Beberapa Fakta Menarik Tentang Pad Thai yang Rasanya Maknyus

Beberapa Fakta Menarik Tentang Pad Thai yang Rasanya Maknyus

Beberapa Fakta Menarik Tentang Pad Thai yang Rasanya Maknyus – Masakan Thai atau masakan Thailand mencakup makanan dan minuman serta cara memasak khas Thailand. Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas.

Bukan hanya thai tea atau mango sticky rice, kuliner Thailand yang populer di dunia. Ada pad thai yang merupakan mi goreng enak khas Negeri Gajah Putih tersebut. Sajian ini memiliki isian yang komplit dengan rasa yang unik.

Pad thai banyak jadi favorit warga dunia. Mereka tak pernah mau melewatkan kesempatan untuk menikmati pad thai asli Thailand yang enak banget. Penasaran seperti apa sih pad thai itu? Berikut beberapa fakta menarik tentang pad thai.

1. Pad thai dipengaruhi budaya Tiongkok
5 Fakta Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Populer di Dunia

Pad thai adalah mi goreng tradisional Thailand yang cukup banyak mendapat pengaruh Tiongkok. Makanan ini memiliki isian yang cukup lengkap.

Pad thai khas Thailand ini dibuat dari mi, udang, tauge, lobak, kacang dan telur dadar. Cara membuatnya cukup sederhana yaitu dengan cara digoreng. Yang unik dari hidangan mi khas Thailand ini adalah adanya jeruk lemon sebagai makanan pendampingnya.

2. Asal mula pad thai
5 Fakta Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Populer di Dunia

Pada tahun 1940 terjadi krisis beras di Thailand. Untuk mengatasi krisis beras pada saat itu, Plaek Pibulsongkram mengenalkan mi sebagai alternatif sementara pengganti nasi.

Awalnya masyarakat Thailand tidak mau menerima pad thai sebagai salah satu makanan mereka. Namun lambat laun pad thai mulai diterima bahkan jadi kuliner nasional Thailand.

3. Menggunakan mi beras sebagai bahan utamanya
5 Fakta Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Populer di Dunia

Awalnya dalam pembuatan pad thai menggunakan mi gandum khas Tiongkok. Namun pemerintah Thailand mulai membuat produk mi sendiri yang dibuat dari beras yang diberi nama sen chan.

Hingga kini pad thai selalu identik dengan mi beras di dalamnya. Dan menjadi simbol nasionalisme masyarakat Thailand.

4. Cara unik menyantap pad thai
5 Fakta Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Populer di Dunia

Dalam menyantap pad thai warga Thailand memiliki cara tersendiri yaitu mencampur semua makanan pendamping yang biasa disajikan bersama pad thai. Makanan pendamping tersebut adalah bubuk cabai, Kacang tumbuk, saus ikan dan jeruk lemon. Semuanya diaduk menjadi satu dalam pad thai, hingga terasa semua rasa asin, gurih dan asam dalam hidangan mi khas Thailand ini.

5. Pad thai memiliki rasa yang kompleks
5 Fakta Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Populer di Dunia

Dalam satu porsi pad thai, kamu bisa merasakan aneka rasa di dalamnya seperti gurih dari kacang tumbuk, pedas dari bubuk cabai, dan asam dari perasan jeruk lemon. Tak lupa rasa lezat dari bumbu pad thai itu sendiri. Jadi jangan heran kalau pad thai banyak digemari wisatawan yang berkunjung ke Thailand.

Saat ini pad thai jadi street food populer Thailand yang sudah mendunia. Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan.

Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India.

Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India.