbuka untuk umum di Jerman.

Itu tadi enam kuliner dari berbagai negara yang mengandalkan rasa kari.  Bukan hanya India saja kan yang punya olahan kari? Buat kamu yang suka masakan dengan rasa kari, kuliner tadi dapat dijadikan pilihan.

Bumbu kari baik untuk tubuh karena terbuat dari rempah-rempah, yang mana tidak hanya meningkatkan imun tubuh tapi juga membantu menghindarkan dari penyakit.

Dalam bahasa-bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus atau saus. Kata kerja karughi dalam bahasa Tamil berarti menggoreng dengan minyak banyak (atau membakar). Dalam bahasa Kannada, kari juga menggoreng atau hidangan gorengan. Dalam sebagian bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti.

Di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosakata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah.

Kepopuleran kari telah menyebar dari anak benua India ke dalam khazanah masakan dunia. Setiap negara memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu. Kari telah menjadi makanan dunia, dan diadopsi ke dalam masakan Thailand, masakan Inggris, dan masakan Jepang.