Beberapa Olahan Telur Khas Yunani dengan Rasa yang Maknyuss

Beberapa Olahan Telur Khas Yunani dengan Rasa yang Maknyuss

Beberapa Olahan Telur Khas Yunani dengan Rasa yang Maknyuss – Semua negara yang ada di dunia ini, tentunya memiliki banyak sekali makanan khas dari negara – negara tersebut seperti halnya makanan khas Yunani. Makanan khas itupun memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan makanan khas negara yang lainnya, sesuai dengan kondisi serta penampakan alam yang ada di daerah negara masing-masing.

Dengan makanan-makanan tertentu, seseorang yang tinggal di daerah tersebut dapat hidup dengan baik dan beradaptasi dengan kondisi alam yang ada pada negara tersebut. Yunani adalah salah satu negara yang mempunyai beberapa olahan telur yang menggugah selera.

Sebagian dari olahan telur ini dibuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan dan juga cara pembuatannya juga tergolong simpel dan mudah. Olahan telur khas negara ini juga dapat menjadi menu sarapan yang tak pernah membosankan.

1. Omeletta

5 Ragam Olahan Telur Khas Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Omeletta merupakan olahan telur yang terbuat dari kentang goreng, telur, dan sayuran seperti paprika. Semua bahan-bahan tersebut lalu dipanggang di kedua sisi sampai matang merata dan siap untuk dinikmati.

Biasanya telur dadar ini dikonsumsi dengan sosis, irisan lemon, dan salad di sampingnya. Beberapa orang menambahkan brokoli, jamur, hingga sayuran segar lainnya sebagai isian dari telur untuk meningkatkan rasa.

2. Strapatsada

5 Ragam Olahan Telur Khas Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Strapatsada menjadi salah satu makanan yang paling terkenal di negara ini. Makanan ini terbuat dari tomat yang dipotong dadu, lalu ditumis dan dibumbui dengan rempah segar. Selanjutnya dikombinasikan dengan telur yang telah dikocok ringan. Kemudian ditaburi keju feta yang dihancurkan.

Makanan ini umumnya dihidangkan sebagai makanan utama yang ringan atau sebagai pelengkap berbagai daging panggang. Makanan ini dapat dinikmati dengan roti atau salad segar.

3. Sfougato

5 Ragam Olahan Telur Khas Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Sfougato merupakan makanan yang terbuat dari kombinasi telur kocok, keju parut dan banyak rempah segar dan sayuran. Terdapat beragam versi makanan ini di seluruh Yunani, tetapi beberapa bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatannya selain telur adalah bawang segar, zucchini, mint, dill, keju feta lunak dan keju keras seperti Kefatolyri, remah roti atau kerupuk asin, susu, minyak zaitun, garam, dan merica.

Bahan pembuatannya melimpah sehingga menciptakan cita rasa yang kaya dan juga nikmat. Makanan sehat ini dihidangkan sebagai menu sarapan yang bergizi.

4. Staka me ayga

5 Ragam Olahan Telur Khas Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Staka me ayga merupakan makanan sederhana yang terbuat dari telur rebus atau goreng dan staka lokal, yang merupakan sejenis krim mentega yang dicampur dengan tepung. Campuran dadi bahan tersebut lalu diberi bumbu seperti garam dan merica. Makanan ini umumnya dihidangkan dalam keadaan hangat untuk sarapan.

Makanan ini biasanya disantap bersamaan dengan babi asap atau bisa juga dinikmati sebagai olesan pada irisan roti, sebagai saus, atau sebagai lauk.

5. Fourtalia

5 Ragam Olahan Telur Khas Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Fourtalia merupakan telur dadar tradisional yang berasal dari wilayah Andros. Makanan ini pada dasarnya terbuat dari telur, kentang, dan sosis. Cara pembuatannya yaitu, pertama-tama kentang dipotong lalu digoreng dengan minyak zaitun dan lemak babi. Kemudian potongan sosis ditambahkan tepat setelah kentang mulai berubah warna menjadi keemasan.

Selama tahap ini, bahan-bahan seperti paprika, bawang, dan bacon dapat ditambahkan. Telur kocok ditambahkan pada tahap terakhir. Selanjutnya telur dadar digoreng hingga mengembang. Olahan telur khas Yunani di atas dapat menjadi referensi menu baru untuk dibuat di rumah. Semuanya terlihat menggoda ya.

Keju feta merupakan salah satu makanan khas Yunani yang merupakan olahan susu domba. Keju feta sendiri memiliki cita rasa yang lebih asin jika dibandingkan dengan keju – keju yang lain sebab keju feta dibuat dengan cara direndam pada larutan garam selama beberapa waktu.

Tak hanya asin, keju feta juga memiliki tekstur yang lebih keras dan warnanya agak keputih – putihan. Biasanya keju feta ini digunakan sebagai bahan campuran aneka makanan khas Yunani yang lainnya.