Beberapa Hidangan Olahan Terong yang Menggugah Selera Makan

Beberapa Hidangan Olahan Terong yang Menggugah Selera Makan

Beberapa Hidangan Olahan Terong yang Menggugah Selera Makan – Terung adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.

Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm tingginya. Lauk pauk bisa menjadi hidangan pelengkap dalam setiap makanan. Biasanya tanpa lauk, tentu makanan menjadi kurang mantap dalam segi rasa.

Lauk juga biasanya dikonsumsi bersamaan dengan nasi, kentang tumbuk, atau juga berbagai salad. Terdapat berbagai lauk pauk yang terbuat dari terong yang tentu selain enak, juga menyehatkan. Terong diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan cita rasa yang menggoda.

1. Peperonata
5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!

Italia mempunyai lauk andalan yang bernama peperonata. Hidangan ini terbuat dari paprika terong, tomat, bawang, zucchini, dan terkadang juga ditambahkan dengan kentang. Makanan ini menjadi pendamping yang sempurna untuk berbagai olahan daging, terutama yang dipanggang.

Hidangan ini juga bisa menjadi topping bruschetta. Makanan ini juga biasanya disantap dengan roti atau bahkan menjadi pelengkap dari pasta.

2. Caponata
5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!

Caponata adalah menu khas Italia yang disiapkan di seluruh negeri. Hidangan ini memanfaatkan hasil panen terong dan tomat akhir musim panas yang melimpah.

Bahan pendukung lainnya adalah caper, zaitun, bawang, dan seledri yang memberikan gigitan yang menyegarkan pada hidangan lezat ini. Selain itu, tambahan lain yang tak kalah membuat hidangan enak adalah kacang pinus, kismis, almond, dan paprika friggitello.

3. Kuku bademjan
5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!

Kuku bademjan adalah hidangan berbahan dasar terong yang dilengkapi dengan telur, beragam sayuran lain, rempah segar, dan terkadang untuk menambah rasa, maka bahan seperti kenari cincang atau barberry Iran yang tajam juga ditambahkan.

Makanan ini secara tradisional berbentuk seperti pancake bulat tebal atau telur dadar yang digoreng di kedua sisinya. Hidangan ini dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

4. Patlıcan dolmasi
5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!

Tak kalah dengan negara lainnya, Turki juga mempunyai lauk pauk yang berbahan dasar terong. Lauk ini adalah patlıcan dolmasi.

Terong isi ini terbuat dari terong kering yang direbus terlebih dahulu hingga lunak, lalu kemudian diberi isian yang berupa bahan-bahan seperti mint, molase delima, bawang, daging giling, nasi, bulgur, kismis, atau kacang pinus. Olahan terong ini biasanya menjadi hidangan pelengkap dari roti kering atau salad zaitun hijau.

5. Samfaina
5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!

Samfaina adalah makanan yang terbuat dari terong, tomat, bawang bombay, paprika, dan minyak zaitun. Banyak orang yang juga menambahkan beberapa bahan seperti bawang putih atau memanggang paprika sebelum membuat makanan ini.

Selain lauk, makanan ini juga bisa menjadi lauk. Hidangan ini bahkan dapat dihidangkan sendiri sebagai makanan vegetarian. Makanan ini paling sering dinikmati bersamaan dengan daging, nasi, atau ikan, terutama menggunakan ikan cod.

Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10–20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5–10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri.

Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam. Cara menanam tanaman terung adalah disemai, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai pada 70-80 hari setelah semai selanjutnya setiap 5 hari.