Beberapa Kreasi Makanan yang Diolah Bersama Dengan Masala

Beberapa Kreasi Makanan yang Diolah Bersama Dengan Masala

Beberapa Kreasi Makanan yang Diolah Bersama Dengan Masala – Garam masala adalah bubuk rempah-rempah hasil racikan untuk masakan India. Dalam bahasa Hindi, garam berarti panas (bukan pedas), dan masala berarti racikan rempah-rempah.

Bubuk ini ditambahkan ke dalam masakan sebagai penambah aroma. Bila kamu merupakan orang-orang yang senang dengan masakan berbumbu disertai cita rasa rempah yang kental, maka menjadikan masala sebagai perasa wajib di dapur merupakan pilihan yang tepat.

Masala sendiri merupakan gabungan dari bahan-bahan yang terkait dengan aneka bawang-bawangan, jahe, hingga garam masala. Biasanya, bumbu ini cenderung dipakai untuk membuat kuah suatu hidangan jadi lebih enak.

1. Chicken tikka masala
5 Kreasi Makanan dengan Masala yang Bikin Tambah Nikmat

Tikka masala merupakan salah satu proses pemasakan daging-dagingan dengan bantuan garam masala, rempah-rempah, dan yogurt atau krim untuk menghasilkan sensasi makanan yang kaya rasa dan creamy.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan ayam yang telah dimasak di atas wajan. Kemudian olah bumbu dari campuran bawang-bawangan, garam masalah, jahe, jintan, kunyit, tomat, heavy cream, serta tambahkan ayam matang tersebut ke dalamnya.

2. Lamb masala
5 Kreasi Makanan dengan Masala yang Bikin Tambah Nikmat

Hidangan berikutnya yang bisa disajikan ke dalam bumbu masala, tak lain adalah daging domba. Makanan tersebut menjadi favorit untuk menggantikan daging sapi karena rasanya yang tidak kalah sedap.

Sebelumnya, olah masala dari campuran bawang bombai, jahe, bawang putih, kunyit, ketumbar, bubuk kari, tomat, serta bumbu penambah rasa. Setelah itu, campurkan daging yang telah direbus dalam masala dan masak beberapa saat.

3. Chana masala
5 Kreasi Makanan dengan Masala yang Bikin Tambah Nikmat

Chana masala merupakan salah satu sajian populer yang diolah menggunakan kacang Arab dalam kuah kaya rempah. Makanan ini sering kali dijadikan teman untuk mengonsumsi roti atau pendamping olahan lainnya.

Komponen pengolahannya memerlukan bahan yang cukup banyak, mulai dari bawang-bawangan, jahe, jintan, ketumbar, cabai, biji mustard, kunyit, lada, garam masala, tomat, kacang, serta bumbu perasa.

4. Spicy prawn masala
5 Kreasi Makanan dengan Masala yang Bikin Tambah Nikmat

Bahan berikutnya yang paling pas disantap dengan bumbu masala adalah udang. Bahkan kamu bisa turut menambahkan bubuk cabai pada masakan untuk menghasilkan sensasi pedas yang menarik hati.

Selain itu, bahan bumbu lain yang diperlukan adalah jintan, cengkih, bawang bombai, bawang putih, jahe, serta tomat. Gunakan udang ukuran medium supaya lebih nikmat ketika disantap, baik itu bersama nasi atau tidak.

5. Tofu tikka masala
5 Kreasi Makanan dengan Masala yang Bikin Tambah Nikmat

Tidak cuma dimasak dengan daging dan seafood, buat kamu yang suka dengan tofu, maka bahan masakan tersebut pun nggak kalah enak untuk dikombinasikan bersama tikka masala yang memanjakan lidah.

Tofu perlu dimarinasi menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari garam masala, jahe, bawang putih, jintan, ketumbar, yogurt, kemudian panggang. Sedangkan tikka masala-nya dimasak terpisah.

Cukup campurkan yogurt, tomat yang telah dihancurkan, jintan, bumbu perasa, serta paprika. Setelah itu, masukkan tofu ke dalamnya dan masak sampai komponen tercampur dengan merata.

Wah, ada banyak bahan baku yang bisa disajikan dengan aneka macam bumbu masala. Dengan begini, rasa hidangan pun akan terasa lebih nendang saat dikonsumsi sehari-hari.

Walaupun bahan garam masala bisa berbeda-beda menurut daerahnya di India, namun garam masala umumnya dibuat dari lada (hitam/putih), cengkih, daun salam koja, cabe jawa, jintan hitam, jintan, kayu manis, kapulaga (hitam, coklat, hijau), biji pala, fuli, dan bunga lawang. Semua bahan dihaluskan menjadi satu.

Di India Utara dan India Timur, garam masala dibuat dari cengkih, kapulaga, kayu manis, daun cassia, biji pala, dan fuli. Lada hitam sering ditambahkan untuk campuran yang segera habis dipakai karena aroma lada cepat hilang.

Garam masala yang dijual di pasaran kemungkinan menggunakan rempah-rempah yang lebih murah. Di dalamnya mungkin ditambahkan bubuk cabai,  bawang putih, jahe, wijen, kunyit, ketumbar, salam koja, pekak, dan adas.