Beberapa Kudapan Tradisional dengan Rasa yang Manis

Beberapa Kudapan Tradisional dengan Rasa yang Manis

Beberapa Kudapan Tradisional dengan Rasa yang Manis – Kue adalah kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Kue biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Jajanan tradisional asli Indonesia memang memiliki cita rasa yang beragam. Mulai dari asin, pedas, sampai manis pun siap memanjakan lidah.

Kue sering kali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu. Kue tradisional Nusantara lazim ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia. Meski tergolong jadul, ragam jajanan khas Indonesia mampu bersaing dengan jajanan masa kini lho, karena cita rasanya sudah teruji sejak berabad-abad lalu.

Nah, Dilansir dari Daftar IDN Poker77 dari sekian banyak jajanan tradisional, ada kudapan yang disajikan dengan kuah manis. Camilan ini cocok banget kamu jadikan dessert selepas makan. Berikut beberapa kudapan tradisional tersebut, dijamin enak!

1. Petulo
Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah Manis

Petulo menjadi salah satu jajanan tradisional yang disajikan dengan kuah manis. Makanan ini paling diminati oleh masyarakat Banyuwangi. Namun keberadaanya kini mudah ditemui di Pulau Jawa.

Petulo paling sering muncul ketika bulan Ramadhan karena menjadi menu takjil. Teksturnya yang kenyal dipadu kuah gula merah nan legit, cocok disajikan sebagai menu berbuka atau dessert selepas makan.

2. Surabi kinca
Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah Manis

Berbeda dengan kuliner serabi milik daerah lain, sajian surabi khas Bandung ini memiliki ciri khas yakni disajikan bareng kuah kinca.

Tekstur surabi yang lembut berpori dengan aroma pandan, nikmatnya lumer di lidah ketika kamu cicipi dengan kuah kinca yang manis. Nah, kuah kinca ini terbuat dari santan serta gula merah yang rasanya gak bikin eneg.

3. Kue putri mandi
Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah Manis

Putri mandi adalah salah satu kue atau jajan khas yang berasal dari daerah Sumbawa. Kue tersebut terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat lalu direbus hingga mengambang dan ditiriskan.

Terdiri dari bola-bola serupa kue klepon yang berisi unti kelapa, tampilan warna-warni dari kue putri mandi pun sekilas bikin menggoda selera. Bertekstur lembut dengan perpaduan sensasi manis gurih, bakal jadi rasa paling have fun di mulut kamu!

4. Apam aceh
Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah Manis

Apam Aceh, begitu warga menyebut takjil sederhana ini. Kuliner tradisonal tersebut warisan leluhur yang berasal dari Kabupaten Pidie, yang kemudian menyebar ke seluruh wilayah Aceh. Bahkan, ada kenduri (pesta) Apam khusus yang diperingati saban bulan Rajab, dalam penanggalan Hijriah di wilayah asalnya. Namun kini apam banyak dijumpai di beberapa gerai makanan serta warung kopi.

Kudapan ini berbahan dasar campuran adonan tepung beras, santan, dan garam yang dipanggang. Apam umumnya disajikan dengan pelengkap kuah berisi irisan buah pisang yang tak kalah manis rasanya.

5. Bolu peca
Inspirasi Menu Dessert, Ada 5 Kudapan Tradisional dengan Kuah Manis

Selanjutnya ada jajanan tradisional asal Sulawesi Selatan bernama bolu peca. Kue yang satu ini biasa disuguhkan oleh masyarakat Makassar pada acara pernikahan.

Teksturnya yang lembut, dipadu dengan rasa manis legit dari siraman kuah gula merah, membuat pole peca terasa begitu nikmat semenjak gigitan pertama.