Beberapa Kreasi Blackened Food yang Menggugah Selera Makan

Beberapa Kreasi Blackened Food yang Menggugah Selera Makan

Beberapa Kreasi Blackened Food yang Menggugah Selera Makan –  Blackened Food adalah teknik memasak yang digunakan dalam persiapan ikan dan makanan lainnya. Sering dikaitkan dengan masakan Cajun , teknik ini dipopulerkan oleh koki Paul Prudhomme. 

Makanan dicelupkan ke dalam mentega cair kemudian ditaburi campuran  bumbu dan rempah – rempah , biasanya kombinasi thymeoreganocabaimericagarambubuk bawang putih dan bubuk bawang merah . Makanan berwarna gelap kadang-kadang tersaji bukan karena gosong, lho.

Melainkan sengaja dibuat lebih hitam supaya tampak menarik, dan menggugah selera ketika disantap sebagai menu makan sehari-hari. Sajian dengan model seperti itu ada pula yang dikenal sebagai blackened food. Biasanya teknik pemasakan dilakukan dengan cara dipanggang atau dibakar untuk menghasilkan warna yang lebih gelap.

1. Blackened green bean
5 Macam Blackened Food yang Bikin Sajian Makin Berselera

Buncis merupakan salah satu jenis tanaman kacang-kacangan yang sangat populer di dalam negeri. Biasanya, buncis dipakai sebagai isian dari sup atau salad tradisional Indonesia yang kaya rasa.

Namun begitu, buncis tetap cocok apabila dijadikan blackened food yang simpel dan berbumbu. Gunakan wajan dengan sedikit minyak untuk memasak buncis, tambahkan bawang putih, cabai bubuk, dan paprika, lalu masak hingga warnanya menggelap.

2. Blackened carrot
5 Macam Blackened Food yang Bikin Sajian Makin Berselera

Masih seputar sayuran, olahan berikutnya yang paling pas disantap sebagai blackened food adalah wortel. Bahan baku kaya beta karoten ini akan terasa nikmat, akibat permukaan yang terbakar karena pemanggangan.

Nggak sulit untuk membuat blackened carrot, cukup siapkan wortel yang telah dibersihkan, kemudian potong-potong dan baluri memakai bumbu perasa dan mentega. Masukkan ke dalam oven, lalu masak hingga beberapa menit.

3. Blackened salmon
5 Macam Blackened Food yang Bikin Sajian Makin Berselera

Bahan selanjutnya yang paling pas untuk disantap sebagai blackened food sudah menjadi salah satu kudapan favorit sebagian orang. Sebab, ikan salmon bisa menjadi pengganti makanan utama di segala situasi mendukung.

Campuran bahan yang digunakan untuk bisa menghasilkan warna ikan lebih gelap bisa terdiri dari gula cokelat, mentega, lada, bubuk bawang-bawangan, oregano, cabai, daun timi, dan air lemon untuk menyegarkan masakan.

4. Blackened shrimp
5 Macam Blackened Food yang Bikin Sajian Makin Berselera

Menyantap seafood sudah paling betul dengan menambah aneka bumbu memanjakan lidah, hal ini dilakukan untuk menciptakan perpaduan rasa yang lebih menggugah, supaya nafsu makan turut meningkat.

Di sini, kamu memerlukan setidaknya bubuk bawang-bawangan, oregano, paprika, bubuk cabai, hingga mentega. Tumis seluruh komponen yang tersedia, kemudian masak sampai udang berubah menjadi gelap.

5. Blackened tofu
5 Macam Blackened Food yang Bikin Sajian Makin Berselera

Memasak tofu menjadi blackened food adalah cara terbaik dalam menghasilkan masakan yang praktis dan kaya rasa. Terlebih bahan-bahan yang dipersiapkan pun masih dalam hitungan jari, serta pas buat ide makan malam sekalipun.

Untuk bisa menghasilkan warna tofu yang gelap. Maka tofu perlu dimarinasi terlebih dahulu. Gunakan soy sauce, bubuk paprika, bubuk bawang putih, oregano, timi, sedikit minyak, lada, serta bubuk cabai. Masak di atas wajan, dan sajikan.

Blackened food menjadi inspirasi untuk menghasilkan masakan yang unik dan menggugah selera. Berbagai bahan baku bisa dijadikan menu blackened food, sebagai pengganti lauk mainstream sehari-hari.

Kemudian dimasak dalam wajan besi yang sangat panas . Karakteristik warna coklat-hitam pada kerak dihasilkan dari kombinasi padatan susu kecokelatan dari mentega dan rempah-rempah yang hangus. Sementara resep aslinya menyebut ikan merah ( Red drum ), metode persiapan yang sama dapat diterapkan pada jenis ikan lain dan sumber protein lainnya, seperti steak , irisan daging ayam atau tahu.

Salah satu pemandangan paling mencolok di meja makan adalah sepotong ayam atau sepotong zucchini dengan kulit hitam bergaris di sampingnya. Area menghitam pada sepotong ikan, daging, atau sayuran yang dimasak dengan baik – panas dari panggangan atau kompor – menjanjikan kerak yang renyah dan rasa berasap.