Beberapa Hidangan Khas Prancis Dengan Cita Rasa yang Lezat

Beberapa Hidangan Khas Prancis Dengan Cita Rasa yang Lezat

Beberapa Hidangan Khas Prancis Dengan Cita Rasa yang Lezat – Masakan Prancis adalah jenis masakan yang berasal dari negara Prancis dan berbagai negara lain yang mendapat pengaruh budaya Prancis. Masakan Prancis yang terus berevolusi bersamaan dengan perubahan sosial dan politik dipandang sebagai jenis kuliner yang elegan, penuh warna, kadang-kadang kedaerahan.

Selain itu, juga telah dikenal akan kelezatannya dan merupakan golongan kuliner yang rumit dan menantang untuk dikuasai. Masakan Prancis sangat beragam, dan hampir menyamai variasi masakan Cina. Hal ini disebabkan oleh kegemaran rakyat Prancis menyantap masakan yang lezat serta menyajikannya dengan cara yang menarik.

Berkunjung ke Paris, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai hidangannya yang enak dan juga terkenal. Banyak makanan yang harus dicicipi sambil menikmati keindahan kota Paris. Selain lezat, makanan ini juga terbuat dari bumbu pilihan sehingga membuatnya memiliki rasa yang otentik.

1. Chevre Chaud
5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berada di Paris-Prancis, Enak Banget!

Salad menjadi salah satu hidangan sehat yang tak boleh dilewatkan saat di Paris. Chevre chaud adalah salad Prancis yang menjadi hidangan bistro Paris yang populer. Salad ini terbuat dari kombinasi saus bawang merah, tomat, dan keju kambing yang dilelehkan di atas roti.

Banyak juga yang menambahkan selada air agar semakin segar. Salad ini mungkin terlihat seperti salad Prancis pada umumnya. Namun banyak yang mengatakan bahwa rasanya jauh lebih nikmat.

2. Baguette
5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berada di Paris-Prancis, Enak Banget!

Penikmat roti boleh mencoba baguette yang merupakan roti dengan bentuk yang panjang dan ukuran yang besar. Roti ini bertekstur sangat renyah saat dimakan.

Paris terkenal dengan baguette yang berkualitas tinggi. Saking populernya, setiap tahun diadakan kompetisi baguette khusus di kota cantik ini. Pastikanlah untuk mencicipinya saat berkunjung ke Paris.

3. Croquet Monsieur
5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berada di Paris-Prancis, Enak Banget!

Croquet monsieur merupakan ham panggang yang kaya akan keju. Biasanya keju yang paling sering digunakan adalah emmental dan gruyere.

Penduduk Prancis biasanya menjadikannya sebagai hidangan untuk makan siang. Namun jika sedang berada di Paris, maka makanan ini dapat dinikmati kapan saja.

Hidangan ini dapat disajikan dengan salad segar di sampingnya atau dengan saus khas Paris yang lezat. Banyak pula yang meletakkan telur setengah matang di atasnya.

4. Jambon-Beurre
5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berada di Paris-Prancis, Enak Banget!

Salah satu sandwich yang paling terkenal di Paris adalah jambon-beurre. Ini adalah sandwich ham yang dibuat dengan baguette yang diiris terbuka, lalu diolesi mentega, dan kemudian diisi dengan irisan ham. Saking populernya, roti ini mudah ditemukan di semua toko roti yang tersebar di Paris.

Setiap harinya di Prancis terdapat lebih dari 3 juta sandwich jenis ini yang terjual. Hal ini membuatnya terjual lebih banyak dari hampir semua jenis sandwich lainnya dan di Paris terkenal dengan jambon-beurre-nya yang terbaik.

5. Pain Au Chocolate
5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berada di Paris-Prancis, Enak Banget!

Pain au chocolate adalah makanan lezat yang juga mempunyai sebutan chocolatine. Ini adalah kue manis yang biasanya dinikmati sebagai menu sarapan yang nikmat. Kue ini tak hanya mengandung cokelat di dalamnya, namun juga hazelnut dan krim yang juga memiliki peran yang penting.

Kue ini tersedia dalam berbagai rasa di toko yang berbeda. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari bundar, kotak, persegi panjang, hingga berbentuk tabung. Liburan ke Paris akan terasa lengkap saat menikmati makanan-makanan khas yang menjadi andalannya. Hidangannya bikin liburan makin asyik!

Keragaman ini juga disebabkan oleh keadaan geografi dan iklim yang memengaruhi produksi berbagai jenis bahan makanan, serta juga sejarah  Prancis yang panjang. Dikatakan bahwa dengan mempelajari masakan Prancis berarti juga memahami Prancis itu sendiri.

Karena keanekaragamannya, masakan Prancis mendapat penghargaan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tanggal 16 November 2010 di Nairobi, Kenya. Hal ini disambut hangat oleh Perdana Menteri François Fillon yang menyatakan bahwa hal itu merupakan pertama kalinya masakan suatu bangsa dijadikan sebagai warisan dunia.