Beberapa Olahan Daging Khas Tuscany yang Menggugah Selera

Beberapa Olahan Daging Khas Tuscany yang Menggugah Selera

Beberapa Olahan Daging Khas Tuscany yang Menggugah Selera – Masakan Toscana (cucina toscana) adalah jenis masakan yang berasal dari regione Toscana, Italia. Tradisi kuliner Toscana, seperti kebanyakan daerah lain di Italia, dikenal akan penggunaan bahan yang berkualitas terbaik dengan resep yang sederhana, tetapi simbol kulinernya yang paling dikenal adalah “roti  dan minyak”.

Roti khas Toscana terkenal di seluruh Italia seperti minyak yang dihasilkannya, terutama yang berasal dari perbukitan Lucca. Produk khas Toscana antara lain berbagai jenis sosis, salami, ham, dan minuman anggur. Italia, khususnya Tuscany terkenal dengan olahan daging berbumbunya yang lezat. Aroma dari makanan yang dihasilkan pun juga semerbak dan membuatnya makin menggoda.

Terdapat semur, daging panggang, hingga pasta daging yang bisa dinikmati. Olahan daging khas Tuscany juga dapat menjadi inspirasi menu yang menggugah selera. Apa saja menu berbahan dasar daging khas Tuscany, Italia? Berikut lima diantaranya.

1. Arista
Lezatnya Bikin Jatuh Hati, Ini 5 Olahan Daging Khas Tuscany, Italia

Bagi yang menyukai babi panggang, maka bisa mencoba arista. Makanan ini terbuat dari pinggang babi tanpa lemak, rosemary cincang halus, minyak zaitun extra virgin, bawang putih, garam, dan merica. Selanjutnya daging diberi lumuran dari kombinasi rosemary, bawang putih, garam, dan merica sebelum diikat dengan benang.

Daging pn diletakkan ke dalam loyang dengan minyak zaitun dan dimasak sambil membalik daging sesering mungkin. Setelah mengalami proses pemanggangan, daging dipotong menjadi irisan tipis dan siap dinikmati, baik dalam keadaan panas maupun dingin dengan saus lezat yang dituangkan di atas daging.

2. Pappardelle all’anatra
Lezatnya Bikin Jatuh Hati, Ini 5 Olahan Daging Khas Tuscany, Italia

Pappardelle all’anatra adalah makanan yang terbuat dari campuran daging bebek, bawang putih, tomat, anggur merah, kaldu, bawang bombai, wortel, seledri, minyak zaitun, sagerosemary, daun salam, dan pasta pappardelle.

Untuk memperkaya rasa, maka hidangan ini dikombinasikan dengan saus daging hangat yang direbus sampai berkurang, dan selanjutnya dikombinasikan dengan pasta pappardelle. Ketika dihidangkan, pappardelle all’anatra secara tradisional dihiasi dengan parutan parmesan.

3. Maiale ubriaco
Lezatnya Bikin Jatuh Hati, Ini 5 Olahan Daging Khas Tuscany, Italia

Maiale ubriaco adalah makanan yang dibuat dengan daging babi yang diberi bumbu yang berupa bawang putih, garam, merica, dan biji adas. Bahan-bahan tadi digoreng sebentar dalam minyak zaitun, kemudian direbus perlahan dalam red wine yang melimpah hingga daging lunak.

Pada musim dingin, maiale ubriaco sering dihidangkan dengan kangkung yang dicincang dan ditambahkan hanya beberapa menit sebelum hidangan dimasak. Sementara pada musim semi atau musim panas, sayuran panggang atau selada musiman menjadi hidangan pelengkap terbaik.

4. Cinghiale in umido
Lezatnya Bikin Jatuh Hati, Ini 5 Olahan Daging Khas Tuscany, Italia

Semur bisa menjadi alternatif hidangan berkuah yang nikmat. Salah satunya adalah cinghiale in umido. Hidangan ini menjadikan daging babi hutan sebagai bahan utamanya. Bahan pendukung lainnya adalah cuka, red wine, wortel, seledri, bawang bombai, bawang putih, minyak zaitun, dan saus tomat.

Untuk memperkaya rasa, maka semur diberi bumbu yang berupa daun salam, cabai merah, dan buah juniper. Cinghiale in umido paling nikmat saat dihidangkan dengan kacang putih, kentang panggang, dan irisan roti di sampingnya.

5. Involtini di maiale
Lezatnya Bikin Jatuh Hati, Ini 5 Olahan Daging Khas Tuscany, Italia

Salah satu hidangan yang paling populer yang bisa dinikmati selama di Tuscany adalah involtini di maiale. Makanan ini dibuat dengan gulungan daging babi yang diisi dengan bayam dan ricotta. Bahan pendukung lainnya adalah babi pinggang, garam, merica, pala, pancetta, minyak zaitun, dan white wine.

Cara pembuatannya yaitu, pinggang babi diiris, kemudian dipipihkan. Selanjutnya kombinasi bahan seperti ricotta, bayam, garam, merica, dan pala ditaburkan di setiap irisan.

Selanjutnya, gulung daging dan dibungkus dengan pancetta, diikat dengan tusuk gigi, lalu dibakar dalam minyak zaitun. Sedangkan white wine di tambahkan pada akhir proses untuk melunakkan daging. Kelima olahan daging di atas dapat menjadi referensi menu bagi kalian yang menyukai aneka hidangan daging. Bisa buat di rumah juga, lho.

Toscana dikenal sebagai pusat anggur berkualitas di Italia, yang terdiri atas 14 buah kawasan produksi anggur. Produk anggurnya yang paling terkenal adalah anggur merah Chianti yang memiliki aroma kuat. Chianti berkualitas terbaik dinamakan Chianti Classico dengan label Gallo Nero (“black rooster”).

Anggur merah lainnya yang banyak dikenal antara lain Montepulciano dan Brunello di Montalcino, yang diproduksi di perbukitan dekat Siena. Sementara itu anggur putih yang terkenal antara lain Vernaccia di San Gimignano dan Galestro.