Beberapa Jenis Pasta Khas Roma yang Paling Populer

Beberapa Jenis Pasta Khas Roma yang Paling Populer

Beberapa Jenis Pasta Khas Roma yang Paling Populer – Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, yang biasanya terbuat dari adonan tidak beragi berbahan tepung gandum durum (semolina) yang dicampur dengan air atau telur dan dibentuk menjadi lembaran-lembaran atau bentuk-bentuk yang beragam, Italia terkenal dengan hidangan pastanya. Negara ini mempunyai lebih dari 50 olahan pasta. Beberapa diantaranya berasal dari Roma.

Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus. Pasta berasal dari bahasa Italia  “pasta alimentare” yang berarti adonan bahan makanan. Kota ini menciptakan olahan pasta dengan beragam baham yang membuatnya terkenal akan kelezatannya.

Bahkan dari tampilannya saja sudah menggugah selera. Cara pembuatannya pun tergolong mudah, sehingga membuatnya makin difavoritkan. Apa saja menu pasta di kota ini? Berikut ulasannya.

1. Pasta carbonara
5 Ragam Pasta Khas Roma yang Paling Terkenal, Yummy Abis!

Pasta carbonara menjadi salah satu makanan favorit di Roma. Makanan ini dibuat dengan menaburkan spageti dengan guanciale, yaitu rahang babi yang diawetkan, kuning telur, dan keju pecorino romano.

Makanan ini tak hanya terkenal di Italia, namun dengan mudah ditemukan diberbagai negara. Salah satunya adalah Indonesia. Banyak orang yang meletakkan kuning telur mentah di atasnya atau bisa juga bacon yang telah digoreng.

2. Cacio e pepe
5 Ragam Pasta Khas Roma yang Paling Terkenal, Yummy Abis!

Cacio e pepe merupakan makanan yang dibuat dengab pasta, yang biasanya spageti, keju pecorino romano yang sudah tua, garam, dan banyak lada hitam. Karena bahan-bahan pembuatannya mudah dibawa dan tidak mudah rusak.

Pasta ini pernah menjadi makanan favorit para gembala Romawi. Banyak orang yang menambahkannya dengan bacon goreng dan keju parut yang diletakkan di atasnya.

3. Spaghetti alla checca
5 Ragam Pasta Khas Roma yang Paling Terkenal, Yummy Abis!

Spaghetti alla checca merupakan hidangan yang dibuat dengan spaghetti dan saus tomat mentah yang disebut checca. Bahan lainnya adalah tomat yang keras dan tidak terlalu matang, minyak zaitun, garam, merica, peterseli, zaitun, kemangi, biji adas, dan spageti.

Cara persiapannya yaitu, tomat diiris, lalu diberi minyak zaitun. Setelahnya diberi bumbu garam dan merica. Selanjutnya dikombinasikan dengan campuran peterseli cincang, zaitun, kemangi, dan biji adas. Spaghetti dimasak hingga matang, lalu ditiriskan dan disiram dengan kombinasi tomat sampai pasta agak dingin dan siap dihidangkan.

4. Pasta alla carrettiera
5 Ragam Pasta Khas Roma yang Paling Terkenal, Yummy Abis!

Pasta alla carrettiera merupakan hidangan yang terbuat dari spaghetti, peterseli, tuna, cabai, bawang putih, dan jamur porcini. Berbeda dengan di Roma, di Sisilia hidangan ini dibuat lebih sederhana.

Makanan dibuat dengan bahan yang mencakup spaghetti, peterseli, tomat, minyak zaitun, bawang putih, cabai, dan keju pecorino. Orang Roma biasanya menghidangkan dengan segelas white wine disampingnya.

5. Pasta alla zozzona
5 Ragam Pasta Khas Roma yang Paling Terkenal, Yummy Abis!

Pasta alla zozzona merupakan makanan yang terbuat dari campuran pasta pendek seperti penne atau rigatoni, sosis babi, tomat, anggur merah, minyak zaitun, dan parutan pecorino romano. Pasta direbus hingga matang sempurna lalu dicampur dengan saus.

Setelahnya makanan ini dihidangkan dengan parutan keju pecorino di atasnya. Makanan ini simpel dan juga mudah dalam pembuatannya, tak ayal menjadi favorit banyak orang.

Pasta khas kota Roma ini terkenal akan kelezatannya. Menjelajahi kota dengan menikmati pasta tentu menjadi pengalaman yang mengesankan.