Beberapa Makanan ini Berguna untuk Menghilangkan Rasa Mual

Beberapa Makanan ini Berguna untuk Menghilangkan Rasa Mual

Beberapa Makanan ini Berguna untuk Menghilangkan Rasa MualMual adalah rasa seperti ingin muntah dan tidak nyaman pada perut. Gejala ini dapat timbul jika Anda: Terlalu banyak makan. Menghirup aroma yang menjijikan atau tidak Anda sukai. Siapa pun dapat merasakan mual, baik itu ibu hamil atau orang yang sedang bepergian dengan kendaraan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam makanan penghilang rasa mual yang bisa dicoba, mulai dari jahe, kue kering, hingga kaldu.

Makanan penghilang rasa mual yang ampuh

Saat sedang merasa mual, terkadang kita enggan untuk makan karena takut rasa mual menjadi semakin parah. Namun ingat, Dilansir dari Login Poker Online tubuh membutuhkan makanan untuk sebagai sumber tenaga dan menenangkan perut. Maka dari itu, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan penghilang rasa mual berikut ini.

1. Jahe

Cara Menanam Jahe dengan Benar, Bisa Panen dalam 4 Bulan Halaman all -  Kompas.com

Jahe telah lama digunakan untuk mengatasi mual dalam pengobatan tradisional. Rempah ini memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang dapat membantu tubuh mengosongkan lambung dan meredakan gejala mual.Sebuah ulasan dari berbagai riset menemukan bahwa jahe lebih efektif dalam mengurangi tingkat frekuensi mual pada ibu hamil, dibandingkan dengan obat plasebo.Para peneliti juga mengungkapkan bahwa jahe lebih efektif untuk mengatasi morning sickness, mabuk laut, serta mual yang diakibatkan oleh kemoterapi.

2. Kaldu

Resep Kaldu Ayam Homemade, Bikin Tubuh Hangat Saat Musim Hujan

Ternyata, kaldu ayam dan sayuran termasuk salah satu makanan penghilang rasa mual yang ampuh. Alasannya, kedua makanan ini mengandung nutrisi yang mudah dicerna saat Anda merasa mual.Anda juga akan cenderung berkeringat dan muntah saat sedang mual. Kaldu ayam dan sayuran dapat mengganti cairan tubuh, garam, serta elektrolit yang hilang akibat berkeringat dan muntah tersebut.

3. Makanan kering

Resep: Kue Kering Telur Gabus Nggak Pake Lama

Makanan kering juga bisa meredakan gejala mual yang Anda rasakan, misalnya roti panggang, kue pretzel, kue gandum, hingga kue beras.Berbagai makanan kering ini memiliki rasa tawar dan mudah dicerna sehingga cocok dikonsumsi saat mual. Selain itu, makanan kering juga tidak memiliki bau sehingga tidak memperparah mual yang Anda alami.

4. Makanan berprotein tinggi

Selain Daging, Kenali Juga 6 Makanan Berprotein Tinggi Halaman all -  Kompas.com

Makanan berprotein tinggi berkhasiat dalam menghilangkan rasa mual. Sebuah riset membuktikan bahwa makanan ini dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil, dibandingkan makanan berkarbohidrat dan berlemak tinggi.Selain itu, kombinasi antara jahe dan suplemen protein tinggi juga ampuh meredakan mual pada pasien yang sedang menjalani kemoterapi.Meski bermanfaat, belum diketahui secara pasti mengapa makanan berprotein tinggi bisa menghilangkan rasa mual. Namun, para ahli percaya, makanan ini bisa menormalkan aktivitas lambung dengan meningkatkan sekresi hormon gastrin.Ada banyak makanan yang berprotein tinggi yang bisa Anda coba, contohnya daging ayam atau kalkun, daging ikan, dan produk olahan susu (Greek yogurt hingga keju).

5. Saus apel
Saus apel adalah makanan penghilang rasa mual

Saus apel merupakan makanan yang terbuat dari apel rebus yang dihaluskan. Jarang yang tahu kalau saus ini termasuk dalam makanan penghilang rasa mual yang cukup ampuh.Sebuah penelitian sudah membuktikan, pasien kemoterapi yang mengonsumsi saus apel, bersamaan dengan keju cottage dan es krim vanila mampu mengurangi frekuensi rasa mual dan muntahnya.Tidak hanya itu, saus apel juga mengandung serat pangan bernama pektin, yang bisa membantu meredakan diare saat Anda merasa mual.

6. Pisang

Suka Makan Pisang? Inilah 6 Manfaat Pisang yang Harus Kamu Tahu - Semua  Halaman - Bobo

Selama mual, Anda bisa mengalami muntah dan diare sehingga tubuh berpotensi dehidrasi dan kehilangan kalium. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba makan pisang. Selain rasanya lezat, pisang dapat mengganti kalium yang hilang selama Anda muntah dan diare.Selain itu, makanan penghilang rasa mual ini juga bisa menyediakan energi bagi tubuh selama masa pemulihan, terutama jika rasa mual yang Anda rasakan terjadi akibat penyakit kronis dan Anda sulit untuk menjaga berat badan.

7. Makanan dingin

Jangan Biasakan Makan Makanan Panas Lalu Minum Minuman Dingin -  Tribunnews.com Mobile

Makanan dingin cocok untuk dikonsumsi jika Anda sedang mual karena baunya tidak menyengat dan tidak memperparah rasa mual, terutama untuk ibu hamil yang sangat sensitif terhadap bau sehingga mudah merasa mual.Ada banyak makanan yang dapat didinginkan dan disantap saat mual, seperti buah-buahan, puding hingga yogurt.